Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Pertumbuhan dan Perkembangan Ideologi serta Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Setelah mempelajari kegiatan 2 ini, diharapkan Anda dapat :

  1. Menyebutkan lima bentuk organisasi Pergerakan Nasional Indonesia sampai dengan 1939; dan
  2. Menyimpulkan bentuk dan strategi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia.


Tentu Anda masih ingat tentang pengertian nasionalisme, perkembangannya serta pengaruhnya terhadap negara-negara Asia termasuk Indonesia. Nasionalisme bangsa-bangsa Asia muncul sebagai reaksi atas imperialisme dan kolonialisme Barat. Apakah hal ini berpengaruh terhadap pergerakan nasionalisme Indonesia?

Pada awal abad ke 20, perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Belanda tidak lagi dilakukan dengan cara peperangan seperti halnya pada abad-abad sebelumnya. Jika pada abad ke 17 hingga 19 perlawanan dilakukan melalui kekuatan senjata, maka pada abad ke 20 perlawanan dilakukan melalui organisasi-organisasi yang bergerak dalam bidang sosial budaya, ekonomi dan politik.

Organisasi-organisasi tersebut disebut sebagai organisasi pergerakan nasional. Mengapa disebut sebagai organisasi pergerakan nasional? Karena organisasi-organisasi itu memiliki beberapa ciri yaitu :

  1. Keanggotaannya tidak berdasarkan atas suku tertentu.

  2. Sebagian besar pemimpin organisasi pergerakan nasional itu berasal dari kalangan terdidik yang memperoleh pendidikan Barat serta kelompok intelektual yang sudah bergaul dengan berbagai bangsa, baik melalui sekolah di negeri Belanda maupun yang telah menunaikan ibadah haji.

  3. Organisasi-organisasi tersebut mempunyai tujuan yang jelas bagi kepentingan seluruh bangsa di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan politik.

  4. Organisasi-organisasi tersebut memiliki paham kebangsaan atau nasionalisme.


Dengan kata lain Pergerakan Nasional Indonesia yang terjadi pada awal abad ke 20 dapat diartikan sebagai pergerakan di seluruh wilayah Indonesia. Berasal dari berbagai kelompok, suku, budaya dan agama yang terhimpun dalam organisasi pergerakan dan bertujuan untuk memajukan bangsa dengan tujuan akhir merdeka.

Tumbuh dan berkembangnya nasionalisme Indonesia meliputi semua aspek kehidupan berupa semangat untuk memberdayakan ekonomi, pendidikan, sosial, politik dan budaya yang diwujudkan dalam bentuk perjuangan organisasi pergerakan nasional yang moderat atau radikal yang mau bekerjasama (kooperatif) atau tidak bekerjasama (non kooperatif) dengan pemerintah Belanda.

Nasionalisme Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat setelah berdirinya Budi Utomo. Budi Utomo menjadi pelopor berdirinya organisasi-organisasi di Indonesia. Untuk lebih mengetahui dan memahami perkembangan pergerakan nasional Indonesia silahkan mengikuti telaah organisasi-organisasi berikut.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]