Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Sistem Pemerintahan Romawi

Bagan 1. Perkembangan pemerintahan Romawi


  1. Kerajaan (Monarkhi) 750 SM-500 SM
  2. Pada mulanya Romawi berbentuk kerajaan (Monarkhi) dengan rajanya yang pertama adalah Romulus. Raja-raja Romawi ini berasal dari keturunan pendatang yaitu bangsa Etruska yang memerintah penduduk asli sebelumnya yaitu suku bangsa Latin.

    Meskipun di bidang ekonomi kerajaan Roma mengalami perkembangan namun bangsa Latin merasa tidak senang terhadap penguasa asing yang mengenakan undang-undang militer kepada mereka. Terjadilah pemberontakan penduduk Roma yang berhasil menggulingkan raja Tarquin yang sombong sebagai raja terakhir Romawi pada tahun 509 SM dipimpin oleh Lucius Junius Brutus.

    Bagaimana keadaan Romawi selanjutnya? Simaklah uraian di bawah ini dengan seksama.

  3. Republik Romawi, 500 SM-27 SM
  4. Pada masa Republik penduduk terbagi atas dua golongan yaitu: Patricia dan Plebea. Patricia berasal dari kalangan pemilik tanah yang luas atau orang yang secara turun temurun sudah merupakan kelas aristrokat (bangsawan). Golongan patricia dianggap sebagai warga negara secara penuh. Patricia berasal dari bahasa Latin “patres” yang berarti ayah, sedangkan Plebea berasal dari bahasa Latin “plebs” yang berarti orang banyak. Mereka dianggap warga negara secara tidak penuh, namun masih memiliki beberapa hak politik dan hak untuk mengumpulkan kekayaan.

    Orang-orang dari golongan patricia memegang kedudukan dalam lembaga-lembaga politik yaitu Konsul, Senat dan Majelis atau Asembly. Masing-masing lembaga politik tersebut dapat Anda pelajari rinciannya sebagai berikut :

    1. Konsul
    2. Merupakan jabatan pemegang eksekutif untuk masa jabatan satu tahun. Konsul berjumlah 2 orang. Masing-masing konsul memiliki hak saling memveto sehingga keputusan penting harus didukung oleh kedua orang tersebut.
      Konsul juga merupakan panglima angkatan perang. Dalam keadaan darurat perang dengan persetujuan senat, konsul dapat menyerahkan kekuasaannya ke tangan satu orang yang disebut “diktator”. Pengertiannya sangat berbeda dengan diktator jaman sekarang. Diktator pada jaman Republik Romawi menjaga kekuasaan secara konstitusional dalam waktu pendek paling lama 6 bulan dan bila dibutuhkan dapat diperpanjang.

    3. Senat
    4. Adalah Dewan yang anggotanya terdiri dari orang-orang patricia, berjumlah sekitar 300 orang, berasal dari mantan pejabat konsul. Konsul tunduk pada senat. Senat juga memiliki hak veto terhadap keputusan Majelis.
      Dari uraian di atas jelas bahwa Senat memiliki pengaruh yang sangat besar di Romawi.

    5. Majelis
    6. Adalah lembaga yang anggotanya berasal dari golongan patricia maupun plebea. Tugas Majelis adalah :

      • Memilih para konsul dan pejabat-pejabat yang lain.
      • menyetujui atau menolak perundang-undangan yang diajukan oleh konsul dan senat.


    Pada awal pemerintahan Republik Roma merupakan suatu Oligarkhi karena yang menduduki posisi penting dalam pemerintahan adalah sekelompok kecil orang-orang dari golongan patricia. Dalam perkembangan kemudian untuk memberikan kesempatan yang sama bagi golongan plebea duduk dalam lembaga-lembaga pemerintahan dibuatlah undang-undang pertama Roma yang tertulis tahun 449 SM. Yang dikenal sebagai “Dua Belas Tabel”


    Selama masa Republik apakah wilayah Romawi bertambah luas? Dapat Anda pastikan wilayah Romawi semakin luas. Untuk memperkuat pertahanannya selain Republik Roma mengembangkan pemerintahan yang teratur dan meningkatkan angkatan perangnya.

