Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengantar

PDF (Portable Document Format) adalah salah satu jenis format digital yang mampu menyimpan dokumen dengan rapi, mudah dibaca dan menyerupai hasil cetakan di kertas. Oleh karena itu PDF sering digunakan orang yang menginginkan hasil kerjanya dapat dibaca dan didistribusikan secara aman dalam bentuk digital tanpa takut isi, format, tata letak, grafik, font bahkan gambar dari file yang kita buat berubah ataupun diubah-ubah.

Dokumen atau file PDF telah menjadi standar dunia sebagai dokumen elektronik (digital). Kita dapat membuat dokumen asal dengan menggunakan aplikasi apapun yang tentukan nanti dokumen asal tersebut mempunyai isi, format, tata letak, grafik, font bahkan gambar sesuai dengan keinginan kita. Setelah dokumen itu selesai sesuai dengan keinginan kita selanjutnya kita dapat mengubahnya menjadi file PDF dengan cara mengkonversinya ataupun mem-print-nya dalam format PDF.

Tentu saja mengubah dokumen asal menjadi file PDF memerlukan aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi tersedia dipasaran bisa digunakan dalam membuat dan membaca file PDF, namun aplikasi yang paling populer adalah Adobe Acrobat dan Adobe Reader.


Gambar logo Adobe

Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung PDF dan adalah milik Adobe Systems, merupakan sejenis format data dokumen. Terdiri dari Adobe Reader yang hanya dapat menampilkan dan mencetak dokumen, dan Adobe Acrobat untuk menyunting dokumen.

Adobe Acrobat dan Adobe Reader pertama kali dikenalkan oleh Adobe System Inc (http://www.adobe.com), hasil dari pengembangan Dr. John Warnock di awal tahun 90-an. Sejak awal PDF memang dimaksudkan untuk membuat format untuk distribusi dokumen di dalam perusahaan yang dapat ditampilkan di berbagai sistem operasi (platform) komputasi. Adobe Reader adalah bagian dari Adobe Acrobat, namun dapat berdiri sendiri dan bisa di-download secara gratis melalui website Adobe.


Membuat Dokumen PDF
Untuk membuat dokumen berformat PDF, kita bisa menggunakan Adobe Acrobat dari Adobe System Inc. Ada pula beberapa alternatif lain untuk membuat dokumen PDF selain dengan menggunakan produk komersial ini. Misalnya, bagi kita yang menggunakan OpenOffice sebagai aplikasi pengolah kata, maka untuk membuat dokumen dengan format PDF hanya dengan langkah berikut: Klik menu File, lalu pilih Export to PDF.

Kebanyakan distribusi Linux menyertakan OpenOffice sebagai aplikasi pengolah kata yang dikemas dalam paket instalasinya, termasuk Fedora Core. Sedangkan yang untuk versi Windows, file instalasi OpenOffice dapat diperoleh secara gratis di http://www.openoffice.org/. Untuk sistem operasi Windows, cukup banyak utility yang dapat dikategorikan sebagai PDF Maker.

Beberapa di antaranya memiliki lisensi freeware yang berarti kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakannya. Contohnya adalah PrimoPDF (http://www.primopdf.com/) dan CutePDF Writer (http://www.cutepdf.com/). Download dan install, maka kita dapat membuat dokumen langsung dari Microsoft Word, Excel, Powerpoint ke format PDF dengan cara mencetaknya ke printer PrimoPdf atau CutePdf, sebagaimana layaknya kita mencetak pada printer biasa.

Membuka Dokumen PDF
Untuk membuka dokumen dengan format PDF, kita membutuhkan Adobe Reader. Freeware yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Sampai tulisan ini dibuat, Adobe Reader untuk sistem operasi Windows sudah mencapai versi 8 (http://www.adobe.com/products/reader), sedangkan untuk Linux/Unix versi terakhirnya adalah versi 7 (ftp://ftp.adobe.com/pub/adobe/reader/unix/7x/7.0/enu).

Berikut ini beberapa alternatif program selain Adobe Reader yang bisa digunakan untuk membuka file PDF :

  1. Foxit Reader (http://www.foxitsoftware.com/pdf/rd_intro.php)
  2. eXPert (http://www.visagesoft.com/products/pdfreader)
  3. Xpdf (http://www.foolabs.com/xpdf)
  4. Kpdf (http://kpdf.kde.org/)
  5. Evince (http://www.gnome.org/projects/evince)


Lambang-lambang dari file-file PDF :


Gambar icon PDF dengan Adobe


Gambar icon PDF di openoffice.org Ninja


Gambar icon PDF di amptec.com



Gambar icon PDF dengan deskPDF.com


Gambar icon PDF di ebsoft.web.id


Gambar icon PDF di scintilla4u.com


Dari sekian banyak aplikasi pembuat file PDF, Adobe Acrobatlah yang paling optimal dan paling populer dalam penggunaannya, karena mempunyai banyak kelebihan dibandingkan aplikasi lainnya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]