Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kehidupan Masyarakat Mesir


Gambar 2. Lokasi pusat-pusat peradaban kuno Asia-Afrika.


Gambar 3. Lokasi peradaban Mesir. (Sumber: Western Civilization)


Untuk memahami lokasi pusat-pusat peradaban kuno Asia-Afrika yang akan Anda pelajari pada modul 3 dan 4, maka perhatikanlah gambar 2. di atas. No. 1 adalah pusat peradaban lembah sungai Nil di Mesir. No. 2 adalah pusat peradaban lembah sungai Eufrat dan Tigris di Mesopotamia. No. 3 menunjukkan lokasi peradaban lembah sungai Indus di India, sedangkan No. 4 adalah pusat peradaban lembah sungai Huang Ho di Cina.

Untuk memahami lebih jauh mengenai peradaban lembah sungai Nil, selanjutnya perhatikan gambar 3. Letak geografi Mesir kuno sama dengan Mesir modern sekarang yang di tengahnya dialiri sungai Nil.

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yaitu mencapai
6400 kilometer. Sungai Nil bersumber dari mata air di dataran tinggi (pegunungan) Kilimanjaro di Afrika Timur. Sungai Nil mengalir dari arah selatan ke utara bermuara ke Laut Tengah. Ada empat negara yang dilewati sungai Nil yaitu Uganda, Sudan, Ethiopia dan Mesir.

Setiap tahun sungai Nil selalu banjir. Luapan banjir itu menggenangi daerah di kiri kanan sungai, sehingga menjadi lembah yang subur selebar antara 15 sampai 50 kilometer. Di sekeliling lembah sungai adalah gurun. Batas timur adalah gurun Arabia di tepi Laut Merah. Batas selatan terdapat gurun Nubia di Sudan, batas barat adalah gurun Libia. Kemudian batas utara Mesir adalah Laut Tengah.

Mungkin Anda bertanya mengapa sungai Nil selalu mengalir sepanjang tahun? Menurut mitos, air sungai yang mengalir terus tersebut adalah air mata Dewi Isis yang selalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Nil untuk mencari jenazah puteranya yang gugur dalam pertempuran.

Apakah betul demikian? Tentu tidak. Kalau begitu bagaimana penjelasan secara ilmiah? Sekalipun musim panas sungai Nil tetap mengalir. Air tersebut berasal dari gletsyer yang mencair dari pegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil.

Peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Maka tepatlah jika Herodotus menyebutkan “Mesir adalah hadiah sungai Nil” (Egypt is the gift of the Nile).

Setelah membaca uraian di atas, tuliskan tanggapan Anda terhadap pendapat Herodotus tersebut pada titik-titik di bawah ini.

......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................

Lembah sungai Nil yang subur mendorong masyarakat untuk bertani. Air sungai Nil dimanfaatkan untuk irigasi dengan membangun saluran air, terusan-terusan dan waduk. Air sungai dialirkan ke ladang-ladang milik penduduk dengan distribusi yang merata. Untuk keperluan irigasi dibuatlah organisasi pengairan yang biasanya diketuai oleh para tuan tanah atau golongan feodal. Hasil pertanian Mesir adalah gandum, sekoi atau jamawut dan jelai yaitu padi-padian yang biji atau buahnya keras seperti jagung.

Untuk memenuhi kebutuhan barang-barang serta untuk menjual hasil produksi rakyat Mesir, maka dijalinlah hubungan dagang dengan Funisia, Mesopotamia dan Yunani di kawasan Laut Tengah. Peranan sungai Nil adalah sebagai sarana transportasi perdagangan. Banyak perahu-perahu dagang yang melintasi sungai Nil.

Dari uraian di atas cobalah Anda rumuskan tiga peranan sungai Nil bagi kehidupan masyarakat Mesir pada titik-titik di bawah ini.

  1. .................................................................................................
  2. .................................................................................................
  3. .................................................................................................


Jika Anda cermati maka ada tiga peranan sungai Nil tersebut yaitu banjir oleh sungai Nil meninggalkan lumpur di kiri kanan sungai sehingga membentuk lembah yang subur. Peranan berikutnya adalah untuk irigasi serta sarana lalu lintas pelayaran dan perdagangan.

Setelah Anda memahami kehidupan masyarakat lembah sungai Nil tentu Anda juga ingin mengetahui bagaimana kekuasaan raja-raja Mesir. Keingintahuan Anda akan terjawab melalui uraian selanjutnya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]