Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Pemodelan Teks

Teks berita merupakan teks yang berisi berita tentang segala yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta diangkat menjadi berita. Pembelajaran teks berita membantu peserta didik memperoleh wawasan pengetahuan yang lebih luas agar terampil berpikir kritis dan kreatif serta bertindak efektif dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata.

Setelah kamu membaca berita banyak hal yang dapat kamu peroleh. Informasi penting dan bermanfaat, peristiwa bersejarah atau kejadian alam yang dapat diambil hikmahnya dan digunakan sebagai pengetahuan dan pengalaman hidup.

Berita yang ditulis tentu saja harus berdasarkan fakta dan didukung dengan data yang akurat agar pembaca mendapat informasi yang benar. Dalam menulis sebuh berita kamu harus memperhatikan struktur teks berita dan memenuhi unsur-unsur menulis berita yaitu, 5 W + 1 H.

Perhatikan struktur teks berita berikut!


Struktur teks merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun. Kamu dapat mengamati bahwa teks berita disusun dengan struktur teks sebagai berikut: kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita. Teks berita yang ditulis dapat digambarkan seperti piramida terbalik.

Mengapa piramida terbalik? Piramida terbalik adalah sebuah struktur penulisan atau bentuk penyajian sebuah tulisan yang umum dilakukan seorang wartawan. Kenapa harus menggunakan metode piramida terbalik, tentu maksudnya adalah agar pembaca dapat segera mengetahui inti dari berita yang ingin diketahuinya. Informasi-informasi penting (inti) disajikan di awal paragraf, selanjutnya informasi pendukung mengikuti paragraf berikutnya.

Bagi pembaca sebuah artikel, piramida terbalik memudahkannya menangkap inti cerita, sebab informasi yang paling pokok langsung dibeberkan sejak alinea-alinea awal.

Cermati struktur teks berita berikut!



Sumber berita merupakan informasi yang didapat atau diperoleh. Bisa berdasarkan pengamatan, wawancara, atau pengalaman seseorang. Sumber berita tidak selalu berada di akhir berita. Ia bisa berada di dalam berita itu sendiri.

Setelah kamu memahami struktur teks berita, cobalah perhatikan teks berita berikut.

Contoh Teks Berita



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rio Haryanto, pembalap muda asal Indonesia, boleh tersenyum bangga. Halangan yang sempat merintang akhirnya secara bertahap bisa disingkirkan. Impiannya menjadi pembalap di Formula One (F1) terwujud.

Tim asal Inggris, Manor Racing, telah mengumumkan, Kamis (18/2), untuk menjadikan Rio sebagai pembalap kedua. Kesempatan itu membuat Rio akan bersaing dengan pembalap beken dunia, seperti Louis Hamilton, Fernando Alonso, dan Kimi Raikonnen, pada seri balapan F1 2016.

Berikut ini, Republika.co.id akan coba menyajikan bagaimana pembalap kelahiran Solo itu merintis kariernya di dunia balapan. Karier itu ia mulai ketika tampil pada balapan tingkat Asia. Ia memperkuat Asia Racing Team pada 2008.

Pada seri ini, Rio ikut untuk tiga seri, yaitu Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, dan Formula BMW Pacific. Pembalap kelahiran 22 Januari 1993 itu meraih prestasi perdananya di pentas Formula Asia 2.0. Di situ, ia meraih juara tiga usai memenangkan dua balapan.

Terpicu dengan pencapaian pada tahun perdana, Rio kian semangat. Ia terus memperlihatkan kebolehannya di balik kemudi roda empat. Pada 2009, ia mengikuti Australian Drivers Championship dan Asian Formula Renault Challenge Formula BMW Pacific. Saat itu Rio memprioritaskan ajang Formula BMW Pasific. Alasannya, ajang itu sangat bagus untuk loncatan kariernya. Pada seri ini, ia memperkuat Questnet Team Qi-Meritus. Hasilnya fantastis. Rio memenangkan
11 dari 15 kali balapan. Hasil itu membuat Rio menjadi juara dengan raihan 250 poin pada klasemen akhir.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]