Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Kondisi Geografis Benua Antartika

Benua Antartika jarang diperbincangkan orang, bahkan kamu mungkin belum tahu tentang benua ini. Benua Antartika merupakan benua yang tidak dihuni manusia, tempat paling dingin di Bumi dan hampir seluruh wilayahnya tertutup salju. Benua ini terletak di Kutub Selatan Bumi.



  1. Letak dan Luas Wilayah

  2. Letak Astronomis Benua Antartika : 66,5 90° LS
    Luas Benua Antartika : 15.540.000 km2

    Benua Antartika dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

  3. Kondisi Iklim

  4. Iklim di daerah ini adalah iklim kutub. Suhu daratan Antartika lebih dingin dari Kutub Utara. Hal ini terjadi karena sebagian besar Benua Antartika terdiri dari gunung-gunung tinggi. Suhu di Benua Antartika terendah mencapai -89°C dan suhu rata-ratanya sekitar -37°C.

  5. Bentang Alam

  6. Antartika merupakan tempat yang paling dingin dan paling tandus di permukaan bumi. Hampir seluruh daerah Antartika tertutup es dengan ketebalan mencapai 3 km bahkan lebih. Karena berat, es itu sendiri secara perlahan terdorong ke pantai yang kemudian patah menjadi pecahan gunung es di lautan es selatan. Di benua ini juga terdapat pegunungan raksasa, yaitu Pegunungan Transantartika yang memanjang hampir 5.000 km. Pegunungan ini membagi Benua Antartika menjadi dua wilayah utama yaitu Antartika Timur (Antartika besar) dan Antartika barat (Antartika Kecil).


    Pegunungan Transantartika


    Antartika Barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Lebih dari 99% wilayah Antartika tertutup es yang mengandung sekitar 70% dari air tawar di dunia. Es yang tebal menutupi daerah-daerah tinggi dari Antartika dengan ketinggian sekitar 2.300 m. Titik tertinggi adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) yang terletak di Antartika Barat. Palung ini tertutup oleh lapisan es dengan ketebalan lebih dari 3.000 m.


    Vinson Massif


    Lembaran lapisan es di atas perairan mendukung sekitar 10% dari total luas Benua Antartika. Ross Ice Shelf (Selat Es Ross) dan Ronne Ice Shelf (Selat Es Ronne) merupakan dua lapisan es perairan yang paling luas. Tidak semua wilayah Antartika tertutup es, di antaranya sebagian besar lahan di Semenanjung Antartika, Wilkes Land, Southern Victoria Land, banyak tempat di Pulau Ross dan puncak serta lembah Pegunungan Transantartika dan Pegunungan Ellsworth yang beruap kenampakan batuan.


    Ross Ice Shelf


  7. Flora dan Fauna

  8. Flora yang ada di Benua Antartika hanya berupa lumut di daerah pesisir.


    Tumbuhan lumut


    Fauna yang hidup di wilayah ini antara lain, Anjing Laut, Pinguin dan Albratas.


    Pinguin


    Anjing laut


    Burung Albatras






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]