Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pendahuluan

Sejarah Ginkgo Biloba
Ginkgo Biloba merupakan tanaman yang mempunyai masa hidup terpanjang di dunia, tingginya bisa mencanpai 25-30 m, bahkan ada yang melebihi 50 m. Tanaman ini asli dari daratan Tiongkok dan konon sudah ada sejak zaman prasejarah pada 300 ribu tahun silam. Karena masa hidupnya panjang, tanaman Ginkgo sering dimitoskan sebagai tanaman untuk panjang usia. Di Cina masih ada pohon Ginkgo yang berumur lebih dari 1000 tahun. Cina adalah negara yang pertama kali menggunakan ekstrak daun dan biji Ginkgo Biloba untuk pengobatan penyakit paru, serebrovaskular, dan kardiovaskular.

Deskripsi tanaman
Ginkgo Biloba adalah nama tanaman hias besar yang tumbuh subur di daerah beriklim sedang mulai dari daratan Eropa sampai Amerika. Di Jepang disebut "icho" dan buahnya disebut "ginnan". Tinggi pohon dapat mencapai 30 atau 40 m dan lebarnya sekitar 8 m. Batangnya memiliki diameter 3 - 4 m. Batangnya lurus seperti tiang dan bercabang, termasuk jenis batang dikotom. Daun berukuran 5-10 cm (2-4 inchi) dan kadang-kadang sampai 15 cm ( 6 inchi). Selama musim semi, daun berwarna hijau dan berubah menjadi kuning emas saat gugur. Bentuk daun menarik dan unik dibanding pohon lainnya. Bentuknya bundar, bagian ujungnya berliku-liku, selintas mirip kipas terbuka. Daun terbagi menjadi
2 lobus dan sulit basah jika terkena air. Memiliki perakaran tunggang yang kuat.

Gingko memiliki bunga jantan dan betina pada pohon yang berbeda. Bunga jantan memiliki daun tipis dan petala yang berwarna kekuningan yang terdapat pada ujung cabang. Bunga betina lebih sederhana, berkelompok secara berpasangan, dan pada tangkai yang panjang terdapat 2 ovulum yang bebas. Buahnya berbentuk bulat, berwarna kuning dan diproduksi dalam jumlah banyak.

Dalam taksonomi tumbuhan, tanaman Ginkgo Biloba diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Divisio : Ginkgophyta
Class : Ginkgoopsida
Ordo : Ginkgoales
Family : Ginkgoaceae
Genus : Ginkgo
Species : Ginkgo Biloba

Penyebaran
Tanaman Ginkgo Biloba menyebar dari Cina ke Jepang berkat jasa para pendeta Tao. Selain dijadikan pohon peneduh di kuil, para pendeta juga membentuk tanaman Ginkgo menjadi bonsai. Penduduk Tiongkok menyebut tanaman Ginkgo dengan "yin kuo", orang Jepang melafalkannya "gin go". Di Amerika Serikat pohon ini sering ditanam sepanjang jalan sebagai pohon hias karena penampilan yang menarik dan tahan banting. Saat ini ini Ginkgo ditanam sebagai tanaman pertanian di Amerika, Perancis, Jepang, Korea, dan Cina.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]