Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Penutup

Selamat, Anda telah selesai mempelajari modul tentang peradaban kuno di Eropa yang bersumber pada peradaban Yunani kuno dan Romawi kuno. Setelah kurang lebih 8 jam pelajaran 8 x 45 menit Anda mempelajari modul ini, tentu Anda sudah memahami pertumbuhan dan perkembangan sampai kemunduran peradaban Eropa Kuno, dengan baik.

Beberapa hal penting yang sudah Anda pelajari dari isi modul ini adalah :

  1. Peradaban Yunani kuno yang meliputi peradaban pulau kreta, kehidupan masyarakat Yunani, sistem pemerintahan, sistem kepercayaan, beberapa peninggalan bangsa Yunani serta masa akhir kejayaan Yunani. Dengan mempelajari peradaban Yunani kuno, banyak hal yang telah Anda pahami antara lain watak bangsa Yunani yang kritis sehingga banyak melahirkan berbagai ahli filsafat dan ilmu pengetahuan serta peninggalan budaya pada umumnya. Bercermin pada kehidupan bangsa Yunani tersebut, kita perlu menyadari betapa pentingnya menuntut ilmu untuk meningkatkan prestasi dan harkat martabat kita selaku umat manusia.

  2. Peradaban Romawi kuno yang meliputi kehidupan masyarakat Romawi, sistem pemerintahan Romawi, kepercayaan bangsa Romawi dan bagian terakhir yaitu beberapa hasil peninggalan budaya Romawi. Dengan mempelajari sistem pemerintahan Romawi menunjukkan adanya tindakan-tindakan yang kejam antara lain kaisar Nero.Tindakan yang demikian jelas harus dicegah karena tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan yang kita junjung tinggi. Nilai saling mengasihi perlu kita pupuk dan kita wujudkan bagi sesama umat manusia sehingga akan tercipta semangat kekeluargaan serta perdamaian.


Untuk mengukur kemampuan Anda, kerjakanlah soal-soal sebagai tes akhir modul. Kerjakanlah soal tersebut secara seksama dan teliti agar Anda dapat memperoleh prestasi yang Anda harapkan secara optimal.

Setelah selesai menjawab soal tersebut, tanyakanlah hasil tes Anda kepada guru bina Anda. Apabila Anda menjawab 80 % benar atau lebih berarti Anda telah memahami isi modul ini dengan baik. Selamat untuk Anda. Apabila jawaban Anda kurang dari 80 % janganlah Anda kecewa apalagi putus asa. Hindarkanlah sikap mudah putus asa. Cobalah Anda pelajari sekali lagi terutama bagian modul yang Anda anggap sulit sampai Anda memahaminya dengan sungguh-sungguh.

Pelajarilah buku paket serta buku-buku lain yang menunjang sebagai sumber belajar yang dapat menambah wawasan Anda.

Historia Vitae Magistra, belajarlah dari sejarah. Yang buruk tinggalkanlah, yang baik ambil dan kembangkanlah untuk kebaikan di masa kini dan yang akan datang.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]