Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Macam-Macam Norma yang Berlaku di Masyarakat

Pengertian Norma

Norma adalah kaidah atau aturan yang berlaku bagi tingkah laku manusia yang berisi perintah, larangan dan sanksi. Perintah adalah suatu perbuatan yang harus dilakukan/dikerjakan, contohnya buanglah sampah itu pada tempatnya! Larangan adalah suatu perbuatan yang tidak boleh dilakukan/harus dihindari, contohnya janganlah kamu mencontek. Sanksi adalah akibat atau hukuman yang diberikan kepada orang yang melanggar aturan atau norma, contohnya seseorang yang melakukan pencurian diberikan sanksi hukuman penjara.

Berikut bagan pengertian norma secara umum :


Siswa pada gambar di bawah ini selalu berpakaian seragam dengan rapi sesuai aturan sekolah. Kedua siswa ini selalu datang tepat waktu/tidak pernah terlambat, berperilaku sopan, semua PR dari guru selalu dikerjakan dengan baik sehingga prestasi belajarnya sangat memuaskan. Siswa-siswa ini mendapatkan pujian dan penghargaan dari pihak sekolah.


Orang pada gambar di bawah ini pernah membunuh orang lain. Akibat perbuatannnya itu, akhirnya orang ini diputuskan oleh pengadilan untuk menjalani hukuman penjara. Orang ini mendapatkan cacian dan sanksi/hukuman yang setimpal.


Norma Agama adalah norma yang berasal dari Tuhan YME berupa perintah dan larangan yang sanksinya di akhirat kelak.

Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma agama seperti terlihat pada foto di bawah ini :


Umat Islam melaksanakan sholat berjamaah di Masjid, umat Kristen melaksanakan kebaktian di Gereja, umat Hindu melaksanakan sembahyang di Pura dan umat Budha melaksanakan sembahyang di Wihara.

Norma Hukum adalah norma yang berasal dari negara/pemerintah dalam peraturan perundang-undangan yang bersifat mengatur, mengikat dan memaksa.

Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma hukum seperti terlihat pada foto di bawah ini :


  • Para pengendara kendaraan bermotor mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya dan para pejalan kaki hendaklah menyeberang di zebra cross atau jembatan penyeberangan yang sudah disediakan.
  • Sebagai warga negara yang baik harus taat membayar pajak sesuai dengan slogan yang mengatakan bahwa orang bijak taat pajak. Hasil pembayaran pajak itu digunakan untuk membiayai pembangunan nasional di negara kita.


Norma Kesusilaan adalah norma yang berasal dari hati nurani manusia yang bersifat universal (berlaku bagi semua orang di setiap waktu dan tempat).

Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma kesusilaan seperti terlihat pada foto di bawah ini :

Memberikan bantuan atau pertolongan kepada orang yang membutuhkan pertolongan, seperti pengemis, fakir miskin atau janda-janda tua.


Contoh perbuatan yang melanggar norma kesusilaan seperti terlihat pada foto di bawah ini :

Menyakiti perasaan atau hati orang lain, memperlakukan manusia secara tidak manusiawi (sewenang-wenang).


Norma kesopanan : sumber asalnya dari pergaulan manusia dan sanksinya berupa dicemoohkan atau dikucilkan. Khusus untuk norma kesopanan ini sifatnya khusus, setempat dan tidak berlaku bagi seluruh masyarakat dunia.

Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma kesopanan seperti terlihat pada foto dibawah ini :

Sebelum berangkat ke sekolah atau bekerja, terlebih dahulu mencium tangan orang tua. Bersikap baik dan berbicara yang sopan terhadap siapa saja terlebih kepada orang yang lebih tua. Makan dan minum harus duduk tidak boleh sambil berdiri atau bercanda.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]