Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kehidupan Masyarakat Lembah Sungai Indus

Mengenai kehidupan masyarakat lembah sungai Indus sebenarnya agak sulit diuraikan karena terbatasnya sumber-sumber sejarah. Pada bagian modul ini dapat Anda pelajari keadaan pemerintahan dan perekonomiannya.

Berdasarkan peninggalan reruntuhan bangunan kota Mohenjo Daro dan Harappa yang mencerminkan tata kota yang modern dapat diperoleh gambaran bahwa masyarakat lembah sungai Indus telah memiliki pemerintahan yang teratur, maju dan makmur. Ditemukannya benteng tembok yang di dalamnya terdapat bangunan gudang, bangsal pertemuan dan pemandian umum, besar kemungkinan tempat tersebut merupakan pusat pemerintahan.

Bangunan gudang berfungsi untuk menyimpan hasil panen yang mungkin merupakan upeti atau persembahan rakyat kepada penguasa. Pemandian umum mungkin dipergunakan untuk mandi pejabat-pejabat daerah saat menginap dan menghadap penguasa. Sedangkan bangsal pertemuan fungsinya jelas untuk pertemuan para penguasa dan aparat pemerintahan guna merencanakan dan mengatur jalannya pemerintahan.

Mengenai bentuk pemerintahan, siapa saja penguasa di lembah sungai Indus dan hal-hal tehnis yang menyangkut pemerintahan belum berhasil diketahui. Menurut Anda, mengapa sistem pemerintahan pada masyarakat lembah sungai Indus tidak diketahui secara pasti?


Cocokkanlah jawaban Anda dengan uraian berikut ini.

Untuk membuka tabir kehidupan suatu bangsa pada masa lampau diperlukan berbagai sumber misalnya bangunan, alat-lat kehidupan serta sumber tertulis yang isinya sudah dapat dipahami oleh masyarakat yang hidup pada masa kini. Sedangkan peninggalan masyarakat lembah sungai Indus sangat terbatas sekali.

Untuk peradaban lembah sungai Indus selain sumber peninggalan berupa benda serta reruntuhan bangunan yang sangat terbatas maka sumber tertulispun hanya berupa tulisan gambar yang terdapat pada lempengan tanah liat. Perhatikan gambar di bawah ini.


Tulisan gambar yang Anda lihat di atas binatang pada gambar tersebut sampai sekarang belum dapat dibaca. Tidak tertutup kemungkinan bila kelak ditemukan sumber sejarah yang lebih lengkap ataupun maksud tulisan di atas dapat dibaca maka keadaan pemerintahan masyarakat lembah sungai Indus akan lebih terbuka.

Sebagai gambaran mengenai pemimpin masyarakat lembah sungai Indus, Anda dapat memperhatikan gambar patung di samping.

Setelah Anda membaca keadaan pemerintahan masyarakat lembah sungai Indus maka uraian selanjutnya dapat Anda simak mengenai perekonomiannya.


Kehidupan ekonomi masyarakat lembah sungai Indus sudah maju. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya membangun kota Mohenjo Daro dan Harappa serta ditemukannya peninggalan budaya lainnya.

Masyarakat lembah sungai Indus hidup dari pertanian dan perdagangan. Sungai Indus merupakan sarana ekonomi yang paling vital. Fungsi sungai adalah sebagai alat transportasi perdagangan serta irigasi.

Kehidupan pertanian dapat dilihat dari ditemukannya patung wanita sebagai dewi kesuburan, adanya bangunan gudang sebagai tempat untuk menyimpan hasil panen. Pertanian lembah sungai Indus menghasilkan gandum, padi-padian, buah-buahan dan kapas.

Kegiatan perdagangan tidak terbatas di lembah sungai Indus saja. Masyarakat Mohenjo Daro kemungkinan besar telah berhubungan dagang dan pelayaran dengan bangsa-bangsa lain di kawasan Asia Barat. Hal itu didasarkan pada penemuan materai-materai tanah liat yang menggunakan tulisan gambar ternyata sama dengan benda sejenis yang ditemukan di Mesopotamia. Barang-barang yang diperdagangkan dapat berupa logam, perhiasan dari emas bertahtakan batu pirus, pakaian, dll. Pirus adalah batu permata yang berwarna hijau kebiru-biruan.

Sampai di sini uraian tentang kehidupan masyarakat lembah Indus yang dapat Anda baca. Untuk mengingatkan kembali mengenai uraian di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini :

  1. Pemerintahan masyrakat Mohenjo Daro sudah teratur buktinya adalah .....
  2. Sistem pemerintahan lembah sungai Indus tidak diketahui secara pasti, sebabnya adalah .....
  3. Peranan lembah sungai Indus di bidang perekonomian adalah ....
  4. Hasil pertanian lembah Indus yaitu ....
  5. Kemungkinan hubungan perdagangan antara masyarakat lembah sungai Indus dengan Mesopotamia dibuktikan dengan ....


Setelah menjawab masalah di atas sesuaikan jawaban Anda dengan keterangan di bawah ini.

  1. Ditemukannya reruntuhan kota mohenjo Daro dengan bangunan di dalam benteng tembok berupa bangsal, gudang gandum dan tempat pemandian. Peninggalan tersebut diperkirakan sebagai pusat pemerintahan.
  2. Terbatasnya sumber sejarah, apalagi sumber tertulis yang ada belum dapat dibaca hingga sekarang.
  3. Pertanian dan perdagangan.
  4. Gandum, padi-padian, buah-buahan dan kapas.
  5. Ditemukan materai tanah liat di lembah Indus sejenis dengan di Mesopotamia.


Nah bagaimana jawaban Anda? Semoga semua dijawab dengan tepat. Kalau demikian selamat untuk Anda. Selanjutnya Anda dapat mempelajari mengenai peninggalan-peninggalan budaya masyarakat lembah sungai Indus dari uraian berikutnya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]