Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Perang Dunia I (1914-1918)

Penyebab terjadinya Perang Dunia I ini dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu sebab-sebab secara umum dan sebab khusus yang menjadi pemicu meletusnya perang dunia.

  1. Sebab Umum Perang dunia I
    1. Adanya pertentangan antara negara-negara Eropa seperti antara Jerman dengan Perancis, Jerman dengan Inggris dan Jerman dengan Rusia.
    2. Penyebab pertentangan antara Jerman dengan Perancis adalah karena Perancis ingin melakukan politik kevanche, yaitu balas dendam terhadap Jerman atas kekalahannya pada perang tahun 1870-1871. Sedangkan pertentangan antara Jerman dengan Inggris adalah karena Inggris merasa tersaingi oleh Jerman dalam bidang Industri, daerah jajahan dan pembangunan Angkatan Laut yang dilakukan oleh Jerman. Dan penyebab pertentangan Jerman dengan Rusia adalah karena Jerman dianggap menghalangi Politik Air Hangat Rusia yang akan menerobos ke laut tengah.

    3. Adanya politik persekutuan/System of Alliances
    4. Politik persekutuan tersebut terbentuk karena masing-masing negara di Eropa merasa terancam oleh negara tertentu sehingga membentuk persekutuan yang mempuat kesepakatan yaitu apabila salah satu anggota persekutuan diserang, maka anggota yang lain harus membantunya. Politik persekutuan yang terbentuk adalah TRIPLE ALLIANTIE tahun 1882 dengan anggotanya Jerman, Austria dan Italia, sedangkan persekutuan yang lain adalah TRIPLE ENTENE tahun 1907 yang beranggotakan Inggris, Rusia dan Perancis.

    5. Perlombaan senjata yang timbul akibat adanya alliansi masing-masing negara yang saling curiga mencurigai dan saling mempersenjatai diri.


  2. Sebab Khusus Perang Dunia I
  3. Tahun 1914 tentara Austria mengadakan latihan perang di Bosnia. Bagi Serbia latihan perang tersebut merupakan tindakan provokatif atau tantangan, karena Serbia ingin menguasai Bosnia Herzegowna. Sebagai akibatnya putra mahkota kekaisaran Austria-Hongaria, yaitu Frans Ferdinand yang mengunjungi latihan perang tersebut dibunuh oleh seorang pemuda Serbia di Sarajevo pada tanggal
    28 Juni 1914.

    Sebulan setelah kematian putra mahkota, Austria menyatakan perang terhadap Serbia. Karena adanya ikatan aliansi, perang segera melibatkan beberapa negara.

    Jerman sebagai sekutu Austria-Hongaria pada bulan Agustus 1914 menyatakan perang terhadap Perancis, Inggris, Belgia dan Rusia. Api peperangan dengan cepat meletus menjadi perang dunia.

    Untuk menambah wawasan Anda silahkan Anda simak gambar berikut ini :


    Gambar tersebut menjelaskan pembunuhan Frans Ferdinand dan Sophie (wanita bangsawan Hohenberg) oleh Gabriell Princip yang kemudian diamankan oleh tentara Austria.

  4. Pihak Yang Berperang
  5. Pihak yang berperang dalam PD I adalah pihak sentral atau disebut Blok Jerman yang terdiri dari empat negara yaitu, Jerman, Austria, Turki dan Bulgaria, sedangkan lawannya adalah Blok Sekutu atau disebut Blok Perancis.

    Blok Perancis terdiri dari 23 negara yaitu antara lain Perancis, Inggris, Rusia, Serbia, Belgia dan Rumania.

    Italia masuk ke blok Perancis tahun 1915 setelah mengumumkan perang terhadap Austria, karena ingin mendapatkan daerah Tirol selatan, Istria dan Delmatia milik Austria. Amerika Serikat juga ikut Blok Perancis tahun 1917, karena Jerman menenggelamkan kapal Lusitania milik Amerika Serikat. Untuk mengetahui bagaimana peta perang silahkan Anda simak gambar berikut ini.


    Setelah Anda menyimak gambar tersebut, bagaimana pendapat Anda tentang Jerman? Pada awalnya di berbagai Front Jerman dapat mengalahkan lawan-lawannya yaitu sekutu, tetapi karena adanya blokade dari sekutu maka kehidupan di Jerman sangat sulit menyebabkan timbulnya pemberontak di dalam negeri Jerman yang dilakukan oleh kaum separatis (komunis) untuk menggulingkan pemerintah Jerman.

    Perang Dunia I diakhiri dengan disetujuinya gencatan senjata pada 11 Nopember 1918. Pada 28 Juni 1919, di istana Versailles ditanda-tangani perjanjian damai antara Jerman dan empat besar (Amerika, Inggris, Perancis, Italia) yang mewakili 31 negara bekas lawan Jerman.

