Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengantar

Perhatikan peta daratan Cina di bawah ini!


Setelah Anda memperhatikan peta di atas kemudian simaklah uraian di bawah ini.

Sejarah tertua di Cina dimulai dari lembah sungai Hoang Ho sekitar tahun 4000 SM. Sungai Hoang Ho merupakan sungai terpanjang di Cina yaitu 5.464 kilometer dan merupakan sungai terpanjang nomor dua di dunia.

Tahukah Anda sungai manakah yang terpanjang di dunia? Sungai yang terpanjang di dunia adalah sungai Nil yang panjangnya lebih dari 6000 Km. Sungai Hoang Ho mengalir dari dataran tinggi Tibet lalu ke arah Timur dan bermuara ke Teluk Tsii Li di Laut Kuning. Sungai Hoang Ho melewati lima propinsi yaitu Tsing Hai, Kansu, Shansi, Honan dan Shantung.

Di Selatan sungai Hoang Ho mengalirlah sungai Yang Tze Kiang yang berhulu di pegunungan Kwen Lun di Tibet dan bermuara di Laut Cina Timur. Sungai Hoang Ho disebut juga sungai Kuning dan paling berlumpur di dunia.

Anda tentu bertanya “mengapa sungai itu di sebut sungai kuning?”. Berdasarkan penelitian para ahli maka lumpur yang mengendap di lembah sungai itu berasal dari tanah loss Gurun Gobi yang diterbangkan angin sampai ke lembah sungai Hoang Ho dan berwarna kuning. Akibatnya air sungai Hoang Ho kekuning-kuningan dan lembah sepanjang alirannya menjadi subur.

Dari uraian di atas cobalah Anda jawab pertanyaan di bawah ini :

  1. Apa artinya tanah loss?
  2. Selain di Cina, di daerah mana lagi terdapat tanah loss?
  3. Apakah benar tanah loss menyebabkan kesuburan?


Tuliskan jawaban Anda pada titik-titik di bawah ini.

  1. ..................................................................................................
  2. ..................................................................................................
  3. ..................................................................................................


Setalah Anda menuliskan jawaban tersebut silahkan Anda mencocokkannya dengan keterangan di bawah ini.

  1. Tanah loss adalah butiran-butiran pasir yang halus dari gurun yang berwarna kuning sifatnya mudah meresap air.
  2. Selain di Cina ada juga di Jerman.
  3. Tanah loss memang menyebabkan kesuburan.


Bagaimana jawaban Anda sudah sesuaikah ? Jika Anda belum puas dengan jawaban di atas silahkan Anda baca buku pelajaran Geografi.

Siapakah yang mendiami lembah sungai Hoang Ho dan dari manakah asal usul mereka? Bangsa Cina tergolong ras Sinid, suatu cabang dari ras Mongol. Ciri-ciri ragawinya adalah ada lipatan pelupuk mata, rambut hitam, tubuh yang tidak banyak berbulu, muka datar dengan tulang pipi yang menonjol, hidung pipih dan tinggi badan sedang.

Bangsa Cina yang asli yakni orang-orang Han, semula berasal dari daerah pegunungan yang bertanah Loss di propinsi Shensi dan Shansi. Kemudian mereka bercampur dengan pendatang dari Cina Barat Laut dan Timur Laut lalu menyebar ke lembah sungai Hoang Ho di Cina Utara dan ada yang ke Selatan.

Mereka hidup berkelompok dan saling tolong menolong. Itulah sebabnya mereka disebut “keluarga seratus”. Sebutan tersebut untuk mengungkapkan banyaknya, bukan dalam arti jumlah yang tepat.

Kehidupan sehari-hari bangsa Cina adalah mengusahakan pertanian dengan hasil utama padi. Selain itu ditanam pala, gandum, jagung dan cantel (biji-bijian sebesar lada jika ditanak legit dan gurih). Masyarakat juga mengembangkan perkebunan, yang menghasilkan kapas, tebu, teh dan pohon murbei untuk memelihara ulat sutera. Selain pertanian bangsa Cina juga mengembangkan perdagangan sampai ke manca negara yang melalui jalur perdagangan kala itu dengan sebutan jalan sutera.

Sampai di sini pengantar yang dapat Anda pelajari tentang Cina. Apakah Anda sudah memperoleh gambaran mengenai peradaban lembah sungai Hoang Ho? Tentu saja belum. Untuk itu lanjutkan kosentrasi Anda guna mempelajari uraian berikutnya dengan seksama.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]