Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Macam-Macam Organ pada Manusia


Animasi macam-macam organ manusia


Manusia memiliki organ penyusun tubuh yang bermacam-macam. Organ dibedakan menjadi dua yaitu organ dalam dan organ luar. Organ dalam merupakan salah satu unit organ yang terpenting bagi kehidupan manusia. Macam-macam organ dalam antara lain jantung, otak, lambung, usus, dan paru-paru.

Berbeda dengan organ dalam yang tidak tampak dari luar, organ luar merupakan organ yang nampak dari luar tubuh manusia. Contoh organ luar antara lain hidung, tangan, kaki, dan telinga.

Setiap organ memiliki fungsi tertentu misalnya mata untuk melihat, lidah untuk mengecap, telinga untuk mendengar, dan masih banyak yang lainnya.

OTAK


Animasi bagian-bagian otak manusia


Organ penting dalam tubuh manusia yang bertanggung jawab atas tindakan utama yang dilakukan oleh tubuh adalah otak. Organ ini dilindungi oleh tengkorak yang menjaganya agar tetap aman karena merupakan pusat sistem saraf. Otak disusun oleh jaringan epitel, jaringan saraf, jaringan pembuluh darah, jaringan ikat, dan jaringan otot. Beberapa jaringan tersebut bekerja sama untuk mengendalikan seluruh kegiatan tubuh manusia baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

JANTUNG


Gambar bagian-bagian jantung


Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah.
Organ ini dibentuk dari beberapa jaringan yang berbeda yaitu jaringan epitel, otot, ikat, dan syaraf. Selaput pembungkus jantung disusun oleh jaringn epitel yang fungsinya terkait dengan proses difusi dan osmosisi. Jaringan otot yang menyusun jantung dapat berkontraksi sehingga menekan darah keluar dari jantung dan sampai pada kapiler. Sedangkan jaringan syaraf berperan dalam proses menghantarkan tanda atau sinyal dari otak ke jantung.

PARU-PARU


Gambar alat pernapasan


Paru-paru merupakan organ yang berfungsi dalam proses pernapasan. Paru-paru disusun oleh jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan syaraf, dan jaringan otot. Jaringan otot yang menyusun paru-paru adalah jaringan otot polos sehingga memungkinkan paru-paru bekerja di bawah kesadaran kita. Aktivitas otot diatur oleh jaringan saraf. Selain itu, jaringan saraf juga berfungsi untuk menerima dan meneruskan rangsangan.

Pada bagian bronkus terdapat jaringan epitel bersilia (berambut getar) yang dapat menghasilkan lendir yang berfungsi untuk menangkap debu dan mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara.

HATI


Gambar hati


Hati merupakan organ terbesar di dalam tubuh kita. Organ ini memiliki dua gelambir (lobus) yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Jaringan penyusun hati antara lain jaringan ikat, jaringan saraf dan otot. Jaringan ikat berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh. Jaringan saraf berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsang. Hati berfungsi sebagai penawar racun yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan.

GINJAL


Gambar struktur ginjal


Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk membuang zat sisa metabolisme tubuh terutama yang mengandung nitrogen. Ginjal tersusun atas jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan syaraf. Jaringan epitel yang terdapat pada saluran ginjal berperan dalam proses sekresi dan absorpsi. Jaringan ikat berfungsi untuk mengikat atau mempersatukan beberapa jaringan membentuk ginjal.

LAMBUNG


Gambar. Struktur lambung


Lambung merupakan salah satu organ yang menyusun sistem pencernaan. Organ ini disusun oleh beberapa jaringan yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Setiap jaringan memiliki fungsi yang berbeda. Jaringan epitel berperan sebagai penghasil getah lambung yang diperlukan dalam proses pencernaan kimawi. Jaringan otot berfungsi untuk melakukan gerakan peristaltik. Jaringan ikat sebagai bantalan (jaringan lemak) yang dapat melindungi lambung dan jaringan saraf berfungsi untuk merasakan adanya zat-zat makanan di dalam lambung. Beberapa jaringan tersebut bersama-sama melakukan satu kesatuan fungsi yaitu mencerna makanan.

MATA


Gambar struktur mata


Mata merupakan organ indra yang berfungsi untuk melihat objek atau benda. Seperti organ lainnya, mata juga disusun oleh beberapa jaringan yaitu jaringan saraf, jaringan otot, dan jaringan epitel. Jaringan epitel pada mata berupa epitel sensori atau neuroepitelium yang berfungsi sebagai penerima rangsang.

Pada mata terdapat jaringan otot yang berada di sekeliling bola mata. Otot ini berfungsi untuk menggerakkan bola mata.

Jaringan saraf yang terdapat mata disusun oleh sel-sel saraf yang memiliki fungsi untuk menerima dan meneruskan rangsang cahaya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]