Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Manfaat Pembelajaran dengan Metode Tutor Sebaya

Keuntungan bagi Tutor Sebaya
Keuntungan belajar dengan tutor sebaya bagi tutor sebaya adalah:

  1. Membangun kepercayaan diri, tutor sebaya dalam menyelesaikan pekerjaannya kemudian membantu teman-teman sebaya yang kurang mampu sehingga tutor sebaya bangga atas perannya sekaligus belajar untuk pengalaman.

  2. Dengan kepercayaan dirinya tutor sebaya memotivasi diri agar memiliki daya serap yang tinggi, sehingga mampu mengajarkan materi kepada teman-temannya yang belum paham.

    Dalam proses pembelajaran, tutor sebaya tidak hanya percaya/yakin bahwa dirinya mampu memberikan penjelasan ulang kepada siswa lainnya dan berhasil, melainkan juga sangat penting menanamkan rasa percaya diri pada pemelajar bahwa mereka mampu dan yakin dapat berhasil juga.

    Sikap percaya diri, yakin akan mendorong individu bertingkah laku untuk mencapai sesuatu keberhasilan sehingga akan melakukan kegiatan dengan sebaik-baiknya yang akhirnya dapat mencapai hasil lebih baik dari sebelumnya. Kemudian keinginan untuk lebih meningkatkan kemampuannya lagi baik dari segi isi materi maupun metode penyampaian materi yang pada akhirnya mampu menciptakan rasa saling menghargai dan mengerti antara tutor sebaya dengan pemelajar sehingga belajarnya dapat berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan kedua belah pihak.

    Dalam membangun kepercayaan dirinya, tutor sebaya harus mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri sehingga mampu memecahkan masalah-masalah yang akan dihadapi oleh pemelajar sebagai siswa binaannya.


  3. Membangun rasa tanggung jawab, sebagai tutor sebaya dapat membantu teman-temannya yang belum memahami pelajaran yang diberikan oleh guru di kelas sehingga bisa mengulang dan membantunya.

  4. Menciptakan suasana yang memiliki rasa saling menghargai dan mengerti antara sesama teman-teman, sekaligus menciptakan suasana dalam proses belajar siswa merasa nyaman, komunikatif dan menyenangkan.

    Tanggung jawab tutor sebaya juga melatih membaca dan memahami setiap materi sekaligus memecahkan setiap ada permasalahan atau keluhan dari pemelajar yang dibina.

    Tutor sebaya merasa bangga atas perannya sebagai tutor sehingga bisa belajar dari pengalaman, untuk membantu memperkuat apa yang telah dipelajari dan diperolehnya atas tanggung jawab yang dibebankan pada dirinya. Dalam membangun rasa tanggung jawabnya sebagai tutor sebaya, maka pengembangan diri yang harus mengabdikan kemampuannya demi kemajuan lingkungan dan orang di sekitarnya, khususnya dalam pembelajaran dengan siswa lainnya.

    Tutor sebaya juga memperoleh hak mendapat pelajaran tambahan dari para guru, termasuk hal membaca dan meminjam buku-buku pedoman mengajar lainnya. Tutor sebaya dijadikan tempat berkaca siswa-siswa lainnya karena memiliki kemampuan-kemampuan yang lebih, baik pengetahuan maupun hubungan sosial kemasyarakatan lain.



Keuntungan bagi Pemelajar
Keuntungan belajar dengan tutor sebaya bagi pemelajar adalah :

  1. Lebih bebas berinteraksi karena pemelajar tidak malu lagi untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat secara bebas, yang terpendam dalam hati dan khayalannya. Pemelajar akan lebih kreatif dalam menerima materi, juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan, konsentrasi, dan memahami apa yang diberikan oleh tutor sebaya, sehingga mereka mampu mengkonstruksi konsep dan kaidah-kaidah keilmuan sendiri, bukan dengan cara dicekoki atau diceramahi.

  2. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, dengan demikian tutor sebaya dan pemelajar terdapat hubungan emosional yang erat dalam interaksi sesamanya karena teman sebaya memiliki harapan-harapan sendiri.

    Apabila anak yang sebaya rajin belajar maka akan memberikan rangsangan yang positif untuk mengikuti jejak mereka. Pada akhirnya lingkungan teman sebaya ikut membentuk perkembangan kepribadian karena anak akan selalu berinteraksi dengan kebiasaan lingkungannya.

    Melalui pembelajaran teman sebaya dapat berkomunikasi dengan baik, kerja sama, kejujuran dan tanggung jawab bersama yang dapat dirasakan sendiri baik oleh tutor sebaya maupun pemelajar sebagai makhluk sosial.


  3. Mendapat perhatian yang lebih fokus atas kemajuan hasil belajarnya.

  4. Kegiatan pembelajaran ada relevansinya dengan kehidupan siswa, berusaha menarik perhatian apabila dirinya berhasil mengerjakan atau mencapai kemajuan dalam usaha sesuatu.

    Seseorang merasa bangga dan puas karena apa yang dikerjakan dan dihasilkan mendapat perhatian dan penghargaan, baik bersifat verbal maupun nonverbal. Perhatian yang lebih fokus dapat diberikan kepada siswa yang telah berhasil melakukan sesuatu yaitu dengan memberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuannya/keterampilannya dalam situasi nyata atau simulasi, kemudian diberi kesempatan untuk membantu teman-teman mereka yang mengalami kesulitan/memerlukan bantuan.

    Rasa perhatian walaupun sederhana merupakan kebanggaan bagi siswa yang berhasil terutama dari guru, orang tua/lingkungan, maupun tutor sebayanya, misalnya: “Bagus, kamu ada kemajuan dalam belajar dan mengerjakan dengan baik sekali,” kemudian dengan anggukan dan senyuman, adalah ucapan yang tulus dan simpatik yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa bangga bagi siswa yang merasa dirinya mendapat sambutan dan perhatian khusus dari lingkungannya, sehingga akan memacu untuk lebih baik dan berusaha berprestasi. Secara psikologis perhatian khusus atau penghargaan yang tidak harus dalam bentuk materi dapat meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran.







 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]