Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengertian Tutorial Sebaya

Apakah tutor sebaya?
Yang dimaksud dengan tutor sebaya adalah pemberian bantuan dalam belajar oleh siswa/teman yang ditunjuk oleh guru berdasar pada prestasi akademik yang baik dan memiliki hubungan sosial yang tinggi.

Seorang tutor hendaknya memiliki kriteria-kriteria antara lain :

  1. Memiliki kemampuan akademis di atas rata-rata siswa;
  2. Mampu menjalin kerja sama dengan sesama siswa;
  3. Memiliki motivasi tinggi untuk meraih prestasi akademis yang baik;
  4. Memiliki sikap toleransi dan tenggang rasa dengan sesama;
  5. Memiliki motivasi untuk menjadikan kelompok dengan berdiskusi yang baik;
  6. Bersikap rendah hati, pemberani, dan bertanggung jawab;
  7. Suka membantu sesamanya yang mengalami kesulitan.



Tutor sebaya juga dikenal dengan istilah pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik. Dalam hal ini tutor sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk saling membantu sesama teman yang kurang mampu, sehingga akan terjadi kegiatan belajar yang berlangsung aktif, efektif, komunikatif, dan menyenangkan.

Ensiklopedi menjelaskan, pengertian tutor sebaya (peer group) adalah sebuah prosedur siswa mengajar siswa lainnya. Tipe pertama adalah pengajar dan pembelajar dari usia yang sama, tipe kedua adalah pengajar yang lebih tua usianya dari pemelajar.

Tutor sebaya merupakan strategi pendekatan kooperatif yaitu model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang dikelompokkan dengan tingkat kemampuan yang berbeda, semua anggota kelompok saling bekerja sama dan membantu untuk memahami bahan materi yang menciptakan saling menghargai sesama teman-teman lainnya.

Secara umum kegiatan siswa yang belajar dalam kelompok kecil akan tumbuh dan berkembang dengan pola belajar tutor sebaya (peer group) dan belajar secara bekerja sama (cooperative).


Ketika proses belajar dengan tutor sebaya berlangsung, terjadi pendekatan kooperatif karena tutor sebaya akan menggunakan bahasa sehari-hari dan bisa lebih akrab, sehingga pemelajar atau siswa yang dibantu oleh tutor sebaya bisa mengembangkan kemampuan dengan lebih baik untuk memahami materi.

Manfaat pembelajaran dengan metode tutor sebaya dapat menjadikan siswa lebih senang belajar, kreatif, dan menyenangkan dalam kegiatannya karena siswa lebih mudah bertanya, lebih terbuka dengan teman sebaya daripada dengan gurunya.

Selain itu manfaatnya dapat memberikan pengaruh positif baik dalam bidang pendidikan dan sosial pada guru, dan tutor sebaya, sekaligus merupakan cara praktis untuk membantu secara individu maupun kelompok dalam membaca.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]