Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Daftar Istilah

Absolutisme : Bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar, semua kekuasaan terletak di tangan penguasa (raja, kaisar dan sebagainya).

Benteng stelsel : Sistem pertahanan yang diciptakan Belanda untuk mempersempit gerak perlawanan Diponegoro (1825-1830) dengan cara mendirikan benteng di setiap daerah yang didudukinya.

Bufferstate : Sebutan untuk daerah penyangga/pemisah antara dua daerah jajahan yang berbeda penjajahnya untuk menghindari sengketa. Contoh : Aceh penyangga jajahan Inggris di Malaya dengan Belanda di Bengkulu.

Code Napoleon : Kitab hukum yang disusun pada masa Napoleon Bonaprte terdiri dari kitab hukum pertada, pidana dan dagang. Pengaruh Code Napoleon sampai di Indonesia sejak pemerintahan H.D. Daendels.

Cultuur Procenten : Merupakan bonus/hadiah bagi para petugas pelaksana tanam paksa berupa bagian/prosentase dari Cultuur/tanaman yang dapat disetorkan ke pemerintah Belanda dari tanah para petani.

Demokrasi : Sistem pemerintahan yang melibatkan rakyat melalui para wakilnya untuk memerintah. Lebih terkenal dengan semboyan = pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat.

Eksturpasi : Merupakan tindakan VOC berupa penebangan pohon rempah-rempah rakyat di Maluku dan sekitarnya untuk mempertahankan agar harga jual tidak merosot.

Emigrasi : Pindah dari tanah air sendiri ke negeri lain untuk tinggal menetap di sana.

Feodalisme : Sistem sosial dan politik yang memberikan kekuasaan yang besar kepada golongan bangsawan (pada abad pertengahan di Eropa terdiri dari tuan tanah).

Imigrasi : Perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain untuk tinggal menetap di sana.

Latifundia : Sistem ekonomi tertutup, berupa lahan luas yang dimiliki seorang tuan tanah kaya, memiliki para tenaga penggarap menghasilkan dan mencukupi kebutuhan sendiri.

Manufaktur : Kegiatan ekonomi dengan memproduksi barang menggunakan alat-alat produksi secara manual/tenaga manusia. Kegiatan ini mempercepat lahirnya industrialisasi di Inggris.

Marsose : Korps yang dibentuk pemerintah Hindia Belanda tahun 1890 untuk tugas kepolisian dan membantu tugas kemiliteran. Dikerahkan untuk menghadapi perang Aceh dan Tapanuli.

Merkantilisme : Sistem ekonomi yang bertujuan meningkatkan kekayaan negara dan kebijakannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah, untuk mendapatkan logam mulia (emas) sebanyak-banyaknya melalui berbagai cara misalnya monopoli perdagangan.

Oktroi : Hak istimewa dari pemerintah diberikan kepada badan atau orang untuk memproduksi atau memperdagangkan barang menyerupai hak paten.

Reconquesta : Semangat menaklukkan atau menguasai daerah bangsa lain.

Reformasi : Perubahan yang mendasar dalam bidang tertentu (politik, sosial, agama) dalam suatu masyarakat atau negara.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]