Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 



 
 

Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan Biji

Siswa SMP, setujukah kamu jika dikatakan bahwa bagian dari tumbuhan berbiji yang paling menarik adalah bunga? Karena bunga memilik bentuk dan warna yang beraneka ragam serta indah, bukan? Namun tahukah kamu ternyata bunga tersebut merupakan alat perkembangbiakan bagi tumbuhan berbiji.


Gb.1. Contoh jenis-jenis bunga: (a) matahari, (b) krisan, dan (c) anggrek.


Walaupun bentuk, warna, dan susunan bagian-bagian bunga sangat beraneka ragam, namun dapatlah disebutkan bagian-bagian yang umumnya dimiliki oleh semua bunga. Bagian-bagian bunga tersebut adalah tangkai bunga, dasar bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari. Putik terdiri dari kepala putik, dan bakal buah. Sedangkan benang sari terdiri dari kepala sari dan tangkai sari. Perhatikan gambar 2 ini.

Gb.2. Bagian-bagian bunga


Bunga dengan bagian-bagian tersebut dikatakan sebagai bunga sempurna dan lengkap. Contoh bunga mawar, melati dan lain-lain. Nah, menurut kamu bagian bunga yang mana yang berperan sebagai alat perkembangbiakan generatif bagi tumbuhan biji? Ya benar! Putik dan benang sari. Sedangkan kelopak bunga dan mahkota bunga berperan sebagai alat perhiasan bunga atau sebagai penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

Putik adalah alat perkembangbiakan betina, biasanya terletak pada lingkaran terdalam dari bunga dan dikelilingi oleh benang sari. Bagian-bagian putik adalah kepala putik (stigma), tangkai putik (stylus), bakal buah (ovarium), dan bakal biji (ovulum).

Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga yang berisi beberapa sel. Salah satu sel di antara kandung lembaga itu adalah sel telur (ovum) yang intinya nanti akan dibuahi oleh inti sperma.


Gb.3. a) Putik dan Benang sari; b) Putik dan bagian bagiannya


Benang sari adalah alat perkembangbiakan jantan. Bagian-bagian benang sari adalah tangkai sari (filamen) dan kepala sari (anthera). Kepala sari terdiri dari 4 kantong sari (lokulus). Serbuk sari terbentuk di dalam kantong sari dan jik telah masak, kepala sari pecah dan serbuk sari keluar.


Gb. 4. Benang sari dan bagian-bagiannya
(sumber: IPA BIOLOGI SLTP Kelas 3, Sumarwan, dkk., Jakarta Erlangga, 1999)


Perlu kamu ketahui, pada bunga dari tanaman tertentu seperti jagung, putik dan benang sari terdapat pada bunga yang berbeda. Bunga jagung ada yang disebut bunga betina (memiliki putik) yang terdapat pada ketiak daun, dan bunga jantan (memiliki benang sari) yang terdapat pada ujung batang. Bunga jagung disebut juga bunga berkelamin tunggal. Lihat gambar 5 berikut ini.


Gb.5. Bunga jagung memiliki dua macam bunga, yaitu:
bunga betina (berbentuk tongkol) dan bunga jantan (berbentuk malai).


Lain halnya dengan bunga kelapa. Bunga kelapa disebut sebagai bunga tidak lengkap, artinya bunga yang tidak memiliki salah satu dari bagian bunga. Bagian-bagian bunga kelapa hanyalah benang sari dan putik, lihat gambar 6.


Gb.6.Bunga kelapa merupakan bunga tidak lengkap.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]