Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Sistem Kepercayaan Yunani

Masyarakat Yunani memuja banyak dewa atau Polytheisme. Berbeda dengan sikap orang Timur terhadap Dewa yang dipandang sebagai pribadi yang disembah karena takut. Dewa-dewa bagi orang timur merupakan roh atau digambarkan sebagai penguasa alam dan ada yang berwujud binatang, sedangkan masyarakat Yunani menggambarkan dewa-dewa yang disembahnya bertubuh dan berperilaku seperti manusia bahkan orang Athena sendiri menyatakan keturunan ion yaitu anak dewa Apollo.

Menurut pandangan orang Yunani, dewa-dewa itu memiliki tubuh seperti manusia tetapi lebih besar, lebih indah serta tidak dapat mati. Dewa-dewi memiliki sifat seperti manusia, ada yang baik dan buruk. Dewa-dewi berkeluarga, berperang dan bersaing untuk mempertahankan kekuasaan. Selain dewa-dewi mereka juga memuja hero (pahlawan) yaitu manusia setengah dewa yang sakti namun dapat mati. Salah seorang hero yang terkenal adalah Hercules.

Dewa-dewi itu antara lain ada yang tinggal di bukit Olymphus dipimpin oleh dewa tertinggi yaitu dewa Zeus yang beristri Hera yaitu dewi asmara.

Perhatikanlah patung dada yang dikenal sebagai dewa Zeus pada gambar di bawah ini.


Gambar 5.4. Patung Dada Dewa Zeus


Dewa-dewi yang dipuja oleh bangsa Yunani berikutnya ialah :

  1. Ares, dewa perang.
  2. Artemis, dewi perburuan.
  3. Hermes, dewa perniagaan.
  4. Poseldion, dewa laut.
  5. Apollo, dewa matahari dan kesenian.
  6. Pallas Athena, dewi keselamatan (pelindung kota) dan ilmu pengetahuan.
  7. Aphrodite, dewi kecantikan.
  8. Dyonisos, dewa anggur.
  9. Hades, dewa kematian.
  10. Pan, dewa ternak.
  11. Demeter, dewa pertanian.


Selain pemujaan terhadap dewa Zeus dan keluarganya, di setiap negara kota (polis) juga mempunyai dewanya masing-masing. Pemujaan dewa-dewa lokal ini menjadi faktor pemisah masyarakat Yunani.

Bagaimanakah cara bangsa Yunani melakukan penghormatan kepada para dewanya khususnya pemujaan terhadap dewa Zeus?

Untuk menghormati dewa Zeus, sejak tahun 776 SM diselenggarakan pesta olah raga selama 5 hari di gunung Olymphus disebut Olympiade. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh polis baik di dataran Yunani maupun daerah-daerah koloninya.

Cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi: lari. loncat, lempar lembing, lempar peluru, lempar cakram, gulat, pacuan kuda dan lomba kereta kuda. Pada malam hari diadakan pertunjukan sandiwara/seni maupun digelar pasar malam.

Para atlit yang semuanya laki-laki bertanding secara sportif. Atlit yang menjadi juara mendapat hadiah dan penghormatan biasanya berupa mahkota dari dedaunan, misalnya daun zaitun di Olymphia, daun Salam di kota Delfi dan daun Peterseli di kota Argolis. Selain itu para pemenang juga memperoleh berbagai hadiah misalnya 100 buyung minyak zaitun, sekantung di kota kediamannya.

Apa manfaat Olympiade bagi bangsa Yunani?
Olympiade bermanfaat sebagai alat pemersatu bagi bangsa Yunani. Karena pada saat Olympiade yang berlangsung 4 tahun sekali setiap polis harus menjaga perdamaian dan menghentikan peperangan.

Karena fungsinya sangat penting sebagai sarana pemersatu maka pesta Olympiade di jadikan pesta olah raga dunia.

Untuk mengetahui pemahaman Anda tentang Olympiade, jawablah pertanyaan di bawah ini.

  1. Sejak kapan Olympiade menjadi pesta olah raga dunia untuk yang pertama kali ? ....

  2. Siapakah yang mengusulkan diselenggarakannya pesta olah raga dunia dengan nama Olympiade pada jaman modern ? ....

  3. Pada pesta Olympiade di mana dan kapan, Indonesia memperoleh medali emas yang pertama ? ....

  4. Siapakah olahragawan dan olahragawati yang meraih medali emas tersebut ? .... dan ....

  5. Apakah manfaat Olympiade tersebut dapat diterapkan pada abad 21 ini ? Jelaskan!


Diskusikan pertanyaan di atas dengan teman-temanmu. Jika menemui kesulitan, tanyakanlah kepada guru olah raga. Kumpulkan jawabanmu kepada guru bina Anda di sekolah penyelenggara.

Apakah Anda hobi olah raga bahkan juga sebagai atlet mewakili daerahmu ? Bagus ! Kembangkan terus hobi dan bakatmu yang positif.

Selain pemujaan kepada dewa-dewi di gunung Olymphus, masyarakat Yunani juga sering mendatangi kuil penujuman/ ramalan di kota Delphi. Masyarakat Yunani memiliki kebiasaan sebelum melakukan segala sesuatu mereka meminta ramalan di kuil tersebut.

Sampai di sini apakah Anda sudah menguasai uraian di atas dengan baik ? Jika sudah, kini lanjutkan kesungguhan Anda untuk mempelajari uraian yang tidak kalah pentingnya yaitu peninggalan budaya Yunani.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]