Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Model Teks Biografi

Memahami Teks Biografi

Teks biografi termasuk teks naratif. Untuk dapat mengenali teks biografi, kamu harus memahami isi teks yang menceritakan kehidupan tokoh di dalam biografi tersebut. Agar memudahkan kamu memahami teks biografi, ada empat hal yang harus kamu cermati, yaitu :

  1. Judul biografi,
  2. Hal menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh,
  3. Hal mengagumkan dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh,
  4. Hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh.


Gambar. MARIO TEGUH SANG "SALAM SUPER"


Mario Teguh lahir di Makasar, 05 Maret 1956 dari pasangan Gozali Teguh (ayah) dan Siti Maria (ibu). Nama asli dari Mario Teguh adalah Sis Maryono Teguh, namun beliau lebih akrab dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Pada 28 Januari 1993 Mario Teguh menikah dengan Linna Teguh dan dikaruniai dua anak yaitu Audrey Teguh dan Marco Teguh.

Mario Teguh adalah seorang motivator dan konsultan hebat asal Indonesia. Beliau adalah sosok yang hebat dan juga cerdas. Mario Teguh mulai dikenal sejak membawakan salah satu acara di
O Channel yaitu Bussines Art, kemudian namanya semakin dikenal oleh masyrakat Indonesia sejak membawakan acara "Mario Teguh Golden Ways" di stasiun televisi swasta MetroTV. Lewat acara acara tersebut beliau banyak memberikan motivasi yang sangat hebat dan juga bermanfaat. Salah satu kata yang sering diucapkan oleh beliau yang pasti sudah tidak asing di telinga kita adalah "salam super".

Selain meraih gelar sarjana Pendidikan dari IKIP Malang. Beliau mencatat pernah bersekolah di dalam negeri dan luar negeri. Setelah menamatkan pendidikanya, ia pernah masuk ke beberapa perusahaan perbankan. Pertama kali ia bekerja di perusahaan BIMC sebagai Head of Manager. Kemudian pada tahun 1983-1986 menjabat sebagai Head of Sales di Citibank, kemudian di BSB Bank (Bank State Branch) tahun 1986-1989 sebagai Manager Bussiness Development, Aspac Bank di tahun 1990-1994 dengan kedudukan sebagai Vice President Marketing and Organization Development lalu sebagai Chief Executive Officer (CEO) and Senior Consultant di Exnal Corp dari tahun 1994 hingga kini.

Ia mulai aktif menjadi seorang motivator dan mengisi berbagai acara seminar motivasi di berbagai tempat. Dalam karirnya sebagai motivator dan konsultan, salah satu cara yang digunakan oleh Mario Teguh yaitu Emotional Inteligent atau kecerdasan emosi. Ia juga melakukan lebih banyak pendekatan melalui ilmu kejiwaan menurut agama seperti tasawuf dan pengendalian amarah atau yang lebih dikenal dengan istilah Anger Management ketimbang ilmu kejiwaan barat karena menurutnya lebih cocok untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia yang sifatnya plural sehingga lebih mudah diterima oleh semua kalangan.

Tidak hanya menjadi seorang motivator dan konsultan, beliau adalah seorang penulis. Beberapa karya buku yang telah ia tulis antara lain. Becoming a Star (2006), One Million Second Chances (2006), Life Changer (2009), dan Leadership Golden Ways (2009). Mario Teguh pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2010, ia terpilih sebagai satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 versi Republika. Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia pada tahun 2003. Meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Motivator dengan Facebook Fans terbesar di Indonesia pada tahun 2010. Mario Teguh membuktikan bahwa kita harus selalu mempercayai apa yang telah kita kerjakan. Hasil bukan tolak ukur saat Anda berkarya, namun bagaimana kita bisa mempertahankannya hingga suatu saat ini bisa menjadi hal yang besar itulah yang harus kita kejar.

  1. Mengenali Struktur dan Kaidah Teks Cerita Biografi

  2. Setelah membaca teks Mario Teguh Sang "Salam Super" di atas, kamu melihat bagian pengenalan tokoh yang disebut dengan orientasi, bagian peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh, dan bagian penutup yang disebut reorientasi. Ketiga bagian itu menjadi struktur teks biografi. Kaidah teks cerita biografi bahwa unsur teks tersebut tidak dapat dipertukarkan urutannya. Reorientasi tidak boleh mendahului orientasi, begitu pula bagian peristiwa tidak boleh di awal maupun di akhir.

    Perhatikan pejelasan berikut!


    Perhatikan Struktur dan Kaidah Teks Cerita Biografi


    Contoh Struktur Teks Cerita Biografi.


  3. Perbedaan Stuktur dan kaidah Teks Cerita Biografi dengan Teks Cerita Fabel/Moral

  4. Pada materi ini kamu akan akan mengetahui perbedaan struktur dan kaidah teks fabel dengan cerita biografi. Apakah sama orientasi pada teks fabel dengan orientasi pada teks cerita biografi? Tentu saja berbeda, bukan. Dalam mempelajari kaidah teks lakukan secara berurutan. Namun, teks cerita moral/ fabel memiliki kaidah dapat dipertukarkan urutannya.

    Perhatikan penjelasan berikut!


    Perhatikan penjelasan berikut!


    Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]