Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengertian Kebudayaan

Masih ingatkah Anda definisi kebudayaan itu?
Untuk mengingat kembali dan lebih memperdalam pemahaman Anda mengenai kebudayaan maka simaklah bacaan di bawah ini dengan seksama.

Kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut culture. Kata tersebut sebenarnya berasal dari bahasa Latin = colere yang berarti pemeliharaan, pengolahan tanah menjadi tanah pertanian. Selanjutnya kata itu diberi arti “pembentukan dan pemurnian jiwa”. Sedangkan kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata buddayah. Kata buddayah berasal dari kata budhi atau akal. Manusia memiliki unsur-unsur potensi budaya yaitu pikiran (cipta), rasa, dan kehendak (karsa). Hasil ketiga potensi budaya itulah yang disebut kebudayaan. Dengan kata lain kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan cipta manusia mengembangkan kemampuan alam pikir yang menimbulkan ilmu pengetahuan. Dengan rasa manusia menggunakan panca inderanya yang menimbulkan karya-karya seni atau kesenian. Dengan karsa manusia menghendaki kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiaan sehingga berkembanglah kehidupan beragama dan kesusilaan.

Dari penjelasan tentang kebudayaan di atas cobalah Anda tuliskan data yang belum terisi pada bagan di bawah ini.

Bagan 1.


Setelah Anda melengkapi data pada bagan di atas kemudian cocokkan dengan keterangan di bawah ini.

  1. Rasa.
  2. Kemampuan berpikir yang menimbulkan ilmu pengetahuan.
  3. Kehendak untuk hidup sempurna, mulia dan bahagia yang menimbulkan kehidupan beragama dan kesusilaan.


Bagaimana jawaban Anda, apakah sudah tepat? Jika sudah tepat, selamat untuk Anda. Kemudian untuk memahami lebih jauh mengenai pengertian kebudayaan simaklah kembali uraian di bawah ini :

Mengenai pengertian kebudayaan sangatlah beragam yang diberikan oleh para ahli baik dalam dan luar negeri. Namun dalam modul ini Anda diperkenalkan pendapat Ki Hajar Dewantara dan Koentjaraningrat.

Menurut Ki Hajar Dewantara: “Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat” sedangkan menurut Koentjaraningrat, dalam bukunya Pengantar Antropologi: “Kebudayaan adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar”.

Dari uraian di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  1. Kebudayaan itu hanya dimiliki oleh masyarakat manusia;
  2. Kebudayaan itu tidak diturunkan secara biologis melainkan diperoleh melalui proses belajar; dan
  3. Kebudayaan itu didapat, didukung dan diteruskan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.


Nah dari kesimpulan di atas dijelaskan bahwa kebudayaan itu hanya dimiliki oleh masyarakat manusia, sedangkan hewan tidak. Mengapa demikian, coba tuliskan pendapat Anda pada titik-titik di bawah ini.

..............................................................................................
..............................................................................................


Secara singkat dapat dikatakan bahwa hewan tidak berbudaya karena kehidupannya berdasarkan pada naluri/instink belaka. Hewan tidak punya akal budi seperti manusia, sehingga hanya manusia saja yang dapat disebut makhluk berbudaya. Untuk dapat mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan, maka Anda dapat mempelajari materi berikutnya mengenai unsur-unsur kebudayaan yang universal.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]