Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Babilonia Baru (±3000 SM)

Tampilnya suku bangsa Khaldea mengangkat kembali keperkasaan Babilonia yang dulu pernah jaya. Raja bangsa Khaldea yang terkenal adalah Nebukadnezar. Ia membangun kembali kota Babilon dan menjadikan kota tersebut sebagai ibukota sehingga disebut Babilonia Baru.

Ada dua hal yang menarik di kota Babilonia yaitu menara Babel dan taman gantung. Menara babel yang tingginya mencapai 90 meter berfungsi sebagai keindahan kota serta mercusuar bagi para pedagang di sekitarnya yang akan menuju ke kota Babilonia.

Hal kedua yang menarik adalah pembuatan taman gantung yang dipersembahkan untuk isterinya.
Mengapa taman itu disebut taman gantung? Tuliskan jawaban Anda pada titik-titik di bawah ini.

............................................................................................................
............................................................................................................

Kemudian cocokkan jawaban Anda dengan keterangan sebagai berikut :

Taman itu dibangun di atas bukit buatan. Tingginya 107 meter. Bentuknya berupa podium bertingkat yang ditanami pohon, rumput dan bunga-bungaan. Ada air terjun buatan berasal dari air sungai Eufrat yang dialirkan ke puncak bukit lalu mengalir melalui saluran buatan. Jika dilihat dari jauh seolah-olah taman itu menggantung, suatu pemandangan yang sangat menakjubkan.

Di bidang pengetahuan bangsa Khaldea telah mengembangkan astronomi dan astrologi. Mereka percaya bahwa masa depan dapat diketahui dengan mempelajari bintang-bintang. Selain meramal nasib seseorang juga ramalan tentang gerhana. Mereka membagi minggu dalam tujuh hari, satu hari ke dalam 12 jam ganda (1/2 hari siang/terang dan 1/2 hari malam/gelap). Menghitung lewatnya waktu dengan jam air (water clock) dan jam matahari (sundial).

Sebuah catatan penting mengenai Nebukadnezar adalah peristiwa penaklukan kerajaan Yudea dan Palestina. Ibukota Yerusalem direbutnya, kemah raja Sulaiman dibakar dan menjarah tanah Yudea. Bangsa Israel termasuk para pemimpinnya diangkut ke negerinya dijadikan budak dan tawanan. Peristiwa itu disebut masa pembuangan Babilon dari tahun 586-550 SM yang sangat membekas bagi bangsa Israel.

Sesudah Nebukadnezar meninggal dunia tak lama yaitu tahun
539 SM, Babilonia Baru ditaklukkan oleh bangsa Persia.

Setelah Anda menyelesaikan bacaan mengenai peradaban Babilonia Baru sebagai bagian akhir kegiatan belajar ini, sekarang cobalah Anda menyimpulkan kembali garis besar peradaban Mesopotamia dengan mengerjakan isian dalam tabel di bawah ini.

Seyogyanya Anda jangan melihat kunci jawabannya namun kerjakanlah lebih dahulu menurut kemampuan sendiri agar pemahaman Anda dapat terukur.

Tabel 7. Garis Besar Peradaban Mesopotamia


Setelah selesai mengerjakan isian pada tabel 7 maka cocokkan jawaban Anda dengan tabel yang telah terisi jawabannya di bawah ini.

Tabel 8. Garis Besar Peradaban Mesopotamia


Bagaimanakah jawaban Anda? Sudah tepat atau masih ada yang Anda ragukan? Cobalah Anda baca lagi bagian yang belum Anda pahami.

Demikian uraian materi yang telah Anda pelajari dari kegiatan belajar 3. Semoga materi pelajaran ini telah Anda kuasai dengan baik.

Untuk mengukur pemahaman Anda terhadap materi kegiatan 3 ini, kerjakanlah latihan soal di bawah ini dengan teliti dan sungguh-sungguh.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]