Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Makanan sebagai Sumber Energi

Secara umum makanan berfungsi sebagai sumber energi, zat pembangun tubuh, penganti sel–sel tubuh yang rusak, pengatur kerja alat–alat tubuh, serta pelindung tubuh dari penyakit.

Setelah makanan diproses dalam tubuh oleh sistem pencernaan akan diperoleh energi. Energi diperoleh dari hasil pembakaran zat makanan, yaitu ketika sari makanan dalam darah bereaksi dengan oksigen yang kita hirup pada proses pernafasan, kemudian menghasilkan karbondioksida dan uap air. Proses ini disebut oksidasi biologis, yang secara umum dapat dituliskan sebagai berikut :


Proses oksidasi biologis juga menghasilkan panas yang berguna untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil. Hasil oksidasi biologis tersebut berupa energi kimia yang dapat disimpan dalam sel tubuh dan digunakan untuk melakukan aktivitas kehidupan, Itulah sebabnya, mengapa makanan dikatakan sebagai sumber energi. Zat makanan yang berfungsi sebagai sumber energi utama adalah karbohidrat dan lemak.

KARBOHIDRAT
Karbohidrat terutama berasal dari tumbuh–tumbuhan seperti padi, jagung dan umbi-umbian. Ada tiga macam karbohidrat, yaitu polisakarida, disakarida dan monosakarida.

Monosakarida dapat larut dalam air, contoh monosakarida adalah glukosa dan fruktosa. Monosakarida banyak terdapat dalam buah–buahan dan sayur–sayuran. Disakarida terdiri dari dua monosakrida, disakarida juga larut dalam air. Contoh disakarida adalah sukrosa yang terdapat pada tebu, dan laktosa yang terdapat dalam susu. Polisakarida terdiri dari tiga atau lebih monosakrida. Contoh polisakarida adalah pati dan amilum yang terdapat pada padi, jagung dan umbi–umbian


Gambar 3 (a) Roti dan


(b) jagung, makanan sumber karbohidrat


LEMAK
Coba kamu perhatikan gambar berikut !

Tentunya kalian pernah melihat orang yang gemuk, atau kegemukan (obesitas) ? Orang akan menjadi gemuk atau kegemukan apabila dalam tubuhnya banyak tertimbun lemak.


Gbr.4 obesitas pada anak


Berdasarkan asalnya lemak terbagi menjadi dua macam yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati berasal dari tumbuhan sedangkan lemak hewani berasal dari hewan. Sumber lemak tumbuhan di antaranya kacang-kacangan, kelapa dan alpukat, sedangkan lemak hewan contohnya daging, telur dan produk olahan susu. Dalam proses pencernaan lemak akan di ubah menjadi asam lemak dan gliserol, dengan bantuan enzim. Selain sebagai sumber energi, lemak juga berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]