Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Definisi Pola Rok 3 in 1

Bila kita ingin menutupi tubuh dari gangguan luar seperti cuaca, serangga, dan untuk menutupi aurat serta untuk menambah keindahan dalam berpenampilan, sebaiknya pilihlah busana yang tepat. Busana adalah segala sesuatu yang kita pakai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Busana terdiri dari 2 bagian, yaitu : Bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas berupa blus atau kemeja, sedangkan bagian bawah berupa celana dan rok. Jika kita memakai busana khususnya blus dan rok, maka akan tampak lebih feminim. Orang yang melihatnya pun akan merasa tertarik dan nyaman, apalagi bila benar-benar sesuai dengan sipemakai.

Desain atau model dari rok bermacam-macam. Sebuah rok awalnya dibuat dan dituangkan dari pola dasar kemudian dipecah dalam berbagai bentuk sesuai desain. Dalam topik ini akan dibahas pembuatan pola rok 3 in 1.

Rok adalah pakaian yang dipakai mulai dari pinggang ke bawah atau kaki, menggunakan ukuran lingkar pinggang, tinggi panggul dan panjang rok. Untuk membuat rok, diperlukan pola, yaitu pola rok depan dan belakang.

Pola rok 3 in 1 adalah pola rok yang dikerjakan dengan mempergunakan 3 teknik pengembangan pola, yaitu :

  1. Tanpa penambahan pada pola dasar rok,
  2. Dengan penambahan pada pola dasar rok, dan
  3. Dengan digunting pada pola dasar rok.



1. Rok suai


2. Rok lipit-hadap



3. Rok pias


4. Rok kerut


Pola rok 3 in 1 yang tidak mengalami penambahan pada pola dasar rok adalah pola rok yang tetap dari pola dasar, tidak berubah. Dapat dilihat pada model rok suai.

Pola rok yang mengalami penambahan ukuran pada pola dasar rok adalah pola rok yang diberi penambahan pada pola dasar. Pola ini dapat dikerjakan dengan teknik :

  1. Dilipat dengan cara berhadapan, contohnya rok lipit hadap
  2. Dilipat dengan cara bertolak belakang, contohnya rok lipit sungkup
  3. Dikerut, contohnya rok kerut
  4. Dilipat searah, contohnya rok lipit pipih searah



Rok kerut


Rok lipit sungkup pada garis kupnap


Sedangkan pola rok 3 in 1 yang digunting pada pola dasar rok adalah pola rok yang diberi tanda pada bagian yang akan digunting dan dapat dikerjakan dengan 2 cara, yaitu :

  1. Setelah digunting disambung kembali dan diberi penambahan pada bagian bawah rok, contohnya rok pias.
  2. Setelah digunting disambung kembali dan diberi penambahan mulai dari bagian pinggang ke bawah rok, contohnya rok ½ lingkaran dan rok lipit sungkup pada garis kupnat.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]