Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Membangun Konteks

Memahami Teks Biografi


Gambar. Buku Biografi Tokoh.


Indonesia memiliki banyak tokoh yang berjasa pada negeri ini, baik tokoh pendiri bangsa seperti Soekarno dan Hatta, tokoh agama seperti Buya Hamka, tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara atau K.H. Ahmad Dahlan, maupun budayawan.

Para tokoh sastrawan juga dapat dikatakan para pejuang pahlawan tanpa tanda jasa. Mengapa tidak? Coba Kamu ingat pada zaman perang kemerdekaan kita kenal beberapa sastrawan berjuang dengan menggunakan pena melalui hasil karyanya, misalnya Siti Nurbaya karya Marah Rusli. Pada novel ini kita ketahui tokoh Datuk Maringgih yang mempunyai sifat antagonis karena melakukan berbagai cara agar dapat menikahi Siti Nurbaya tetapi di balik sifat buruknya ada sikap nasionalisme dalam diri Datuk Maringgih. Saat Raden Mas yang tak lain Syamsul Bahri kekasih Siti Nurbaya mendapat tugas dari pemerintah Belanda untuk menyerang kampung halamannya sendiri di Padang, Sumatera Barat tokoh Datuk Maringih dengan gagah berani melawan. Novel lain yaitu, Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana, mengisahkan emansipasi perempuan yang mempunyai kedudukan yang sama di dalam pendidikan dan pergerakan perjuangan melawan penjajahaan saat itu, yaitu belanda. Karya sastra puisi pun dapat dijadikaan alat propaganda perang untuk mengobarkan semangat kemerdekaan, seperti Karawang-Bekasi karya Chairil Anwar, penyair Taufik Ismail dengan puisi Benteng dan Tirani juga digunakan untuk mengkritisi pemerintahan Orde Lama pada saat itu.

Setelah kita membaca hasil karya sastra baik novel maupun puisi, kita perlu mengetahui dan mengenal lebih dalam para pengarangnya melalui biografi atau otobiografi. Biografi merupakan riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Akan tetapi, jika riwayat hidup seseorang ditulis sendiri oleh orang tersebut, hasilnya disebut otobiografi.

Biografi memuat identitas dan peristiwa yang dialami seseorang, termasuk karya dan penghargaan yang diterima dan permasalahan yang dihadapinya. Uraian tentang identitas berisi antara lain nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, dan riwayat organisasi yang diikuti. Uraian tentang peristiwa berisi kejadian yang dialami tokoh dalam mengharumkan nama bangsa, mengembangkan karier, atau memperjuangkan hidup. Sementara itu, uraian tentang masalah memuat hambatan, tantangan, atau kendala yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Pernahkah kamu membaca biografi tentang seorang tokoh?

Pernahkah kamu membaca biografi tentang seorang tokoh? Biografi siapa yang sudah pernah kamu baca? Sudah berapa buku biografi yang sudah kamu baca? Jika sudah pernah silakan lanjutkan membacanya dan kumpulkan bukunya sehingga menjadi koleksi pribadi untuk memenuhi perpustakaan pribadi di rumahmu. Tetapi jika belum pernah, mari kita mulai membaca biografi seseorang. Pilihlah tokoh yang dapat menjadi inspirasi untuk kemajuan prestasi hidupmu!






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]