    Untuk menambah ingatan Anda, silahkan Anda tulis pada tabel berikut ini sebab kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I.

    Sebab-sebab kekalahan Jerman :

    1.
    2.
    3.


    Kalau Anda belum paham simak materi tersebut dengan cermat sehingga Anda dapat mengetahui dengan jelas sebab kekalahan Jerman tersebut. Untuk selanjutnya simak kembali uraian materi berikutnya.

    Perang Dunia I berakhir dengan kekalahan Jerman dilanjutkan dengan perjanjian perdamaian antara negara yang kalah perang terhadap negara-negara sekutu yaitu seperti Perjanjian Versailles antara Jerman dengan negara sekutu pada tanggal 28 Juni 1919 dimana dalam perjanjian tersebut Jerman harus menanggung semua beban biaya perang.

    Pemeran perjanjian Versailles adalah apa yang disebut sebagai
    the big four yang terdiri dari Wilson (USA), Lioyd George (Inggris), Orlanda (Italia) dan Clemenceai (Perancis).

    Walaupun perjanjian peradamaian telah dilaksanakan sebagai akhir dari perang dunia ini tetapi dampak dari perang tersebut sangat dirasakan oleh negara-negara di seluruh dunia khususnya negara Eropa dan Amerika.

    Untuk lebih jelasnya pembahasan terntang Dampak PD I silahkan Anda simak uraian materi berikut ini.

  6. Dampak/akibat Perang Dunia I
  7. Setelah Anda menyimak uraian materi tersebut di atas, tentu sedikit banyak Anda memperoleh gambaran tentang akibat/dampak perang dunia I ini dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk itu silahkan Anda tulis jawaban Anda pada kolom berikut ini.

    No.

    Bidang

    Akibat

    1.
    2.
    3.
    4.

       

    Setelah Anda menuliskan jawaban Anda, silahkan Anda simak uraian materi berikut ini, sehingga Anda sekaligus dapat mencocokan kebenaran jawaban Anda.

    Perang Dunia I membawa dampak/akibat dalam berbagai kehidupan antara lain :

    1. Bidang Politik
    2. Dampak/akibat yang ditimbulkan adalah adanya perubahan teritorial dan munculnya paham-paham baru.

      Perubahan teritorial terjadi karena tenggelamnya empat negara besar seperti Jerman, Turki, Rusia dan Austria, dan munculnya negara-negara baru seperti Polandia, Hongaria, Cekoslowakia, Yugoslavia dsb, serta adanya perubahan penguasaan terhadap daerah jajahan yang disebabkan semua jajahan Jerman diambil alih oleh Inggris, Perancis, Jepang dan Australia.

      Paham-paham politik baru yang muncul akibat PD I adalah diktatorisme karena demokrasi dianggap tidak mampu menyelesaikan kekacauan politik maupun ekonomi.

      Diktatorisme yang muncul adalah Nazi di Jerman, Fascisme di Italia, Nasionalisme di di Turki dan Diktatorisme Proktariat di Rusia.

    3. Bidang Ekonomi
    4. Akibat PD I yang ditimbulkan adalah adanya egoisme ekonomi yang merajalela melalui penetapan perjanjian oleh negara-negara yang menang perang terhadap negara yang kalah dan sebagai reaksinya timbullah paham-paham politik ekonomi seperti komunisme di Rusia, Fascisme di Italia, Nazi di Jerman.

      Dampak dari adanya kekacauan ekonomi dan nasionalisme seperti yang dilakukan oleh negara-negara tersebut di atas, menyebabkan timbulnya bea masuk yang tinggi sehingga menghentikan perdagangan internasional. Hal tersebut berakibat terjadinya Over Produksi di beberapa negara seperti USA dan Canada, yang akhirnya terjadi Malaise atau krisis ekonomi tahun 1923 dan 1929.

    5. Bidang Sosial
    6. Akibat yang ditimbulkan PD I adalah kesengsaraan dan kemiskinan karena kehancuran perang dan munculnya gerakan emansipasi wanita dimana selama perang berlangsung wanita perannya sama dengan laki-laki yang banyak dibutuhkan di garis depan. Pengalaman wanita-wanita ini memperkokoh perasaan sama antara wanita dan pria.

    7. Bidang Kerohanian
    8. Kesengsaraan yang ditimbulkan oleh peperangan menumbuhkan keinginan untuk melenyapkan peperangan dan menciptakan perdamaian yang kekal bagi ummat manusia, untuk itu muncullah gerakan perdamaian yang berkembang antara tahun 1920-1931 yang disebut dengan LBB (Liga Bangsa-Bangsa).


    Demikian uraian materi tentang akibat/dampak dari perang dunia I. Selanjutnya simak uraian materi berikutnya.


