Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kehidupan Masyarakat Yunani

Sebelum membicarakan kehidupan masyarakat Yunani Anda perlu memahami terlebih dahulu letak geografis Yunani. Simaklah peta di halaman 1 kemudian bacalah uraian berikut ini.

Letak geografis Yunani sekarang sama dengan Yunani kuno yang akan Anda pelajari. Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan tersebut wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia.

Jika peradaban kuno di Asia dan Afrika yang telah Anda pelajari memiliki pola umum yaitu merupakan peradaban lembah sungai dengan kegiatan ekonomi yang utama adalah pertanian (agraris) maka peradaban Yunani maupun Romawi sebagai akar budaya peradaban Eropa menyimpang dari pola umum.

Sebagian besar wilayah Yunani bergunung-gunung sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Tiga puluh prosen daerahnya berupa daratan rendah yang terdapat di dekat laut dan terbentuk oleh endapan lumpur sungai. Sisanya berupa jazirah yaitu Peloponesos dan Attica.

Gunung-gunung dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya pada waktu itu menghalangi komunikasi melalui darat. Lembah-lembah dan daratan rendah yang terpisah-pisah merupakan unit-unit geografis dan ekonomi yang bersifat alami, dan menjadi pemisah kesatuan unit politik. Kesatuan politik itu disebut Polis dan Negara Kota (City State) yang wilayahnya meliputi kota itu sendiri dan daerah-daerah sekitarnya.

Tanah Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat dapat menanam gandum serta anggur. Untuk mencari daerah yang subur maka para petani (disebut Colonus) meninggalkan negerinya dan mendirikan daerah koloni di sekitar Yunani.

Daerah koloni Yunani antara lain terdapat di Italia Selatan, Mesir, Palestina dan Asia Kecil (Turki sekarang). Dari kegiatan tersebut muncullah istilah kolonialisme. Antar kaum kolonis dengan negeri induknya tetap terjalin hubungan.

Selain kegiatan pertanian, masyarakat Yunani juga mengembangkan perekonomian melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan karena letaknya yang strategis di perairan Laut Tengah.

Setelah mengetahui keadaan alamnya maka uraian berikut ini dapat Anda pelajari mengenai siapakah bangsa Yunani itu ?

Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani.

Mereka berimigrasi sejak tahun 2000 SM kemudian menetap di berbagai daerah. Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta. Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi.

Polis yang berkembang mula-mula di daratan Yunani adalah kota perdagangan Mycena (yang semula merupakan daerah koloni kerajaan Kreta). Kemudian berkembanglah ratusan polis di Yunani. Hubungan antar polis di Yunani antara lain dalam perdagangan maupun pertukaran ide/gagasan yang kemudian membentuk peradaban Yunani. Masyarakat Yunani bangga sebagai warga kota, mereka merasa superior sedangkan yang tinggal di luar polis dianggap sebagai bangsa ”barbar”.

Rasa Superior itu kemudian tampak pada masyarakat yang tinggal di polis-polis terkemuka Yunani antara lain Sparta dan Athena. Bangsa Yunani sulit bersatu karena antar polis saling bersaing untuk memperebutkan puncak kekuasaan. Namun pada saat menghadapi ancaman bangsa lain antara polis Sparta dan Athena dapat ”bersatu” sehingga memperoleh kemenangan.

Tepatlah pepatah yang menyatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Siapakah bangsa yang menyerang Yunani dan apa sebabnya? Serangan itu dilakukan oleh bangsa Persia yang berlangsung tiga kali antara tahun 500 - 480 SM sehingga disebut perang Persia. Penyebabnya adalah Yunani membantu daerah koloninya di Asia kecil yang menjadi sasaran ekspansi raja Persia yang bernama Darius Agung.

Peristiwa yang menarik pada perang Persia adalah adanya lari marathon. Bagaimana peristiwanya? Pada serangan yang ke dua tahun ±490 SM tentara Persia dapat dikalahkan oleh pasukan Athena di dekat kota Marathon.

Prajurit yang bernama Feidippides mengabarkan berita kemenangan ini dengan berlari sejauh 26 kilometer dari Marathon ke Athena. Untuk mengenang peristiwa itulah maka di dunia olah raga Anda mengenal lomba lari marathon. Apakah Anda sanggup lari marathon ? Silahkan mencoba !

Kehidupan masyarakat Yunani yang mendiami wilayah beriklim mediteran yang selalu hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang. Suasana langit yang terang tanpa banyak awan di daerah Attica (Athena) juga menyebabkan semangat penduduknya tinggi dan kreasinya menonjol. Itulah sebabnya di Athena berkembang pesat kebudayaan baik di bidang seni maupun ilmu pengetahuan dan filsafat.

Sebelum Anda mempelajari uraian berikutnya, maka jawablah pertanyaan di bawah ini untuk mengukur pemahaman Anda.

Cobalah Anda menjawab pertanyaan terlebih dahulu, baru kemudian cocokkan dengan kunci jawaban di bawahnya.

Tabel 5.1. Kehidupan masyarakat Yunani


Setelah Anda selesai mengerjakan kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di bawah ini.

Jawab

  1. Laut Ionia
  2. Laut Aegeia
  3. Italia Selatan, Mesir, Palestina dan Asia Kecil (Turki sekarang)
  4. Petani Yunani
  5. Pelayaran dan perdagangan
  6. Negara kota
  7. Doria
  8. Padang rumput sekitar Palestina dan Asia kecil laut Kaspia
  9. Feidippides
  10. Riang dan optimis


Apakah jawaban Anda betul semua ? Bagus. Kini Anda dapat melanjutkan pelajaran tentang sistem pemerintahan Yunani dengan membaca uraian berikut ini.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]