Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Sosialisme


Sosialisme pertama kali tumbuh di Inggris, bersamaan dengan pertumbuhan revolusi industri sekitar abad ke-18. Sosialisme sebagai suatu bukti perkembangan dari aliran pemikiran/paham yang tidak dapat dilepaskan dari pengaruh "liberalisme".

Inti dari paham sosialisme adalah suatu usaha untuk mengatur masyarakat secara kolektif. Artinya semua individu harus berusaha memperoleh layanan yang layak demi terciptanya suatu kebahagiaan bersama. Hal ini berkaitan dengan hakikat manusia yang bukan sekedar untuk memperoleh kebebasan, tetapi manusia juga harus saling tolong-menolong.

Apakah Anda tahu apa yang menjadi ciri utama sosialisme? Coba tuliskan pada kertas tersendiri. Sekarang cocokkan jawaban Anda dengan uraian berikut ini.

Ciri utama sosialisme adalah pemerataan sosial dan penghapusan kemiskinan. Ciri ini merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya sosialisme. Hal ini ditandai dengan penentangan terhadap ketimpangan kelas-kelas sosial yang terjadi pada negara feodal.

Apakah Anda dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang mengembangkan paham sosialisme?
Bagus, kalau bisa. Bila belum, simaklah uraian berikutnya.

Tokoh-tokoh sosialisme di antaranya adalah Robert Owen dan Karl Heinrich Marx.

  1. Robert Owen (1881-1858)
  2. Berasal dari Inggris, merupakan tokoh pertama yang mengembangkan benih-benih pemikiran sosialisme. Semasa hidupnya, Owen selalu memperhatikan nasib orang kecil. Bagaimanakah dengan pemikiran Owen tentang sosialisme? Silahkan Anda lanjutkan membaca uraian ini.

    Pemikirannya tentang sosialisme dituangkan dalam buku berjudul "A View of Society, an Essay on the Formation of human Character". Dalam bukunya tersebut, ia menyatakan bahwa lingkungan sosial berpengaruh pada pembentukan karakter manusia. Ia berusaha mencari caranya dengan meningkatkan kesejahteraan pekerjanya.

  3. Karl Heinrich Marx (1818-1883)
  4. Dikenal sebagai teoritikus dan organisator gerakan sosialisme di Jerman. Ia mengembangkan sosialisme secara radikal. Karya Karl Marx yang terkenal adalah "Das Kapital" yang menyatakan bahwa sejarah manusia adalah sejarah perjuangan kelas dan pemenang dari peperangan itu adalah kaum proletar (kaum buruh).

    Sosialisme pada masa penjajahan banyak mendapat simpati dari bangsa pribumi. Paham sosialisme semakin banyak berpengaruh setelah konsep ini dijadikan sebagai salah satu senjata menghadapi kolonialisme dan imperialisme. Di negara-negara Asia-Afrika, banyak pemimpin yang tertarik dengan ajaran sosialisme.


Uraian di atas menarik bukan? Dan selanjutnya bagaimana dengan paham demokrasi? Silahkan Anda simak penjelasan berikut.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]