Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pendahuluan

Setiap manusia ingin memiliki penampilan yang menarik dan sempurna, karena seseorang dilihat dan dinilai orang lain pertama kali dari penampilannya. Oleh karena itu upaya untuk memperbaiki penampilan selalu dipelajari dan dicari demi mencapai kesempurnaan.

Untuk memiliki penampilan yang sempurna sebaiknya setiap individu mengenal bentuk tubuhnya, karena setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda dan tidak semua orang memiliki bentuk tubuh yang ideal. Pemahaman yang tepat mengenai bentuk tubuh dapat membantu seseorang memilih busana yang tepat.

Motif dan warna mempunyai pengaruh yang besar terhadap pakaian dan pemakainya. Seseorang dapat terlihat lebih langsing dan menarik dengan pemilihan warna dan motif busana yag tepat sehingga meningkatkan rasa percaya dirinya. Sebaliknya pemilihan warna dan motif busana yag kurang tepat dapat memberikan kesan seseorang terlihat lebih gemuk sehingga mengurangi rasa percaya dirinya.

Macam-macam bentuk tubuh

Setiap manusia memiliki ciri-ciri bentuk tubuh yang berbeda-beda. Bentuk dasar tubuh dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Ideal, seseorang dikatakan memiliki bentuk tubuh ideal, jika perbandingan antara tinggi dan berat badannya seimbang. Bentuk tubuh ini sangat diinginkan setiap orang, karena jika memakai busana apapun akan terlihat pantas dan menarik.

  2. Kurus, seseorang dikatakan memiliki bentuk tubuh kurus, jika berat badannya kurang dari berat ideal.

  3. Gemuk, seseorang dikatakan memiliki bentuk tubuh gemuk, jika berat badannya lebih dari berat ideal.

Pada perkembangannya bentuk dasar tubuh dapat dijelaskan dengan lebih terperinci yaitu :

  1. Bentuk tubuh kurus pendek, dengan ciri-ciri antara lain: tinggi tubuh di bawah rata-rata (<160 cm), berat badan kurang dari berat ideal.



  2. Bentuk tubuh gemuk pendek, dengan ciri-ciri antara lain: tinggi tubuh di bawah rata-rata (<160 cm), berat badan lebih dari berat ideal.



  3. Bentuk tubuh kurus tinggi, dengan ciri-ciri antara lain: tinggi tubuh di atas rata-rata (<160 cm), berat badan kurang dari berat ideal.



  4. Bentuk tubuh gemuk tinggi, dengan ciri-ciri antara lain: tinggi tubuh di atas rata-rata (<160 cm), berat badan lebih dari berat ideal.



  5. Bentuk tubuh besar badan atas, dengan ciri-ciri antara lain bagian badan dari pinggang ke atas lebih besar dari pada bawah.



  6. Bentuk tubuh besar badan bawah, dengan ciri-ciri antara lain bagian badan dari pinggang ke bawah lebih besar dari pada atas.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]