Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengantar

Sesuai dengan namanya, Google desktop adalah tiruan mesin pencari Google untuk dijalankan di atas desktop komputer. Maksudnya, tanpa koneksi internet. Fitur-fitur pencarian Google telah banyak membantu pekerjaan kita dalam penelusuran informasi. Di era informasi teknologi ini, dimana informasi berkembang sangat cepat, kita mengalami apa yang disebut sebagai banjir informasi. Sehingga kadang kala kita kesulitan untuk mendapatkan informasi yang tepat dari database raksasa yang kita sebut sebagai web. Internet adalah kumpulan dari jaringan komputer. Komputer saling bertukar informasi, saling mengkaitkan informasi dengan teknologi web. Jadi kalau internet menghubungkan komputer, maka web menghubungkan data. Pertumbuhan internet yang sangat cepat, menyebabkan web juga tumbuh dengan cepat. Oleh karenanya, Google datang sebagai solusi untuk pencarian di dalam database raksasa tersebut.



Tampilan sederhana "one-click searching" menjadi layanan utama Google. Hasil pencarian berupa dokumen-dokumen yang mengandung kata kunci yang kita cari. Dokumen-dokumen hasil pencarian diurutkan berdasarkan ranking dari formula tertentu. Kemudahan penggunaan menyebabkan Google menjadi pilihan utama untuk pencarian informasi, sehingga lahirlah istilah "Googling". Setelah membaca uraian ini diharapkan siswa dapat mememanfaatkan aplikasi google desktop untuk bekerja.

Fitur-fitur tambahan untuk pencarian Google ternyata lebih dahsyat lagi. Dengan memanfaatkan opsi-opsi tertentu kita dapat melakukan apa yang disebut dengan Google hacking, sebuah lubang keamanan suatu situs. Dengan opsi tertentu kita dapat mencari file dengan format tertentu. Jenis file yang terindeks oleh mesin pencari Google sudah sangat lengkap. Hampir semua jenis file, mulai dari Word, PDF, Compresed file (Zip), Images, Music, Video dan lainnya.

Sungguh menyenangkan jika di dalam desktop, kita dapat juga melakukan pencarian terhadap file-file dengan fitur Google yang sederhana tapi berdaya guna. Gambar yang nampak merupakan tampilan Google Desktop. Google Desktop dapat diinstal secara mudah. Sidebar di samping adalah tampilan beberapa gadget (aplikasi kecil) dari Google Desktop.

Gadget Google Desktop sangat banyak macamnya, dari aplikasi jam dinding sederhana, (digital maupun analog), alarm, informasi weblog yang kita sukai, informasi terkini situs berita, informasi nilai tukar uang, informasi cuaca hingga informasi tentang performa hardware komputer desktop kita.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]