    Republik Roma mewajibkan seluruh warganya masuk dinas ketentaraan. Unit angkatan perang dikenal dengan nama Legiun yang terdiri dari 3600 prajurit. Legiun dibagi menjadi kelompok kecil antara 60 hingga 120 orang yang disebut Maniple (secara harfiah berarti segenggam). Ekspansi yang dilakukan oleh Romawi adalah sebagai berikut :

    1. Sampai dengan tahun 265 SM, Romawi berhasil menduduki Jazirah Apenina termasuk koloni Yunani.

    2. Terlibat perang Phunicia yang berlangsung sampai 3 kali. Sebab terjadinya perang Phunicia adalah permintaan raja Syracuse dari Sicilia terhadap Roma untuk membantu menghadapi expansi kota dagang Kartago.
      • Perang Phunicia I tahun (264 - 241 SM).
      • Romawi menang dan memperoleh Sicilia Barat sebagai penghasil gandum.

      • Perang Phunicia II (218 - 201 SM).
      • Pasukan Kartago dipimpin oleh Hannibal mengerahkan kekuatannya untuk masuk ke Italia melalui Spanyol dan Pegunungan Alpen. Hannibal juga meminta bantuan Suku Gaul untuk memperkuat pasukannya. Walaupun demikian Hannibal gagal menaklukkan Romawi, bahkan pasukan Romawi yang dipimpin oleh Scipio berhasil menyerbu Afrika Utara.

        Pada tahun 201 SM Kartago tunduk kepada Roma dan menyerahkan daerah jajahannya di Spanyol kepada Roma.


        Gambar 5.13. Patung Dada Hannibal


      • Perang Phunicia III (149 - 146 SM).
      • Pasukan Romawi dapat menghancurkan Kartago setelah senator Romawi yang bernama Cato berpidato “Delenda est Carthago” (Karthago harus dihancurkan). Bangunan-banguna dihancurkan rata dengan tanah dan wilayah kekuasaannya dijadikan wilayah kekuasaan Romawi.


    3. Pada awal kedua SM, Romawi dapat mengalahkan Macedonia dan Syiria.
    4. Setelah berhasil menaklukkan daratan di sekitar Laut Tengah maka bangsa Romawi menganggap Laut Tengah sebagai miliknya. Laut Tengah disebut Mare nostrum atau Laut Kita.

      Siapakah negarawan Romawi pada masa Republik? Negarawan-negarawan Romawi tersebut antara lain :

      1. Tiberius Gracchus (163 - 133 SM). Ia berusaha memperbaiki nasib para petani melalui Land reform (pembaharuan hak pemilikan tanah) namun gagal dan ia terbunuh.

      2. Gayus Gracchus (153 - 121 SM). Ia melanjutkan tindakan Land reform namun juga tewas ditangan musuh.

      3. Marius (155 - 86 SM) yang berkuasa secara otokratis namun gagal dalam memperbaiki kehidupan politik.

      4. SullaMarius (83 - 79 SM). Semasa pemerintahannya, ia banyak memihak senat. Ia memerintah sebagai diktator selama 4 tahun.

      5. Trium Vurat I (Tiga Serangkai) yaitu Pompeyus, Crussus dan Yulius Caesar.
      6. Dari ketiga tokoh tersebut akhirnya Yulius Caesar tamoil sebagai penguasa tunggal. Untuk mengenal tokoh Yulius Caesar, amatilah gambar di bawah ini.


      Catatan menarik yang perlu Anda ketahui mengenai tokoh Yulius Caesar adalah: mengalahkan bangsa Galia di Perancis Selatan, kemudian dibukukan dengan judul “Oe Belo Gallica”.


      Gambar 5.14. Patung Yulius Caesar


      Sebagai gambaran mengenai peperangan melawan bangsa Galia perhatikan gambar di bawah ini :


      Gambar 5.15.
      Penyerang benteng Tentara Romawi di atas menara



      Gambar 5.16. Onager-Onager atau Ketapel


      • Dalam peperangannya di Asia Kecil, ia mengirim pesan yang terkenal ke Roma yang berbunyi Veni, Vidi, Vici artinya: saya datang, saya melihat dan saya menang.

      • Memperbaharui kalender Romawi sehingga disebut Kalender Julian yang hitungannya setahun ada 365 hari serta dikenal tahun kabisat seperti kalender sekarang. Tahukah Anda tahun kabisat itu?

      • Kelahiran Yulius Caesar adalah melalui operasi sehingga persalinan dengan operasi kini disebut operasi caesar.


      Keberhasilan Yulius Caesar sebagai penguasa republik Roma menimbulkan iri hati para musuhnya antara lain Brutus dan Cassius yang membunuh Yulius Caesar tahun 14 SM.

