Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kunci Kegiatan

KEGIATAN 1

    1. C
    2. B
    3. C
    4. B
    5. B
    6. A
    7. E
    8. B
    9. D
    10. C


      1. Adanya penggunaan istilah bahasa Iran dalam sistem mengeja huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi harakat.
      2. Adanya makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik.
      3. Adanya perkampungan leren/leran di Giri daerah Gresik.


      1. Atapnya berbentuk tumpang.
      2. Dilengkapi kentongan atau bedug.
      3. Letaknya di sebelah barat alun-alun atau di tempat-tempat keramat.


KEGIATAN 2

  1. Bukti-buktinya :
    1. Makam Sultan Malik R. Saleh dan Putri Pasai.
    2. Catatan Marcopolo dari Venesia.
    3. Catatan dari Ibnu Batutah utusan dari Sultan Delhi.


  2. Peranan Demak adalah sebagai kerajaan besar di Pulau Jawa yang memiliki letak yang strategis untuk perdagangan Nasional. Maka menyebabkan Demak menjadi ramai sebagai tempat persinggahan para pedagang Islam dari berbagai wilayah, hal inilah yang menyebabkan Islam berkembang pesat di Demak sehingga Demak menjadi pusat penyebaran agama Islam. Dan hal ini juga ditunjang oleh jatuhnya Malaka ke tangan Portugis maka Demak menggantikan peranan Malaka sebagai pusat penyebaran Islam.

    1. Banten dikuasai oleh VOC sebagai kerajaan Banten mengalami kemundurannya.
    2. Raja-raja Banten setelah Sultan Ageng Tirtayasa tidak memiliki kekuasaan tetapi hanya sebagai boneka.


    1. membuat kalender jawa.
    2. mengarang kitab Sastragending (karya filsafat)
    3. membuat kitab undang-undang Surya Alam.


  3. Latar belakangnya sejak kehadiran Portugis di Maluku yang berbuat sewenang-wenang, memonopoli perdagangan, mendirikan benteng yang mengakibatkan kesengsaraan pada rakyat Maluku, sehingga rakyat Maluku mengangkat senjata untuk mengusir Portugis dari Maluku.


KEGIATAN 3

  1. Kemajemukan masyarakat Indonesia yang dilatar belakangi oleh keanekaragaman berdasarkan ras, suku bangsa, agama dan sebagainya menyebabkan masyarakat Indonesia sangat heterogen karena memiliki perbedaan baik secara individual, agama, kepentingan. Dan hal inilah yang mudah menjadi pemicu terjadinya konflik atau pertentangan yang dapat mengganggu stabilitas nasional.

  2. Pada abad 16 perdagangan di Indonesia berkembang pesat yang dimotori oleh pedagang-pedagang Islam. Dengan adanya perdagangan tersebut maka terjadi kontak atau komunikasi antara pedagang-pedagang Indonesia dari berbagai wilayah dan hal ini juga didukung oleh ajaran Islam yang tidak membeda-bedakan manusia baik dari segi kasta, agama maupun suku atau rasnya. Sehingga dengan ajaran tersebut maka tumbuh rasa solidaritas atau kesetiakawanan dan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

  3. Bahasa Melayu dapat berkembang sebagai bahasa pergaulan karena bahasa melayu mudah dipelajari, tidak mengenal tingkatan bahasa dan dikenal sejak jaman Sriwijaya. Dengan demikian bahasa melayu meluas penggunaannya ke seluruh wilayah nusantara.

  4. Letak Indonesia yang strategis di tengah-tengah lalu lintas perdagangan dunia menyebabkan Indonesia menjadi tempat persinggahan dari berbagai bangsa seperti India, Cina, Arab, dan pedagang Eropa. Di mana masing-masing bangsa tersebut membawa pengaruh agama yang dianutnya sehingga dengan sikap terbuka Indonesia menerima dengan damai agama dari berbagai bangsa tersebut.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]