Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Penutup

Selamat Anda telah selesai mempelajari modul tentang pertumbuhan perkembangan dan penyebaran agama Islam serta proses Integrasi masyarakat di Indonesia abab 16 - 19. Mudah-mudahan setelah Anda mempelajari modul ini kurang lebih selama 8 jam pelajaran (8 x 45 menit) Anda dapat memahami dengan baik awal mula awal mula pertumbuhan dan perkembangan Islam di Indonesia dan perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta terwujudnya proses integrasi di Indonesia pada abad 16 19.

Ada beberapa hal yang sudah Anda pelajari dari isi modul ini yaitu seperti :

  1. Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia dan terwujudnya akulturasi kebudayaan Indonesia dan kebudayaan Islam dalam seni bangunan, seni rupa, aksara, seni sastra, sistem pemerintahan serta sistem kalender. Dengan mempelajari hal tersebut banyak hal yang telah Anda pahami antara lain bahwa sejak abad ke 7 Islam sudah dikenal oleh rakyat Indonesia, dan adanya peran para Mubaligh maupun Walisongo yang telah menyebarkan Islam di Indonesia serta kebudayaan yang bersifat adaptif sehingga mudah bercampur dengan kebudayaan Islam yang berakibat lahirnya kebudayaan Islam Indonesia. Hal ini berarti kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

  2. Kerajaan-kerajaan Indonesia yang bercorak Islam seperti kerajaan Samudra Pasai, kerajaan Demak, kerajaan Banten, kerajaan Mataram, kerajaan Gowa Tallo (Makasar) dan kerajaan Ternate Tidore di Maluku. Dengan mempelajari kerajaan tersebut mudah-mudahan tumbuh wawasan Anda bagaimana peran dari kerajaan-kerajaan tersebut di masa lampau, dengan raja-raja yang terkenal akan patriotismenya serta sumbangsihnya terhadap kebudayaan bangsa Indonesia

  3. Integrasi bangsa Indonesia yang terwujud karena adanya Nation Indonesia, yang kemudian menjadi faktor utama terbentuknya Negara Indonesia yang memiliki kemajemukan masyarakat. Dengan mempelajari hal tersebut tentu Anda dapat memahami bahwa proses integrasi bangsa memerlukan waktu yang lama yang harus diawali dengan kebersamaan dalam kehidupan karena dengan kebersmaan tersebut akan tumbuh wawasan kehidupan yang lebih integral dalam memandang diri dan lingkungannya yang lebih luas atau dengan kata lain akan tumbuh wawasan kebangsaan/Nasionalisme yang terus menyadari akan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa.


Untuk mengukur kemampuan Anda, kerjakanlah soal-soal yang telah disediakan. Kerjakanlah soal tersebut secara seksama dan teliti agar Anda dapat memperoleh prestasi yang Anda harapkan secara optimal.

Setelah selesai menjawab soal-soal tersebut, tanyakanlah hasil tes Anda kepada guru bina Anda . Apabila Anda menjawab 75 % benar atau lebih berarti Anda telah memahami modul ini dengan baik. Tetapi apabila jawaban Anda kurang dari 75% janganlah Anda kecewa dan putus asa. Cobalah Anda pelajari sekali lagi terutama bagian modul yang Anda anggap sulit sampai Anda memahaminya dengan sungguh-sungguh.

Pelajarilah buku paket serta buku-buku lain yang menunjang sebagai sumber belajar yang dapat menambah wawasan Anda.

Mudah-mudahan Anda dapat mengambil manfaat dari apa telah Anda pelajari untuk dapat dikembangkan dalam kehidupan dimasa kini ataupun yang akan datang.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]