Berakhirnya Perang Dunia I tentu menimbulkan beragam dampak merugikan. Apakah dapat Anda tuliskan satu macam saja dampak dari perang tersebut? Silahkan Anda tulis pada kotak yang tersedia berikut ini.


Kemudian cocokkan jawaban Anda dengan uraian di bawah ini.

Secara keseluruhan Perang Dunia I telah menelan korban ± 10 juta jiwa dan ± 20 juta jiwa orang menderita luka-luka. Di samping itu perang juga menimbulkan kerusakan pada sarana-sarana penting seperti pabrik-pabrik, sarana pendidikan, sarana perhubungan, dan lain-lain. Kemiskinan dan kemelaratan timbul di mana-mana.

Apakah jawaban Anda cocok dengan uraian di atas? Bagus, kalau sesuai.

Setelah berakhirnya perang dunia I, maka cita-cita untuk menciptakan perdamaian yang abadi dengan melenyapkan perang dari muka bumi, selalu timbul setelah orang mengalami kengerian peperangan besar. Hal tersebutlah yang mendorong berdirinya Liga Bangsa Bangsa (League of Nations). Dimana LBB ini merupakan gagasan dari presiden USA yaitu Woodrow Wilson. Beliau mengusulkan suatu konsep perdamaian yang disebut dengan "Peace Without Victory".

Usul tersebut kemudian menjelma menjadi Wilson's Fourteen Poin
(14 pasal perdamaian Wilson). Pasal-pasal inilah yang akhirnya menjadi landasan lahirnya LBB pada tanggal 10 Januari 1920.

Pada awal berdirinya LBB mempunyai anggota 24 negara selanjutnya berkembang menjadi 60 negara dengan berkedudukan di Jenewa, Swiss.

Dari uraian materi tersebut apakah Anda sudah memahami ? Ataukah Anda sudah dapat memberikan analisa apa sebenarnya yang menjadi tujuan berdirinya LBB ?.

Pada intinya LBB bertujuan menjamin perdamian dunia, melenyapkan perang, mengadakan diplomasi terbuka dan menaati hukum internasional dan perjanjian internasional.

Dari penjelasan tersebut, apakah Anda sudah paham ? Kalau sudah paham lanjutkan simak uraian materi berikutnya.

Dalam susunan organisasi, LBB mempunyai empat badan utama yaitu Sidang Umum (the Council), Sekretariat Tetap (the Secretariat), Dewan Khusus (the Assembly) dan Mahkamah Internasional (the World Court).

Sedangkan sifat dari keanggotaan LBB adalah sukarela, tidak mengikat, walaupun ada sangsi berupa boikot untuk negara-negara yang melanggar. Maka dengan hal tersebut pada akhirnya LBB mengalami kegagalan dan tidak mampu menciptakan perdamaian dikarenakan negara-negara besar menggunakan LBB untuk kepentingan sendiri.

Disamping hal tersebut LBB tidak mempunyai alat kekuasaan yang nyata untuk memaksa suatu negara yang menentangnya untuk tunduk kembali ke LBB. Dan hal inilah tujuan LBB tergelincir dari soal-soal perdamaian menjadi soal politik belaka, akibatnya LBB menjadi alat politik negara-negara besar.

Untuk memudahkan Anda memahami uraian materi tersebut maka isilah/lengkapilah tabel berikut ini sesuai dengan uraian materi di atas.

Latar Belakang
Berdirinya LBB

Tgl Berdirinya
LBB

Tujuan
LBB

Organisasi
LBB

Sifat Keanggotaan
LBB

Sebab Kegagalan
LBB

 
 
 
 
         

Setelah Anda mengisi tabel tersebut di atas, untuk selanjutnya simak uraian materi berikutnya.

LBB pada akhirnya tidak mampu menciptakan perdamaian dunia. Hal ini dikarenakan negara-negara besar menggunakan LBB untuk kepentingannya sendiri. Dalam hal ini LBB mempunyai kelemahan, yaitu tidak adanya sanksi bagi negara-negara yang melanggar keputusannya, karena LBB tidak mempunyai alat untuk memaksakan keputusannya.

Apakah ada bukti yang menunjukkan LBB tidak dapat menjalankan tugasnya? Tentu saja ada, ikuti penjelasan berikut.

Bukti-bukti adanya kegagalan LBB dapat ditunjukkan ketika Jepang menyerbu Manchuria tahun 1931, tetapi LBB tidak berbuat apa-apa, demikian pula ketika Italia menduduki Abbessynia tahun 1935. Seruan LBB juga tidak didengar oleh Italia. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab terjadinya perang dunia II.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang sebab-sebab terjadinya perang dunia II, simak uraian materi berikutnya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]