Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Peradaban Pulau Kreta (2600 SM - 2000 SM)


Gambar 5.1. Peta Wilayah Yunani Kuno


Untuk memahami peradaban Eropa Kuno, maka simaklah peta di atas. Kemudian bacalah uraian di bawah ini dengan seksama.

Sejarah Eropa Kuno berawal dari kehidupan masyarakat Pulau Kreta yang terletak di sebelah selatan Yunani dengan pusat pemerintahannya di Knossus. Selain Knossus masih ada kota-kota besar yang lain yaitu Phaestos, Tylissos, Hanos.

Letak Pulau Kreta sangat strategis yakni di tengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani dan Mesopotamia. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Kreta untuk hidup dari sektor pelayaran dan perdagangan. Selain itu Pulau Kreta juga menjadi jembatan budaya antara Asia, Afrika dan Eropa.

Sumber-sumber apakah yang mengisahkan mengenai sejarah Pulau Kreta ? Sejarah Pulau Kreta dapat diketahui dari karya sastra berupa legenda dan mitologi karangan penyair Homerus yang berjudul Illiad dan Odysseia. Homerus menceritakan Pulau Kreta yang indah permai, memiliki tidak kurang dari 90 kota. Uraian tersebut diperkuat oleh Sir Arthur Evans dari Inggris yang pertama kali melakukan penggalian pada tahun 1878 M. Dengan penggalian tersebut ditemukan bukti-bukti arkeologi mengenai kejayaan Pulau Kreta di masa yang lalu.

Apa saja peninggalan peradaban Pulau Kreta?
Uraian di bawah ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda.

Dari kegiatan pelayaran dan perdagangan telah menyebabkan tingkat kemakmuran yang tinggi bagi masyarakat Pulau Kreta. Kota-kota pusat perdagangan seperti Knossus dan Phaestos telah tertata dengan baik. Bangunnan gedung pada umumnya terbuat dari batu bata serta ada bangunan yang bertingkat.

Di Knossus ditemukan reruntuhan istana yang berbentuk labyrinth (rumah siput). Perhatikanlah gambar reruntuhan istana Knossus di bawah ini. Mengapa istana Knossus berbentuk rumah siput ?
Uraian di bawah ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda. Labyrinth berasal dari kata Labrys yang berarti “mudah tersesat”. Bangunan istana didesain demikian agar seseorang yang masuk akan mudah tersesat karena susunan kamar-kamar, ruangan dan lorongnya ruwet untuk menghalangi para penjahat yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.


Gambar 5.2. Reruntuhan Istana Knossus


Selain itu karena letaknya yang strategis tidak tertutup kemungkinan Pulau Kreta menjadi incaran bangsa lain untuk menaklukkan dan menguasainya.

Masyarakat Pulau Kreta juga mengenal seni Lukis Fresko, seni porselin/gerabah, seni pahat pada gading atau media yang lain dan seni kerajinan logam. Karya seni ini juga menghasilkan peralatan rumah tangga misalnya alat pertukangan, sepatu, pengecoran logam dan lain-lain. Selain itu, mereka juga telah mengenal bentuk tulisan yang disebut tulisan Minos. Nama Minos berasal dari nama seorang raja besar di Pulau Kreta, bahkan kebudayaan Pulau Kreta akhirnya disebut kebudayaan Minoa.

Walaupun telah ditemukan peninggalan tulisan namun sampai sekarang belum berhasil dibaca sehingga sejarah Pulau Kreta belum dapat diungkap secara jelas.

Pada abad 15 SM kerajaan Pulau Kreta mengalami keruntuhan.
Menurut Anda apa penyebab keruntuhan tersebut ?
Tuliskan jawaban Anda pada ttitik-titik di bawah ini
.

.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................

Setelah Anda menuliskan jawaban kemudian cocokkan dengan uraian di bawah ini.

Masa akhir kejayaan Pulau Kreta tak dapat digambarkan secara pasti. Menurut dugaan para ahli ada kemungkinan karena bencana alam. Sekitar abad 15 S.M gunung Thera yang letaknya 100 km. di utara Pulau Kreta meletus dan memuntahkan larva dan abu yang menutupi angkasa, menghalangi aktifitas kehidupan serta mematikan pelbagai tumbuh-tumbuhan. Selain bencana alam, diduga ada invasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo Jerman dari Asia Tengah yang bergerak ke Yunani kemudian ke pulau Kreta.

Selain dari letaknya peradaban Pulau Kreta tidak tertutup kemungkinan mendapat pengaruh dari Mesir dan Mesopotamia karena hubungan perdagangan dan pelayaran seperti telah Anda baca pada uraian di atas.

Setelah runtuh kebudayaan Pulau Kreta berkembang di daratan Yunani mula-mula berada di kota Mycena (salah satu daerah kekuasaan pemerintahan Pulau Kreta sebelumnya.) Itulah sebabnya Pulau Kreta disebut sebagai jembatan budaya Asia, Afrika dan Eropa.

Setelah membaca uraian di atas, tentu Anda sudah memahami mengenai peradaban Pulau Kreta. Selanjutnya kerjakanlah tugas di bawah ini.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan mengisi titik-titik di sampingnya.

  1. Sumber sejarah untuk mempelajari Pulau Kreta adalah .... dan ....
  2. Kehidupan ekonomi masyarakat Pulau Kreta bertumpu pada kegiatan ....
  3. Peninggalan budaya Pulau Kreta berupa ....
    1. ....
    2. ....
    3. ....
    4. ....

  4. Tujuan pembuatan istana berbentuk Labyrinth adalah ....
  5. Masyarakat Pulau Kreta mengenal tulisan yang disebut ....
  6. Sebab-sebab keruntuhan kerajaan Pulau Kreta antara lain karena .... ataupun ....


Jawab :

  1. Cerita Illiad dan Odyseia karangan Nomerus dan penggalian di reruntuhan Knossus oleh Sir Arthur Evans.
  2. Pelayaran dan perdagangan.
  3. Seni bangunan, seni lukis, seni keramik, seni patung dan kerajinan logam.
  4. Mencegah orang asing maupun pengganggu yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.
  5. Minos.
  6. Bencana alam yaitu akibat meletusnya gunung Thera atau invasi bangsa Indo Jerman.


Apakah jawaban Anda sudah tepat ? Bagus.
Seterusnya Anda dapat melanjutkan belajar mengenai peradaban yunani pada uraian berikutnya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]