Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pendahuluan

Kalian tentu masih ingat arti kata peluang?, misalnya saya berpeluang masuk perguruan tinggi, saya berpeluang untuk menjadi juara 1 tenis meja. Peluang atau Probabilitas suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Dalam matematika jika suatu kejadian pasti akan terjadi dikatakan peluangnya 1 dan kejadian yang pasti tidak terjadi peluangnya 0. Jadi nilai peluang itu dari nol sampai 1.

Perhatikan gambar berikut :

Gambar 1A :
Hujan

Gambar 1B :
Bawa Payung

Gambar 1C :
Hujan, dan Bawa Payung


Semua kejadian di dunia ini selalu ada peluangnya tetapi memang tidak semua dapat dihitung. Sesuatu yang mustahil nilai peluangnya 0 dan sesuatu yang pasti nilai peluangnya 1.

Apakah memang ada kemustahilan? Secara matematika ada. Contoh kemustahilan antara lain : orang dapat bernafas di dalam air tanpa alat apapun, seekor kambing melahirkan anak kuda, dua dadu bermata
1 sampai 6 dilempar undi muuncul jumlah mata dadu lima belas dan masih banyak lagi. Apakah ada kepastian? secara matematika ada. Contoh kepastian : semua orang akan mati, tanpa bahan bakar sebuah mesin mobil tidak dapat dihidupkan, sebuah koin bersisi gambar dan angka jika dilempar undi akan muncul gambar atau angka, dan masih banyak lagi.

Karena kejadian di dunia ini sangat banyak tentu banyak kejadian-kejadian yang terjadi secara bersamaan atau kejadian yang terdiri dari beberapa kejadian lain. Kejadian yang merupakan gabungan dari beberapa kejadian disebut kejadian majemuk. Peluang yang merupakan gabungan dari beberapa kejadian disebut peluang kejadian majemuk. Contoh peluang kejadian majemuk : peluang seorang membawa payung dan hari hujan, peluang dua orang dapat arisan secara berurutan, peluang muncul mata dadu berjumlah genap dan lebih besar dari 10.

Pada kegiatan belajar kali ini kalian akan belajar menghitung peluang kejadian majemuk, seperti gambar di atas, peluang hujan pada suatu hari diketahui, peluang kejadian seorang bawa payung diketahui, kita akan menghitung berapa peluang seseorang pada suatu hari kehujanan dan membawa payung atau masalah lainnya.

Jika kalian menguasai materi peluang kejadian majemuk ini, wawasan berfikir kalian akan bertambah luas, kalian akan dapat memprediksi berapa persen suatu kejadian dalam kehidupan kalian. Contoh dari data yang masuk fakultas kedokteran semua mempunyai nilai ujian nasional matematika, kimia dan biologi di atas 8,5. Tentu saya harus belajar keras untuk mendapat nilai UN ketiga pelajaran tersebut mendapat nilai lebih dari 8,5 sehingga saya punya peluang yang cukup besar untuk dapat masuk ke Fakultas Kedokteran.

Kalian ingat ya, bahwa menghitung suatu peluang bukan meramal atau berjudi dengan nasib, karena peluang dihitung menggunakan data-data real yang valid dan menggunakan perhitungan yang secara ilmiah dapat dipertanggung jawabkan.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]