Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pada materi 2 ini kamu akan mempelajari tentang tujuan pembangunan ekonomi. Menurut pemahamanmu, apa tujuan dari pembangunan ekonomi?

Setiap negara merdeka menghendaki kemakmuran bagi rakyatnya. Cita-cita kemakmuran rakyat dapat diwujudkan melalui pembangunan. Pembangunan merupakan suatu proses perubahan terus-menerus menuju ke arah perbaikan di segala bidang kehidupan. Pembangunan ekonomi memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan ketersediaan serta perluasan distribusi berbagai macam barang kebutuhan pokok hidup, seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, dan keamanan.

  2. Meningkatkan standar hidup, yang meliputi peningkatan pendapatan, penambahan penyediaan lapangan kerja, perbaikan kualitas pendidikan, serta peningkatan perhatian atas nilai-nilai kultural dan kemanusiaan sehingga selain secara materiil meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga menumbuhkan jati diri sebagai pribadi dan bangsa

  3. Memperluas pilihan-pilihan ekonomis dan sosial bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan dengan membebaskan diri dan bangsa dari sikap menghamba dan ketergantungan terhadap orang lain atau bangsa lain.


Untuk mencapai tujuan tersebut maka, sasaran pembangunan ekonomi sebagai berikut :

  1. Kemiskinan

  2. Kemiskinan merupakan masalah utama yang dihadapi negara-negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia. Pada dasarnya semua usaha pembangunan bertujuan untuk mengatasi masalah kemiskinan.


    Foto kehidupan warga miskin


  3. Ekonomi kerakyatan

  4. Di Indonesia ada kekuatan ekonomi yang sangat berperan dalam mendorong kesejahteraan rakyat Indonesia yang dilakukan oleh pengusaha kelas ekonomi menengah ke bawah. Mereka disebut sebagai pengusaha yang bergerak dalam bisnis/usaha informal, yang dimaksud informal di sini adalah pengusaha kecil.


    Foto pedagang kaki lima


  5. Stabilitas ekonomi nasional

  6. Pembangunan ekonomi menuntut adanya proses yang berkelanjutan (sustainable). Untuk mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan (sustainable development) diperlukan berbagai syarat atau kondisi. Untuk itu pemerintah telah mengambil langkah untuk menciptakan kondisi-kondisi tersebut, yaitu :

    1. Menjaga stabilitas politik.
    2. Menata kelembagaan pemerintah.
    3. Pemberantasan KKN.
    4. Menegakkan hukum dan memberdayakan peradilan.
    5. Meningkatkan pembangunan daerah.
    6. Menyempurnakan dan memperbarui peraturan perundangan.



    Foto kawasan perumahan yang layak bagi masyarakat






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]