Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Perkembangan Nasionalisme di Asia dan Afrika

Setelah mempelajari kegiatan ini diharapkan Anda dapat menjelaskan perkembangan nasionalisme di Asia dan Afrika yang berpengaruh terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dalam kegiatan belajar 1, Anda telah mempelajari nasionalisme. Anda, tentu masih ingat dimana gerakan nasionalisme itu pertama kali muncul. Tepat! Memang tempatnya di Inggris. Nasionalisme bangsa Inggris pada dasarnya lahir dari adanya keinginan untuk mempertahankan kejayaan dan kekuasaan mereka.

Coba Anda pikirkan, apakah nasionalisme bangsa Inggris tersebut juga dirasakan oleh bangsa-bangsa jajahannya? Silahkan cocokkan jawaban Anda dengan penjelasan berikut ini.

Nasionalisme yang didengungkan Inggirs ternyata tidak dirasakan oleh bangsa-bangsa jajahannya. Bagi rakyat di wilayah jajahannya, kehadiran bangsa Inggirs di tanah air mereka merupakan suatu penderitaan. Hal ini menyebabkan secara tidak langsung penguasa Inggris menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri bangsa-bangsa yang dijajahnya.

Apakah Anda dapat menyebutkan bangsa mana yang menjadi jajahan bangsa-bangsa Eropa? Anda benar, penjajahan pernah dialami oleh sebagian besar negara di Asia dan Afrika. Negara-negara tersebut dijajah oleh bangsa-bangsa Eropa yang memiliki persenjataan dan teknologi yang lebih maju.

Apakah Anda tahu, apa yang melatar belakangi timbulnya nasionalisme pada bangsa-bangsa di Asia dan Afrika tersebut? Kalau Anda belum dapat menjawabnya, simaklah uraian-uraian berikut.

Munculnya rasa nasionalisme pada bangsa Asia dan Afrika tersebut tidak lain disebabkan oleh tekanan yang berlebihan dari penjajahan bangsa asing terhadap bangsa Asia dan Afrika. Dengan demikian timbul dorongan yang kuat di kalangan rakyat Asia dan Afrika untuk keluar dari tekanan tersebut.

Apakah Anda dapat menyebutkan cara yang dilakukan bangsa Asia dan Afrika dalam menghadapi penjajah? Coba tuliskan satu saja cara yang dilakukan bangsa-bangsa tersebut!


.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................

Bagaimana, sudah ditulis? Sekarang cocokkan jawaban Anda dengan uraian berikut.

Perlawanan bangsa-bangsa Asia dan Afrika terhadap kaum penjajah dilakukan dengan kekuatan senjata, tetapi ada pula yang dilakukan dengan kekuatan politik. Selain itu perlawanan juga dilakukan dengan cara mengadaptasi ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Eropa. Dengan cara-cara tersebut bangsa Asia dan Afrika bangkit melawan bangsa-bangsa yang menjajahnya.

Bagaimana, apakah Anda dapat memahami penjelasan-penjelasan di atas? Kalau belum, coba ulangi sekali lagi membaca pada bagian-bagian yang masih terasa sulit. Kalau sudah jelas, lanjutkan membahas uraian-uraian berikutnya.

Uraian mengenai perkembangan nasionalisme di Asia dan Afrika yang akan dibahas meliputi Cina, India, Turki dan Mesir.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]