Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kunci Kegiatan

KEGIATAN BELAJAR 1

  1. Latar belakang timbulnya paham ultranasionalisme adalah perasaan sebagai bangsa dan negara paling besar serta berpengaruh. Akhirnya kesetiaan dan sikap menjaga keutuhan negara berkembang menjadi sikap untuk menguasai wilayah lain.

  2. Pemikiran Montesquieu tentang paham politik liberal mengemukakan teori pemisahan kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Setiap kekuasaan saling mengawasi dan mengimbangi satu dan yang lain. Apabila ketiga kekuasaan pemerintahan berada dalam satu tangan, akan muncul kesewenang-wenangan.

  3. Ciri utama dari paham sosialisme adalah pemerataan sosial dan penghapusan kemiskinan.

  4. Demokrasi melalui referendum dimaksudkan pengawasan dilakukan oleh rakyat dengan cara referendum, yaitu mewujudkan suatu sistem pengawasan langsung oleh rakyat.


KEGIATAN BELAJAR 2



KEGIATAN BELAJAR 3

    1. C
    2. B
    3. B
    4. C
    5. C


    1. Akibat perang dunia I adalah munculnya faham politik baru yang bersifat diktatorisme dan ditambah dengan kehancuran ekonomi akibat perang maupun egoisme ekonomi yang merajalela melalui penetapan perjanjian perdamaian, menyebabkan timbulnya politik Revance idea dari Jerman dan ditambah dengan gagalnya LBB menciptakan perdamaian dan hanya menjadi alat politik negara-negara besar maka perang dunia II tidak terelakkan.

      1. Tidak adanya aturan-aturan yang mengikat atau memaksa anggota untuk tunduk pada keputusan LBB karena LBB keanggotaannya bersifat sukarela.

      2. LBB tidak mempunyai alat kekuasaan yang nyata untuk memaksa negara-negara yang menentangnya.

      3. LBB bersikap lemah terhadap negara-negara besar.

      4. Tujuan LBB tergelincir dari soal perdamaian menjadi soal politik untuk kepentingan negara-negara besar.


    2. USA terlibat perang dunia I karena tindakan Jerman yang melancarkan serangan kapal selam tak terbatas akibat blokade sekutu, maka kapal USA yaitu hesitanic pada tanggal 7-5-1915 di tenggelamkan Jerman sehingga USA marah dan mengumumkan perang kepada Jerman.

    3. Kesengsaraan yang ditimbulkan peperangan menimbulkan keinginan untuk menciptakan perdamaian yang kekal bagi umat manusia. Hal inilah yang menimbulkan kesepakatan antara presiden USA Roosevelt dan PM Inggris Winston Churchil sehingga melahirkan Atlantic Charter pada tanggal 14-8-1945. Melalui piagam Atlantic Charter maka sepakatlah untuk membentuk perdamaian yang akhirnya melahirkan keputusan membentuk PBB/UNO melalui Konferensi Dumberton Oaks di Washington pada tanggal 7-10-1944 yang diteruskan dengan Konferensi Fakta di Semenanjung Krim dan selanjutnya secara resmi 50 negara menandatangani piagam PBB melalui Konferensi
      San Fransisco.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]