    5. Bagaimana situasi Romawi sepeninggal Yulius Caesar?
    6. Kematian Yulius Caesar menyebabkan kekacauan di Romawi. Muncullah tiga serangkai yang kedua terdiri dari Octavianus (anak angkat Yulius Caesar) Lepidus dan Antonius.

      Ketiga tokoh tersebut segera membagi kekuasaan. Leppidus di Afrika Utara, Octavianus menguasai wilayah barat yang berkedudukan di Roma sedangkan Antonius menguasai wilayah timur yang berkedudukan di Mesir yang saat itu diperintah oleh ratu Cleopatra. Mesir mempunyai kedudukan yang strategis antara lain sebagai gudang gandum untuk Roma.

      Antonius terpikat dan menikahi Cleopatra yang mempunyai keinginan yang sama untuk membebaskan Mesir dari kekuasaan Republik Romawi. Hal ini menimbulkan kemarahan Octavianus sehingga terjadilah peperangan. Kedua pasukan bertemu di Teluk Actium (Italia Selatan) yang dimenangkan oleh Octavianus. Antonius dan Cleopatra kembali ke Mesir dan bunuh diri.


    Sampai disini uraian mengenai pemerintahan Republik Romawi. Untuk mengetahui pemahaman Anda, kerjakanlah soal yang tersaji di bawah ini dengan teliti.

    Tabel 5.3. Romawi pada masa Republik


    Setelah Anda menyelesaikan jawaban di atas kemudian cocokkanlah dengan keterangan di bawah ini.

    1. Dewan perwakilan Rakyat yang dibentuk sejak zaman kerajaan Romawi
    2. Golongan bangsawan dan orang kaya jaman kerajaan Romawi
    3. Raja terakhir Romawi yang dijatuhkan oleh rakyat yang dipimpin oleh Lucius Jumius Brutus
    4. Pemegang pemerintahan pada masa Republik berjumlah 2 orang
    5. Warga negara Roma yang hanya memiliki dirinya sendiri
    6. Perang Romawi melawan kerajaan Phunisia di kartago memperebutkan kekuasan Laut tengah yang berlangsung 3 kali yaitu: 264-241 SM, 218-201 SM dan 146 SM
    7. Tokoh republik Romawi yang memperjuangkan Land reform bagi kepentingan petani namun ia tewas terbunuh
    8. Salah satu Trium Virat I, Republik Romawi yang terkenal dengan semboyan Veni, Vidi, Vici, pengarang buku Debelo Gallica
    9. Tiga serangkai yang terdiri dari Octavianus, Lepidus, Antonius
    10. Ratu mesir yang menikah dengan Antonius dari Romawi yang bunuh diri berdua setelah dikalahkan oleh Octavianus.


    Bagaimana jawaban Anda setelah dicocokan? Tepatkah? Jika Anda sudah bersungguh-sungguh dalam mempelajari tentu semuanya tepat, selamat untuk Anda.

    Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari tentang pemerintahaan Romawi yang berbentuk kekaisaran.

  5. Kekaisaran Romawi 27 SM-395
  6. Seperti yang telah Anda pelajari melalui bagan sistem pemerintahaan Romawi pada uraian sebelumnya maka masa kekaisaran Romawi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu: Masa pax Romana (Inperium Romawi) dari tahun 27 SM sampai dengan tahun 180 M dan sebelumnya, tahun 180-395 Kekaisaran Romawi mengalami masa Kemunduran.

    Pada masa Pax Romana, Imperium Romawi mengalami masa kejayaan yang diperintah oleh 16 orang kaisar mulai dari kaisar Oktavianus Agustus sampai Marcus Aurelius.

    Apakah Anda mengetahui makna Pax Romana?


    Apakah Anda sudah pahami? Jika sudah, Bagus! Sekarang Anda dapat melanjutkan uraian berikutnya mengenai pemerintahan kaisar-kaisar Roma.

    1. Octavianus Augustus (27 SM - 14 SM)
    2. Setelah mengalahkan Antonius, Octavianus menjadi orang terkuat di Romawi.

      Oleh senat ia diangkat menjadi kaisar yang pertama dan memperoleh beberapa gelar yaitu: Augustus artinya maha mulia, Imperator artinya panglima tertinggi, Pontifex Maximus artinya kepala agama bahkan kemudian dianggap sebagai dewa, Princep Civitas artinya warga kota yang utama.

