Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Faktor Munculnya Nasionalisme

Ada dua faktor yang mempengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia, yaitu :

  1. Faktor Internal

    1. Perlakuan diskriminatif dari kolonial dan Imperialis Barat (Belanda) menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan terhadap rakyat Indonesia yang akhirnya menimbulkan perasaan senasib. Contohnya tanam paksa, monopoli, diskriminasi, dsb. Untuk mengetahui keaadaan tanam paksa cobalah Anda amati foto berikut ini.


    2. Kegagalan tokoh-tokoh perjuangan di daerah yang akhirnya ditangkap, dipenjara atau digantung.
      Contoh: Pangeran Diponegoro, Pattimura, dan lain-lain.


    3. Timbulnya kaum cerdik pandai akibat adanya politik Ethis Van Derenter. Golongan terpelajar itu menyadari akan nasib bangsanya sehingga terbentuk kepribadian, pola pikir dan etos juang yang tinggi untuk membebaskan diri dari penjajahan yang disadari tidak hanya dicapai melalui perjuangan fisik tetapi juga harus melalui kancah politik.

    4. Dan lahirnya kelompok terpelajar Indonesia tersebut menurut Sartono Kartodiardjo disebut nomines novi, yaitu orang-orang yang terbentuk karena faktor pendidikan dan memiliki sikap, pandangan dan orientasi tentang lingkungan masyarakatnya. Melalui kelompok ini paham demokrasi, nasionalisme, komunisme dan liberalisme masuk.

    5. Lahirnya kelompok terpelajar Islam. Mereka menjadi agen perubahan / agen pengubah cara pandang masyarakat, bahwa nasib bangsa Indonesia tidak dapat diperbaiki melalui belas kasih penjajah seperti melalui politik etis.

    6. Nasib bangsa Indonesia harus diubah oleh bangsa Indonesia sendiri melalui peningkatan taraf hidup, baik dibidang ekonomi, penddidikan, sosial dan budaya.

    7. Kesadaran Bangsa Indonesia akan harga dirinya sebagai suatu bangsa yang ingin hidup bebas, merdeka seperti bangsa-bangsa yang lain. Hal tersebut menambah semangat juang untuk memperoleh kemerdekaan dan menimbulkan adanya semangat persamaan derajat.


  2. Faktor Eksternal

    1. Munculnya fase kesadaran pentingnya semangat nasional dan perasaan senasib.

    2. Peristiwa PD1 (Perang Dunia 1) menyadarkan para terpelajar mengenai penentuan nasib sendiri.

    3. Munculnya dorongan untuk melawan imperialisme barat karena adanya konflik ideologi antara kapitalisme / imperialisme dengan sosialisme / komunisme.

    4. Lahirnya nasionalisme di Asia dan Afrika memberi inspirasi kaum terpelajar di Indonesia bahwa imperialisme harus dilawan melalui organisasi modern. Seperti yang pernah Anda pelajari di modul sebelumnya.

    5. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1904-1905, telah menyadarkan bangsa Asia khususnya Indonesia akan kekuatan dan kemempuannya sebagai bangsa Asia yang telah mampu mengalahkan bangsa Eropa yang selalu menganggap bangsa yang super.


Dengan faktor-faktor tersebut di atas, seperti yang telah Anda pelajari maka timbullah kesadaran Nasionalisme sebagai bangsa Indonesia sehingga mempunyai tekad dan kesadaran untuk memperoleh kembali kemerdekaan Indonesia setelah beberapa ratus tahun dijajah bangsa Eropa.

Demikianlah pembahasan tentang lahirnya nasionalisme Indonesia, untuk lebih jelasnya pelajarilah bagan berikut ini.


Bagaimana? Apakah anda sudah paham? Kalau belum memahami, pelajarilah kembali dengan seksama, sehingga Anda dapat mengerjakan dengan baik soal-soal yang telah disediakan.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]