Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Persiapan Instalasi

RedHat Linux merupakan salah satu distribusi yang memiliki program instalasi yang sangat baik sehingga instalasi dapat dilakukan secara otomatis. User hanya perlu memasukkan informasi mengenai sistem yang dimiliki dan sisanya akan dikerjakan oleh program instalasi tersebut. Oleh karena itu sebelum melakukan instalasi sebaiknya mengumpulkan dulu dokumentasi mengenai semua hardware yang dimiliki, kalau perlu siapkan buku manual komputer. Periksa apakah semua hardware komputer memang tercantum dalam daftar Hardware-HOWTO atau RedHat Compatibility List bila ada hardware yang tidak tercantum, catat dan tanyakan ke forum mailing list Linux mungkin ada orang lain yang mempunyai masalah sama tapi berhasil menangani masalah hardware tersebut.

  1. Membuat Disk Boot dan Supplemental.

  2. Untuk membuatnya diperlukan dua buah disket 3.5 inci high density (1.44 MB) yang telah diformat. Beri label pada disket tersebut, masing-masing RedHat Boot Disk dan RedHat Supplemental Disk.

    Untuk membuat kedua disket itu dari MS-DOS, jalankan program rawrite.exe yang terdapat pada cd RedHat :

    d:

    cd\images
    \dosutils\rawrite


    rawrite akan menanyakan nama disk image.

    Masukkan disket RedHat Boot Disk di drive A :
    ketik boot.img dan tekan Enter. Selesai, disket RedHat Boot Disk bisa dikeluarkan dari drive A :

    Setelah selesai jalankan lagi rawrite.exe. Masukkan disket ke Supplemental di drive A:, ketik supp.omg dan tekan Enter. Selesai.

    Untuk membuat kedua disket itu dari sistem Linux, dapat digunakan program utilitas dd. Mount dulu cd RedHat kemudian pindah ke direktori images di CD-ROM. Gunakan perintah ini untuk membuat RedHat Boot Disk :

    dd if=boot.img of=/dev/fd0 bs=1440k

    Kemudian untuk RedHat Supplemental Disk dibuat dengan perintah :

    dd if=supp.img of=/dev/fd0 bs=1440k

  3. Tanpa Menggunakan Disket

  4. Bila ada MS-DOS di dalam komputer, instalasi dapat langsung dilakukan tanpa bantuan disket boot. Program instalasi RedHat dapat langsung dijalankan dari prompt MS-DOS :

    d:

    cd\dosutils
    autoboot.bat


  5. Booting Lewat CD-ROM

  6. Instalasi yang paling mudah adalah melalui distribusi CD-ROM RedHat 5.1. Caranya yaitu cukup dengan memasukkan CD RedHat 5.1 ke dalam CD-ROM drive dan mengubah boot sequence pada CD-ROM lewat bios komputer. Pada beberapa komputer bios pada mainboard tertentu belum dapat melakukan booting langsung.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]