Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

  1. Kekayaan modal

  2. Barang modal sangat berperan dalam kegiatan ekonomi, yaitu digunakan sebagai dorongan untuk mengadakan investasi atau peningkatan penanaman modal. Namun seringkali disalahartikan bahwa tanpa modal, perekonomian suatu negara dikatakan akan tidak dapat berkembang sama sekali. Memang modal itu penting, tetapi bukan merupakan faktor satu-satunya yang menentukan pertumbuhan ekonomi. Bahkan sesungguhnya modal seringkali lebih merupakan pelengkap daripada sebagai faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi pada permulaan pertumbuhan ekonomi.

    Dengan modal yang sedikit saja, asal ada kemauan yang kuat dari penduduk di dalam negara yang bersangkutan, maka pertumbuhan akan terjadi dan justru akan terbentuklah modal sebagai hasil dari adanya tabungan yang dapat disisihkan dari tingkat pendapatan yang semakin meningkat atau dari bantuan luar negeri.

    Hal ini tentunya sudah kita mengerti karena tabungan adalah sisa pendapatan yang tidak dikonsumsikan dan biasanya siap untuk diinvestasikan (penanaman modal). Selanjutnya kita mengerti pula bahwa dengan semakin tingginya tingkat pendapatan akan semakin tinggi pula hasrat untuk menabung, sehingga akan semakin kecil proporsi pendapatan yang dipakai untuk konsumsi dan semakin besar proporsi pendapatan yang ditabung.

    Jadi dengan adanya pertumbuhan ekonomi, justru akan terciptalah modal yang diperlukan untuk pembangunan ekonomi lebih lanjut.

    Agar kita dapat meningkatkan penggunaan modal, kita harus mengetahui pula sumber-sumber modal untuk pembangunan. Modal dapat terbentuk melalui berbagai sumber daya di antaranya tabungan masyarakat, pajak, pinjaman negara, penggunaan tenaga kerja yang menganggur, inflasi, dan modal asing.

  3. Ketersediaan tenaga kerja

  4. Faktor tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang terpenting dalam kaitannya dengan peningkatan PDB suatu negara. Dari segi jumlahnya, semakin banyak tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi biasanya akan semakin tinggi pula produksi dari kegiatan tersebut. Namun hal ini tidak berlaku sepenuhnya karena ada hukum pertambahan hasil yang semakin berkurang, sehingga setelah suatu tingkat penggunaan tenaga kerja tertentu, jumlah produk total yang dapat dihasilkan oleh tenaga kerja tersebut akan berkurang. Dengan kata lain setelah jumlah tertentu dari tenaga kerja tersebut, produk marginal tenaga kerja tambahan menjadi negatif. Pada saat itulah terdapat apa yang disebut dengan pengangguran tenaga kerja.

    Dengan demikian faktor tenaga kerja tidak cukup dilihat dari segi jumlahnya saja, melainkan juga harus diperhatikan kualitas dari tenaga kerja tersebut.

    Ketersediaan tenaga kerja sangat diperlukan peningkatan mutu tenaga kerja agar produktivitasnya bertambah, sehingga dapat mempertinggi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

  5. Kekayaan sumber daya alam

  6. Kekayaan alam yang dimaksud adalah kekayaan alam yang meliputi luas dan kesuburan tanah, keadaan iklim dan cuaca, jumlah dan jenis hasil hutan dan hasil laut yang dapat diperoleh.

    Sumber daya alam juga merupakan faktor produksi yang penting disamping modal dan tenaga kerja dalam menentukan berhasilnya pembangunan ekonomi suatu negara. Seringkali dinyatakan bahwa suatu negara yang tidak memiliki sumber daya alam akan lamban dalam mencapai kemajuan ekonomi yang lebih tinggi; tetapi kenyataannya tidaklah demikian karena negara yang bersangkutan dapat mendatangkan barang sumber daya alam dari negara lain. Oleh karena itu yang penting bagi suatu negara adalah kemauan penduduknya yang kuat untuk melakukan pembangunan, modal, dan sumber daya alam lebih merupakan hasil dan bukan sebab bagi berhasilnya pembangunan suatu perekonomian.

    Namun demikian tersedianya sumber daya alam yang cukup merupakan faktor pendorong keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara kiranya tidak diragukan lagi asal negara yang bersangkutan mampu memanfaatkannya semaksimal mungkin dengan mengingat kendala-kendala yang ada. Tetapi kalau suatu negara tidak memiliki sumber daya alam sama sekali dan tidak mampu mengimpor dari negara lain, maka jelas negara yang bersangkutan akan tidak dapat berbuat apa-apa.

  7. Luas pasar

  8. Spesialisasi dalam produksi dibatasi oleh luas pasar, dan keterbatasan luas pasar akan memengaruhi atau membatasi pertumbuhan ekonomi suatu negara.



  9. Sikap masyarakat

  10. Di samping faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara, sikap masyarakat juga mempunyai peranan yang penting sekali. Memang sikap masyarakat ini seringkali dilupakan atau dianggap enteng, tetapi tidak jarang pula sikap masyarakat yang kurang dipertimbangkan akan dapat menimbulkan suatu hambatan utama dalam pencapaian sasaran pembangunan. Sikap masyarakat ini di antaranya adalah keamanan politik, adat-istiadat agama, sistem pemerintahan dan sebagainya.

    Sistem sosial dan sikap masyarakat memegang peranan yang penting dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi, maksudnya masyarakat yang berpikiran modern bersifat lebih terbuka terhadap perubahan akibat pembangunan ekonomi.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]