      Kaisar Augustus memerintah secara diktator namun disegani oleh rakyatnya.


      Gambar 5.17. Kaisar Octavianus Augustus


      Pada masa pemerintahannya lahirlah Nabi Isa (Yesus Kristus) di Judea sebagai salah satu propinsi/daerah jajahan Romawi. Ajaran Kristen kemudian menyebar ke Roma dan pengaruhnya besar sekali terhadap peradaban Eropa.

      Pemerintahannya maju pesat sehingga disebut jaman keemasan Romawi. Kota Roma dibangun sangat megah, hubungan dagang yang luas bahkan sampai ke Cina melalui jalan sutera (silk road). Anda tentu masih ingat bahwa peradaban Eropa dibangun dari kebudayaan Yunani, Romawi dan agama Nasrani.

      Dalam bidang pemerintahan, tindakan kaisar Octavianus yang penting antara lain :

      • Mengadakan konsolidasi pemerintahan,
      • Menghilangkan kekuasaan Senat,
      • Membangun administrasi yang tersentralisasir dan efektif,
      • Peresmian lembaga adopsi (pengangkatan) sebagai pewaris kekayaan, dan
      • Memberikan subsidi bagi warga negara yang kawin secara syah.


    3. Tiberius (14 - 37 ): merupakan anak tiri yang sekaligus menantu kaisar Augustus.

    4. Caligula (37 - 41 ): dianggap kaisar kurang waras karena mengangkat kuda kesayangannya menjadi konsul.

    5. Claudius (41-54): menempatkan Inggris di bawah pengawasan Romawi. Ia memperkenalkan adat istiadat kesusasteraan dan bahasa latin sehingga berpengaruh bagi kebudayaan Inggris.

    6. Nero (54- 68): merupakan kaisar yang kejam. Ia tega membunuh ibunya, saudaranya, istrinya, bahkan gurunya yang bernama Seneca. Ia membakar kota Roma namun dituduhkan orang-orang kristen sebagai pelakunya sebagai alasan untuk menganiaya mereka.


    7. Gambar 5.18. Patung dada Kaisar Nero


    8. Galba (68 - 69)

    9. Otho (69)

    10. Vittellius (69)

    11. Vespasianus (69 - 79), merupakan kaisar yang membangun Colloseum.

    12. Titus (79 - 81), ia diperintah oleh Vespasianus, ayahnya untuk menggempur Yerusalem dan mengusir bangsa Yahudi keluar dari negerinya. Pada masa pemerintahannya meletuslah Gunung Vesuvius yang menghancurkan kota Pompeii.

    13. Domitianus (81 - 96), berhasil menguasai Inggris dan Scotlandia. Ia menuntut dirinya disembah sebagai dewa.

    14. Nerva (96-98)

    15. Trayanus (98 - 117)
    16. Imperium Romawi pada masa Trayanus memiliki wilayah terluas meliputi: sebelah barat adalah Laut Atlantik, sebelah timur adalah sungai Eufrat dan Laut Hitam, sebelah utara adalah sungai Donau dan sungai Rhein, sebelah selatan adalah Gurun Sahara dan Gurun Arabia.

    17. Hadrianus (117 - 138), merupakan kaisar yang membangun tembok (limes).
    18. Peninggalannya dapat ditemukan di Inggris dan Eropa Tengah antara sungai Rhein dan sungai Donau. Perhatikan gambar 19.


      Gambar 5.19. Tembok Hadrianus


      Gambar tersebut menunjukkan limes Hadrianus yang dibangun sepanjang 118 km di Inggris.

      Masih ingatkah Anda, bangsa mana yang membangun tembok besar seperti peninggalan kaisar Hadrianus tersebut? Apakah fungsinya?

    19. Antonius Pius (138 - 161)

    20. Marcus Aurelius (161 - 180), merupakan kaisar yang mencintai ilmu pengetahuan, filsafat dan sastra.


    Bagaimana para kaisar mampu memerintah atas wilayah imperium yang sangat luas itu? Hal itu dimungkinkan karena pemerintahan lebih bersifat federasi dari pada desentralisasi. Tiap-tiap negara boleh menyelenggarakan pemerintah sendiri dengan kewajiban: membayar pajak, membantu tenaga untuk berperang serta menyelenggarakan dan mengawasi upacara pemujaan kepada kaisar.

