Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Massa dan Energi Relativitas

Pada materi 4 ini kamu akan mempelajari tentang Massa dan Energi Relativitas.

  1. Massa Relativitas

  2. Telah dibuktikan bahwa panjang dan selang waktu ternyata bersifat relatif, sehingga menimbulkan pertanyaan mungkinkah massa juga bersifat relatif. Berdasarkan hukum kekekalan momentum akhirnya Einstein kembali dapat membuktikan bahwa massa suatu benda yang bergerak dengan kecepatan relativistik akan bertambah besar dan berarti bersifat relativistik pula.

    Massa suatu benda yang diamati oleh pengamat (kerangka acuan) diam terhadap benda disebut massa diam atau massa sejati (mo). Massa benda yang sama yang diamati oleh pengamat (kerangka acuan) yang sedang bergerak terhadap benda denga kelajuan v disebut massa relativistik. Hubungan massa sejati (mo) dengan massa relativistik (m) dinyatakan dalam persamaan :

    http://fisikazone.com/wp-content/uploads/2015/01/Teori-Relativitas-Einstein.jpg


    Dengan :
    mo = massa diam benda (kg)
    m = massa relativistis (kg)
    v = kecepatan benda (m/s)
    c = cepat rambat cahaya (3.108 m/s)

    Contoh Soal :
    Benda bergerak dengan laju 0,6 c dengan arah sesuai panjang benda. Bagi pengamat yang diam terlihat panjang benda mengalami penyusutan sebesar...

    Pembahasan :




  3. Energi Relativitas

  4. Albert Einstein pada tahun 1905 menyatakan bahwa ada kesetaraan antara massa dan energi pada benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya. Pada penyinaran zat radioaktif, selalu disertai energi yang sangat besar. Energi ini diserap dan berubah menjadi panas. Jika benda diam menerima energi kinetik, massa relatif benda akan bertambah. Tetapi, jika kehilangan energi, massa benda relatif akan berkurang. Dalam fisika klasik kita mengenal dua prinsip kekekalan, yaitu kekekalan massa (klasik) dan kekekalan energi. Dalam relativitas, kedua prinsip kekekalan tersebut bergabung menjadi prinsip kekekalan massa-energi, dan memegang peranan penting dalam reaksi inti.

    Menurut Einstein, benda yang bergerak dengan kelajuan v, akan memiliki energi kinetik. Ini karena adanya kesetaraan antara massa dengan energi.





    Dalam menghitung energi kinetik suatu partikel untuk mempercepatnya dari keadaan diam.





    Contoh Soal:
    Sebuah benda dengan massa diam 2 kg bergerak dengan kelajuan 6.106 m/s. Tentukan besar energi relativistis benda tersebut.

    Pembahasan :






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]