Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pendahuluan

Selamat atas keberhasilan Anda memahami dinamika kebudayaan masyarakat di berbagai belahan dunia seperti yang terdapat pada modul sebelumnya, sehingga Anda dapat membandingkannya dengan sejarah kebudayaan masyarakat Indonesia pada awal perkembangan sejarah Indonesia.

Modul ini mengantarkan Anda untuk memahami unsur kebudayaan Hindu-Budha dan pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat Indonesia. Agama Hindu-Budha tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda, karena kedua agama tersebut mempengaruhi perkembangan awal sejarah Indonesia.

Agama Hindu merupakan suatu kepercayaan yang diciptakan oleh bangsa Arya yaitu bangsa pengembara dari utara yang masuk ke India melalui celah Kaibar dan menduduki lembah sungai Gangga dan Yamuna. Bangsa Arya mendesak bangsa Dravida. Agama Hindu bersifat polytheisme dengan dewa utamanya Trimurti yang terdiri dari Brahma, Wisnu dan Syiwa. Adapun kitab sucinya adalah Weda.

Sedangkan agama Budha muncul setelah agama Hindu. Awalnya hanya sebagai suatu ajaran dalam rangka mencari kebenaran yang disampaikan pertama kali oleh Sidharta Gautama. Sidharta adalah putra mahkota dari Kerajaan Kapilawastu yang merupakan putra raja Sudhodana dan putri Maya, kemudian ia mengembara menjadi cakyamuni (pendeta) sampai menerima wahyu yang berupa kesadaran akan penderitaan dan cara menindas penderitaan tersebut. Dalam hal ini Sidharta dianggap sebagai Budha Gautama.

Budha sebagai suatu ajaran dapat berkembang menjadi suatu agama dengan kitab sucinya Tripitaka (tiga keranjang) yang menggunakan bahasa Pali bahasa rakyat Magadha. Untuk selanjutnya agama Budha berkembang menjadi dua aliran yaitu aliran Mahayana (kendaraan besar) dan aliran Hinayana (kendaraan kecil).

Kedua agama yaitu Hindu-Budha tersebut berkembang keberbagai negara di Asia Timur maupun Asia Tenggara termasuk ke Indonesia yang akhirnya mempengaruhi kebudayaan Indonesia. Dengan demikian melalui modul ini Anda diharapkan benar memahami unsur-unsur kebudayaan Hindu-Budha tersebut yang telah mempengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia sehingga Anda memahami hasil karya atau peninggalan bersejarah bangsa Indonesia tersebut.

Modul ini berisi dua kegiatan, yang terdiri dari kegiatan belajar 1 membahas proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Dan kegiatan belajar 2 membahas kerajaan-kerajaan Indonesia yang bercorak Hindu-Budha.

Setiap kegiatan dalam modul ini saling berkaitan. Agar Anda memahami keseluruhan isi modul ini, maka ikutilah petunjuk berikut ini.

  1. Bacalah setiap penjelasan yang diberikan dengan cermat langkah demi langkah, jangan tergesa-gesa agar Anda memahami dengan benar.

  2. Apabila dalam uraian materi terdapat latihan soal untuk menguji tingkat pemahaman Anda, maka kerjakanlah sesuai dengan arahan yang diberikan.

  3. Waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari modul ini adalah
    90 menit untuk kegiatan belajar 1 dan 180 menit untuk kegiatan belajar 2.

  4. Selama mempelajari modul ini hendaknya Anda berusaha mempelajari peta Indonesia dan buku Paket di perpustakaan sekolah bina Anda.

  5. Setelah Anda merasa paham, kerjakanlah soal-soal latihan yang ada pada akhir kegiatan, kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang ada di halaman belakang modul ini.

  6. Jika jawaban Anda masih banyak yang tidak sesuai dengan kunci jawabannya Anda harus membaca kembali bagian yang belum Anda pahami. Usahakan Anda benar-benar jelas.


Semoga Anda lebih siap untuk memahami modul 6 ini agar Anda dapat memperoleh keberhasilan yang memuaskan.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]