    Sejak tahun 180 kekaisaran Romawi mengalami kemunduran. Kurang lebih 100 tahun Romawi diliputi oleh kekerasan dan perang saudara. Beberapa kaisar yang memerintah pada masa kemunduran ini antara lain: Diocletianus (284 - 305), merupakan kaisar yang kejam. Ia memerintahkan pembunuhan terhadap pengikut agama kristen. Mereka yang berhasil meloloskan diri membuat lubang perlindungan di gua-gua karang yang disebut Catacombe. Kaisar berikutnya adalah Konstantin yang Agung (324 - 337). Ia memindahkan ibukota Romawi dari Roma ke Bizantium (Konstantinopel) yang kini disebut Istambul. Pada tahun 313 Konstantin mengeluarkan Edic Milan yang berisi perintah menghentikan pengejaran terhadap umat kristen dan menetapkan agama kristen menjadi agama resmi negara. Kaisar Thedosius (378 - 395) menetapkan agama kristen sebagai agama negara. Ia membagi wilayah kekaisaran untuk kedua putranya: Kekaisaran Romawi Barat beribukota di Roma untuk Honorius, putra bungsunya dan putra sulung yang bernama Archadius berkuasa di Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel.


Setelah membaca uraian di atas, mungkin dalam hati Anda timbul pertanyaan: “Bagaimana keadaan kekaisaran Romawi Barat dan Timur setelah pembagian pada tahun 395 itu”? Tentukanlah jawabannya dengan membaca uraian di bawah ini.

Keadaan Romawi Barat mengalami kemunduran baik dalam bidang perdagangan maupun industri, akibatnya keuangan negara lemah, inflasi tidak tertahankan lagi dan nilai uang merosot. Para pedagang mengalihkan usahanya ke bidang pertanian, proses ekonomi berubah dari perekonomian uang ke rumah tangga perekonomian tertutup. Kota mundur dan keamanan tidak terjamin.

Pada abad ke 5 yaitu tahun 476 Odoker menamakan dirinya raja Germania di Italia. Romawi Barat terpecah menjadi beberapa kerajaan yang diperintah oleh raja-raja Germania. Seperti Goth Timur, Goth Barat, Burgundia, Vandal, Lambordia dan Francia (Perancis, Belgia, Belanda, Jerman Barat).

Wilayah Romawi Timur meliputi: Semenanjung Balkan, Asia Kecil (sampai Armenia), Syiria sampai Eufrat dan Mesir. Setelah tahun 476 hubungan Romawi Barat dan Romawi Timur praktis putus.

Romawi Timur dapat bertahan sampai tahun 1453 dengan melakukan perdagangan dan setiap serangan dari bangsa Barbar disikapi dengan memberi upeti. Pada tahun 1453 akhirnya Konstantinopel dikuasai oleh Sultan Muhammad II dari Turki. Kaisar Romawi Timur yang terkenal antara lain adalah Yustinianus.

Setelah Anda memahami uraian tentang masa kekaisaraaan Romawi kemudian kerjakanlah pertanyaan yang ada pada tabel di bawah ini.

Tabel 5.4. Peristiwa penting pada masa kekaisaran Romawi


Setelah Anda menuliskan jawaban di atas kemudian cocokkan jawaban Anda dengan uraian di bawah ini :

  1. Octavianus
  2. Vespasianus
  3. Membangun limes (tembok pertahanan) di Inggris dan Eropa Tengah.
  4. Memindahkan ibu kota Romawi ke Konstantinopel dan mengeluarkan Edik Milan tahun 313 yang menetapkan agama kristen diakui oleh negara.
  5. Titus
  6. Membagi kekuasaan Romawi menjadi dua bagian yaitu: Romawi Barat beribu kota Roma, Romawi Timur beribu kota Konstantinopel (Bizantium).
  7. Kaisar yang kejam, membunuh ibu, saudara, isteri, dan gurunya. Membakar Roma, menganiaya orang kristen.
  8. Kaisar yang gemar filsafat, sastra, dan ilmu pengetahuan.


Bagaimana jawaban Anda, sudah sesuaikah? Tentu, dan selamat untuk Anda.

Sebagai kesimpulan dari pembahasan tentang sistem pemerintahan Romawi kuno perhatikanlah tabel 5.5 di bawah ini.

Tabel 5.5. Sistem Pemerintahaan Romawi


Dengan membaca tabel tersebut Anda tentu merasa lebih mantap dan menguasai materi tentang sistem pemerintahan Romawi. Pada uraian selanjutnya Anda dapat mempelajari sistem kepercayaan Romawi.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]