Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengantar

Istilah "hacking" biasanya bermaksud kepada solusi "cepat dan kotor" dalam masalah-masalah pemrograman atau teknik-teknik menarik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tetapi apa yang dimaksud dengan "hacking" kepada mesin Google? Pernahkah Anda melakukan pencarian kepada mesin Google, kemudian Anda mendapatkan hasil yang terlalu banyak? Google hacking akan memberitahukan kepada Anda beberapa trik untuk membuat pencarian yang tepat. Google hacking dilakukan dengan memanfaatkan operator-operator spesial Google.

www.google.co.id


Mesin pencari Google menawarkan banyak fitur, termasuk bahasa dan penerjemahan dokumen; pencarian web, gambar, newsgroup, katalog, dan berita, dan banyak lagi. Fitur-fitur ini jelas menawarkan banyak manfaat bahkan untuk peselancar web yang paling tidak paham sekalipun. Namun fitur yang sama ini juga menawarkan kemungkinan yang jauh lebih berbahaya kepada pengguna Internet yang paling berbahaya, termasuk hacker, komputer kriminal, pencuri identitas, dan bahkan teroris.

Artikel ini dibuat dengan 2 tujuan, yaitu menunjukkan teknik pencarian informasi tersembunyi secara cepat dan mudah, dan yang kedua adalah memberikan pendidikan kepada administrator server web dan komunitas sekuriti untuk menghentikan bentuk-bentuk kebocoran informasi.

Artikel ini ditujukan khusus untuk pembelajaran sisi positif, penyalahgunaan dalam pembahasan artikel ini di luar tanggungjawab pengembang.

Pencarian Google dasar dapat dimulai dari www.google.com, tetapi kita pengguna dari Indonesia, biasanya mendapatkan alamat di www.google.co.id seperti gambar 1 di atas. Masukkan beberapa istilah yang akan Anda cari di kotak pencarian dan klik Enter atau klik tombol "Google Search".

Hasil penelusuran berupa link (tautan) kepada halaman web yang dimaksud akan muncul, disertai dengan deskripsi singkat. Dengan meng-klik link tersebut, maka kita akan meninggalkan halaman Google dan berpindah ke halaman web tersebut. Untuk kembali ke halaman Google, klik tombol "Back" di browser Anda.

Kata Kunci
Istilah yang Anda ketikkan di kotak pencarian Google disebut dengan kata kunci (keyword). Pada saat mengetikkan kata kunci, perlu diingat bahwa semakin banyak kata kunci yang Anda masukkan, semakin sempit pencarian dan semakin spesifik hasil yang Anda dapatkan. Tentu saja dengan semakin spesifiknya pencarian Anda, hasil pencarian semakin sedikit.

Kadang-kadang Anda ingin mencari dengan keyword dalam bentuk frase. Kata kunci dalam bentuk frase dapat dibuat dengan mengapit 2 atau lebih kata kunci Anda dengan 2 tanda petik seperti ini: "anjing laut". Maka Anda akan mendapatkan hasil berupa halaman-halaman yang mengandung frase "anjing laut", bukan yang hanya mengandung "anjing" saja atau "laut" saja.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]