Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Membuat Grafik Persamaan Garis Lurus dengan Cara Menggunakan Titik-Titik Koordinat

Coba kamu perhatikan gambar berikut!

grafik

Setelah kamu mengamati titik-titik pada grafik garis lurus dari persamaan 4x y = 5, apakah diperlukan titik-titik sebanyak itu untuk menentukan grafik persamaan garis lurus? Adakah cara yang lebih mudah untuk menggambar grafik persamaan garis lurus?

Ya, kamu benar, ternyata untuk menggambar grafik persamaan garis lurus hanya dibutuhkan dua buah titik. Agar kamu lebih memahaminya, marilah kita coba simulasi berikut.



Tabel yang muncul pada setiap persamaan yang di klik merupakan tabel yang memuat titik-titik yang melewati persamaan garis lurus tersebut. Coba kalian pelajari cara menentukan titik-titik pada tabel seperti yang disajikan pada contoh berikut :

Persamaan garis: y = 5x + 2


--> Maka koordinatnya (0,2)


--> Maka koordinatnya (1,7)

Dari simulasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk menggambar grafik persamaan garis lurus dengan cara menggunakan titik-titik koordinat, terdapat 3 langkah yang harus dilakukan, yaitu :

  1. Menentukan 2 titik yang akan digambar (2 titik yang dilalui oleh grafik persamaan garis lurus),
  2. Membuat tabel, dan
  3. Menggambar grafik persamaan garis lurus.


Apakah menentukan titik-titik koordinat harus dimulai dengan x = 0 dan x = 1? Tentu tidak. Kalian dapat memulai menentukan titik sesuai dengan persamaan yang diberikan dan kemudahan dalam berhitung. Jika dimulai dengan y = 0 atau y = 1 memperoleh nilai x yang pas (bukan pecahan), maka kalian dapat memasukkan nilai-nilai tersebut dalam tabel dan membuat grafik persamaan garis lurus yang diinginkan. Karena pada sebuah garis lurus terdapat lebih dari dua titik-titik koordinat, sehingga kita dapat menggunakan dua titik manapun yang dilalui oleh garis lurus tersebut.

Coba kallian ulangi simulasi di atas dan perhatikan angka-angka yang tertera pada tabel serta gambar grafik yang muncul. Sekarang kalian coba ganti angka-angka pada kolom x dan y sesuai dengan persamaan garis yang tersedia, kalian dapat melakukannya pada kertas lain. Kemudian kalian amati, apakah titik-titik koordinat yang kalian peroleh dilalui oleh garis lurus pada persamaan garis yang tersedia (bandingkan dengan hasil garis lurus pada simulasi di atas)? Sekarang kalian sudah mulai memahami cara menggambar grafik persamaan garis lurus, bukan? Silahkan dilanjutkan dengan materi cara menggambar grafik persamaan garis lurus menggunakan titik potong sumbu.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]