Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kondisi Geografis Benua Australia

Australia adalah Benua terkecil di dunia. Australia sering disebut sebagai negara benua, karena hanya satu negara di dunia yang wilayahnya meliputi seluruh wilayah benua. benua ini letaknya di sebelah selatan Kepulauan Indonesia.



  1. Letak dan Luas Wilayah

  2. Luas Benua Australia : 7.686.850 km2. Letak Astronomis Benua Australia : 113º BT- 155º BT dan 10º LS – 43º LS.

    Batas-Batas Benua Australia :

    ....Barat : Samudra Hindia (Samudra Indonesia)
    ....Timur : Samudra Pasifik
    ....Utara : Laut Timor dan Laut Arafuru
    ....Selatan : Samudra Hindia

  3. Kondisi Iklim

  4. Apabila ditinjau dari garis lintangnya, Australia memiliki
    3 wilayah iklim.

    1. Iklim tropis, terletak di 10'LS - 23'LS terdapat di Australia bagian utara.

    2. Iklim subtropis, terletak di 23'LS - 35'LS terdapat di Australia bagian selatan.

    3. Iklim sedang, terletak di 35'LS - 44'LS terdapat di selatan Victoria dan Tasmania.


    Iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalirnya arus panas. Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmania suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembab, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut, dan wilayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

  5. Bentang Alam

  6. Sebagian besar bentang alam Benua Australia adalah plato rendah. Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai. Benua Australia dapat dibedakan menjadi lima kawasan bentang alam utama sebagai berikut :

    1. Plato Barat

    2. Pada awalnya Plato Barat merupakan dataran tinggi sangat luas kemudian mengalami erosi. Kawasan ini terdiri atas Plato Hammersley, Plato Kimberly, Plato Tanah Arnhem, Pegunungan Rendah Macdonnell dan Musgrave, serta monolit raksasa (batu besar), Uluru atau Ayer’s Rock. Sebagian besar Plato Barat berupa gurun pasir dan wilayah luas yang tidak bersungai. Sungai yang ada, seperti Sungai Ord, Gascoyne, dan Murchison, mengalir ke barat atau utara.

      Sungai Ord


    3. Dataran Rendah Tengah

    4. Kawasan ini terbentuk dari endapan dan membentang dari pantai utara di Teluk Carpentaria ke selatan di dataran rendah Sungai Murray dan Darling. Di kawasan ini terdapat cekungan Carpentaria (sebelah utara) dan cekungan Danau Eyre (sebelah selatan). Sebagian besar sungai mengalir tidak tetap (ketika hujan) ke danau-danau di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Danau Eyre merupakan danau terbesar dan tanpa air (danau garam) hampir sepanjang tahun. Di selatan cekungan Danau Eyre terdapat cekungan Murray– Darling. Di cekungan ini mengalir sungai terbesar di Australia, yaitu Sungai Murray dan Darling.


      Sungai Murray


    5. Dataran Tinggi Timur

    6. Kawasan ini dikenal dengan Pegunungan Pemisah Besar. Dataran tinggi ini terbentuk oleh gunung-gunung tua yang telah tererosi dan membentang dari Semenanjung Cape York ke selatan arah Tasmania. Pegunungan yang ada antara lain Pegunungan Biru (Blue Mountains) di sebelah barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Pegunungan Salju merupakan pegunungan tertinggi di Australia. Puncak Pegunungan Salju adalah Gunung Kosciusko (2.228 m) yang merupakan gunung tertinggi di Australia. Dataran tinggi timur merupakan daerah hulu dari banyak sungai yang mengalir ke pantai timur dan ke daerah pedalaman. Sungai Murray (2.520 km) dan Sungai Darling (3.750 km) mengalir ke arah pedalaman kemudian menuju ke Laut Selatan.


      Puncak Gunung Kosciuszko


    7. Dataran Pantai Barat

    8. Dataran ini terbentuk akibat sesar batuan di sepanjang pantai barat Benua Australia. Sesar batuan di pantai yang sempit telah tertekan ke bawah sehingga membentuk dataran pantai.

    9. Dataran Pantai Timur

    10. Sesar batuan di Dataran Tinggi Timur di sepanjang pantai timur menimbulkan dataran rendah pantai yang sempit. Jalur pantai yang sempit itu terdiri atas lembah-lembah sungai dan bukit-bukit. Beberapa sungai pendek antara lain Sungai Burdekin, Fitzrog, dan Hunter penting bagi pertanian dan penduduk. Sungai Hawkesburg, Parramatta, dan Georges adalah sungai yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian. Selain bentang alam daratan, Benua Australia juga memiliki karakteristik landas benua (shelf) yang unik. Di sebelah timur benua, yaitu di lepas pantai Queensland terdapat kawasan terumbu karang sangat luas yang disebut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef). Karang ini terbesar dan terpanjang di dunia.


      Great Barrier Reef


  7. Flora dan Fauna

  8. Pohon kayu eukaliptus (569 jenis) dan pohon kayu akasia
    (772 jenis) merupakan tanaman yang paling umum dijumpai. Hutan tropis dan hutan sedang dijumpai di tempat yang curah hujannya banyak. Di hutan ini ada banyak pohon besar dan berbagai jenis tanaman lain. Hutan ini ada di daerah tropis yang panas dan lembab di Queensland, di daerah pantai Australia bagian timur dan di Tasmania yang beriklim sedang, basah, dan sejuk. Di hutan yang terletak di daerah tropis ada pohon anggur dan pohon kelapa sawit. Hutan jenis ini ada hubungannya dengan hutan yang ada di Indonesia dan di Asia Tenggara. Hal ini karena dulu pada zaman es permukaan laut yang lebih rendah telah menghubungkan Australia dengan Irian Jaya sehingga hutan-hutan ini meluas. Di daerah-daerah yang beriklim sejuk dan sedang, juga ada pohon pakis dan lumut di hutan ini serta pohon beech yang berasal dari benua Antartika.


    The Rainbow Eucalyptus


    Hewan Australia yang paling terkenal adalah hewan marsupial (berkantung) yang disebut kanguru dan koala. Di antara hewan-hewan Australia yang luar biasa adalah platypus dan trenggiling yang keduanya adalah jenis monotrem yakni hewan mamalia tak bergigi dan berlobang satu untuk bertelur dan buang air.


    Kanguru


    Koala


    Platipus


    Trenggiling






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]