Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Masa Akhir Kejayaan Yunani

Masa akhir kejayaan Yunani diawali dengan peristiwa sebagai berikut :

  1. Perang Peloponesos 431- 404 S.M.
  2. Perang Peloponesos disebabkan karena polis Athena yang memimpin persekutuan polis-polis di jazirah Attica disebut Liga Delos memiliki pengaruh yang terlalu kuat baik di bidang politik dan ekonomi Yunani sehingga banyak polis yang khawatir menjadi sasaran ”ekspansi” dan dikuasai Athena. Keadaan ini menyebabkan Sparta sebagai pemimpin Liga Peloponesos bangkit memimpin polis-polis lain menghadapi Athena.

    Pembentukan liga Delas maupun liga Peloponesos terjadi setelah perang Parsi. Liga Delas dipimpin oleh Athena, tangguh dalam angkatan laut sedangkan Sparta kuat angkatan daratnya. Perang saudara meletus tahun 431 S.M. Sparta menebangi pohon zaitun dan menghancurkan tanaman yang lain untuk melumpuhkan ekonomi Athena. Bencana lain yang dialami Athena adalah munculnya wabah penyakit akibat buruknya sanitasi sehingga menyebabkan kematian seperempat jumlah penduduk Athena termasuk Perikles tahun 429 S.M. Kematian Perikles turut menyebabkan lemahnya kepemimpinan Athena. Pada tahun 404 S.M. Sparta dapat mengalahkan Athena karena bantuan Persia.

    Perang saudara tersebut dikisahkan oleh sejarawan Thucydides secara ilmiah artinya ia menulis sejarah berdasarkan fakta dan mencoba menuliskannya secara obyektif.

    Bagaimana dampak perang Peloponesos ini bagi Yunani ? Ternyata perang tersebut mengakibatkan rapuhnya pertahanan Yunani untuk menghadapi ancaman dari luar berupa penaklukan oleh Raja Macedonia yang dapat Anda pelajari dari uraian berikut ini.

  3. Yunani dikuasai oleh Alexandar Agung dari Macedonia
  4. Perang Peloponesos mengakibatkan Yunani terpecah-pecah dan semakin lemah. Dengan mudah pada tahun 338 S.M. raja Philipus dari Macedonia dapat menaklukkan Yunani. Philipus terbunuh dan digantikan oleh puteranya bernama Alexander Agung yang memerintah pada tahun 336-323 SM.

    Amatilah gambar 5.9 tentang Alexander Agung. Gambar tersebut terdapat pada mata uang 4 drachma yang terbuat dari perak dikeluarkan sekitar tahun 300 S.M.


    Gambar 5.9. Alexander Agung


    Alexander Agung menjadi raja pada usia 20 tahun. Ia adalah murid Aristoteles. Cita-citanya adalah menguasai kerajaan dunia pada waktu itu yang meliputi Eropa (Yunani), Afrika (mesir) dan Asia (Mesopotamia dan Persia).

    Untuk mewujudkan cita-cita tersebut Alexander Agung memimpin pasukannya melakukan berbagai penaklukan. Di setiap daerah yang diduduki ia menganjurkan prajuritnya menikahi wanita setempat. Alexander Agung menikahi Roxana, puteri raja Darius III dari Persia, juga puteri Persia yang lain bernama Stateira.

    Di wilayah yang telah ditaklukkan ia memadukan budaya setempat dengan budaya Yunani sehingga lahirlah budaya baru disebut hellenisme. Alexander Agung juga membangun kota-kota di wilayah kekuasaannya yang semuanya diberi nama Alexandria dan didirikan pula perpustakaan di tiap kota tersebut. Salah satu kota Alexandria yang masih ada Mesir hingga sekarang.

    Pada tahun 325 S.M. Iskandar Agung meninggal dunia. Sejak tahun 323 S.M. wilayah kekuasaannya pecah mejadi tiga bagian yaitu: Macedonia, Yunani dikuasai oleh Jendral Antigomis, Syria oleh Jendral Seleucos dan Mesir, diperintah oleh Jendral Ptolomeus.


Setelah Anda mempelajari uraian di atas, cobalah Anda menjawab pertanyaan di bawah ini dan tuliskan jawaban Anda pada titik-titik yang tersedia.

  1. Sebutkan dua sebab runtuhnya kejayaan Yunani Kuno !
  2. ...................................................................................................
    ...................................................................................................

  3. Jelaskan langkah-langkah yang ditempuh oleh Iskandar Agung untuk menguasai dan mempertahankan daerah kekuasaannya tersebut !
  4. ...................................................................................................
    ...................................................................................................
    ...................................................................................................


Untuk meyakinkan pemahaman Anda, sekarang simaklah uraian berikut ini untuk mencocokkan jawaban Anda.

    1. Perpecahan dari dalam berupa persaingan Athena dan Sparta yang menyebabkan Perang Peloponesos.
    2. Serangan raja Philipus dari Macedonia dan dilanjutkan oleh Alexander Agung.


    1. Melakukan penaklukan dengan tentara yang tangguh.
    2. Melakukan perkawinan dengan puteri puteri setempat.
    3. Melakukan percampuran kebudayaan.


Bagaimana jawaban Anda, apakah sudah sesuai ?
Bagus, jika Anda menjawab dengan tepat.

Sekian uraian materi dari kegiatan 1. Semoga Anda telah mampu menguasai materi ini dengan baik.
Untuk mengukur pemahaman Anda kerjakanlah latihan soal dengan cermat.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]