Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengertian Petunjuk



Petunjuk Penggunakan Gas ELPIJI



Petunjuk Memasak "Nutrijell"



Petunjuk Pemesanan


Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu sering membaca sebuah petunjuk seperti yang ada pada gambar di atas. Terlebih lagi, kamu pasti pernah membaca petunjuk atau aturan yang tertulis pada benda-benda di atas, kan? Atau, petunjuk-petunjuk yang lain, baik petunjuk memakai obat maupun petunjuk melakukan sesuatu, misalnya, petunjuk yang terdapat pada strip obat, membuat puding, dan menggunakan peralatan rumah tangga, seperti menggunakan kompor gas.

Sebuah petunjuk ada yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah/instansi tertentu, ada juga petunjuk yang secara tidak resmi/liar/di pinggir-pinggir jalan. Selain itu, ada petunjuk yang lengkap, ada juga petunjuk yang tidak lengkap. Nah, supaya lebih jelas, coba perhatikan ketiga gambar di atas!

Setelah melihat ketiga gambar di atas, apakah kamu bisa memahami petunjuk yang tertulis pada benda-benda tersebut?

Nah, agar kamu lebih memahami tentang petunjuk, mari sama-sama kita pelajari hal-hal yang berhubungan dengan petunjuk.


Petunjuk menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti:
Sesuatu (tanda, isyarat) untuk menunjukkan, memberi tahu dsb; ketentuan yang memberi arah atau bimbingan bagaimana sesuatu harus dilakukan; nasihat; ajaran; pedoman.

Dari definisi menurut kamus di atas, dapat diketahui bahwa petunjuk berarti juga arah, bimbingan, atau pedoman. Jadi, petunjuk melakukan sesuatu berarti arah, bimbingan, atau pedoman yang harus dilakukan untuk melakukan sesuatu, seperti petunjuk penggunaan gas ELPIJI.

Petunjuk membuat sesuatu berarti arah, bimbingan, atau pedoman yang harus dilakukan untuk membuat sesuatu, seperti petunjuk membuat puding dengan ”Jelly”. Petunjuk memakai sesuatu berarti arah, bimbingan, atau pedoman yang harus dilakukan untuk memakai sesuatu, seperti petunjuk memakai balsem ”Oke Balm”.

Nah, apa maksud dicantumkannya petunjuk pada sebuah produk?


Jawabnya, agar para pemakai tidak salah saat akan menggunakan barang-barang yang dimaksud. Petunjuk itu harus bisa memberikan arah yang jelas. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan dalam sebuah petunjuk pun tidak boleh menimbulkan banyak penafsiran, sistematis, urutannya tepat, dan menggunakan bahasa yang lugas dan efektif.
Macam-Macam Petunjuk

Petunjuk berguna untuk memudahkan kita melakukan sesuatu. Macam-macam petunjuk:

1. Petunjuk Memakai Obat



2. Petunjuk Membuat Sesuatu



3. Petunjuk Melakukan Sesuatu



4. Petunjuk Arah dalam Denah



Teks bacaan tersebut sering kita temukan pada kemasan-kemasan produk di majalah atau surat kabar. Nah, apa yang dapat kamu simpulkan setelah melihat contoh-contoh petunjuk di atas?

Berikut ini adalah beberapa ciri pada masing-masing contoh petunjuk di atas, yaitu :


  • Petunjuk memakai obat biasanya terdapat pada kemasan atau lembaran obat, seperti obat batuk, balsem, minyak kayu putih, obat pusing, minyak angin, obat batuk.
  • Petunjuk membuat sesuatu biasanya terdapat pada kemasan makanan, seperti cara membuat puding, black forest, cap cay, nastar, dan es krim atau memakai bumbu-bumbu penyedap masakan.
  • Petunjuk melakukan sesuatu biasa kita kenal dengan tips dan biasanya terdapat di majalah.
  • Petunjuk arah atau denah harus bisa memudahkan kita untuk membaca arah dari sebuah denah. Terlebih lagi, kita bisa mengikuti arah atau denah tersebut saat hendak menuju tempat tertentu, seperti denah yang ada di undangan pernikahan, acara seminar, workshop, atau denah menuju tempat-tempat yang ada di Jakarta, seperti Monas, Taman Ismail Marzuki, dan Mall Taman Anggrek.
  • Petunjuk yang baik harus mengungkapkan alur kegiatan yang tersusun dengan rapi, sistematis, urutannya tepat, dan menggunakan bahasa yang lugas, mudah dipahami, dan efektif.





 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]