Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pendahuluan

Pernahkah kalian melihat alat seperti termos, radiator, kulkas, AC pendingin, ya…. Alat-alat tersebut bekerja berdasarkan prinsip termodinamika lho….

Termodinamika merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang memusatkan perhatian pada energi (terutama energi panas) dan transformasinya. Transformasi energi pada termodinamika berlandaskan pada dua hukum, yaitu hukum pertama termodinamika yang merupakan pernyataan lain dari hukum kekekalan energi dan hukum kedua termodinamika yang memberi batasan apakah suatu proses dapat berlangsung atau tidak. Mari kita simak beberapa alat yang bekerja berdasarkan prinsip termodinamika dan cara kerjanya.

  1. Radiator

  2. Radiator adalah sistem pendingin mobil yang harus ada pada setiap kendaraan untuk mengatur suhu mobil atau kendaraan tersebut apabila terjadi kerusakan harus segera diperbaiki karena radiator sangat berpengaruh dengan mesin supaya tidak mengalami overheating.

    Bagian dalam radiator


    Radiator yang tersimpan pada setiap mesin mobil merupakan alat termodinamika yang dapat menyerap panas yang cukup tinggi. Bayangkan bila mobil tidak memakai pendingin radiator, mungkin dalam waktu relatif singkat mobil tersebut akan terbakar habis.

  3. Kulkas

  4. Kulkas adalah suatu unit mesin pendingin yang dipergunakan dalam rumah tangga, untuk menyimpan bahan makanan atau minuman. Untuk menguapkan bahan pendingin di perlukan panas. Lemari es memanfaatkan sifat ini. Bahan pendingin yang digunakan sudah menguap pada suhu -200 0C. Panas yang diperlukan untuk penguapan ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun. Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara, ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya.

    Lemari Es merupakan kebalikan mesin kalor. Lemari Es beroperasi untuk mentransfer kalor keluar dari lingkungan yang sejuk ke lingkungn yang hangat. Dengan melakukan kerja W, kalor diambil dari daerah temperatur rendah TL (katakanlah, di dalam lemari Es), dan kalor yang jumlahnya lebih besar dikeluarkan pada temperature tinggi Th (ruangan).

    Kulkas dan Bagian dalam kulkas


    Selain beberapa peralatan di atas, masih banyak lagi perlatan yang bekerja berdasarkan hukum I termodinamika, tapi pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari Hukum I Termodinamika dan proses–proses termodinamika, masing-masing mempunyai ciri khas yang menarik untuk kita pelajari.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]