Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Pengaruh Gerak Bumi dan Bulan

Bumi dan bulan adalah benda langit yang tidak memiliki cahaya sendiri. Jika bulan atau bumi terkena cahaya matahari maka pada bagian belakang bulan atau bumi akan terbentuk bayangan. Dengan demikian bulan hanya akan terlihat dari bumi jika permukaan yang menghadap ke bumi sebagian atau separuhnya terkena cahaya matahari. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa bulan juga bergerak bersama bumi dalam mengelilingi matahari, maka setiap saat sudut antara Matahari, Bumi dan Bulan senantiasa berubah. Setidaknya ada 3 peristiwa yang akan dijelaskan di sini berkenaan dengan pergeseran benda-benda ini, yang pertama adalah :

  1. Penanggalan Komariyah

  2. Penanggalan Komariyah adalah penanggalan yang ditentukan berdasarkan penampakan permukaan bulan dari bumi. Ada 28 delapan penampakan bulan dalam setiap bulannya dan satu bulan mati yaitu dimulainya penanggalan yang dikenal dengan bulan baru. Agar lebih jelas bagaimana hal ini terjadi ikutilah penjelasan berikut ini.

    Coba arahkan mouse pada masing-masing gambar bulan!


    Di dalam kalender islam yang sering disebut juga dengan kalender Komariyah penampakan bulan digunakan sebagai penanda waktu. Awal bulan dimulai dengan kemunculan bulan di ufuk barat saat matahari tenggelam, dengan bertambahnya waktu bulan akan nampak jalan besar dan mencapai puncaknya pada hari ke lima belas, orang menyebutnya dengan bulan purnama. Hal ini terjadai secara periodik selama satu bulan yang jumlah harinya adalah 29,5 hari. Ada dua cara dalam menandai awal bulan yaitu dengan melihat bulan (hilal) dan dengan melakukan perhitungan (rukyat).

  3. Perbedaan Musim

  4. Arah poros bumi yang condong 23,5o terhadap arah vertikal menyebabkan perubahan intensitas cahaya yang diterima permukaan bumi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap musim. Perubahan musim di permukaan bumi yang terjadi selama satu tahun dapat dijelaskan melalui animasi berikut. Cermati tanggal dan keterangannya.


    Animasi perubahan musim di bumi


  5. Gerhana

  6. Gerhana adalah sebuah fenomena alam yang terjadi akibat cahaya matahari terhalang oleh bumi atau bulan. Ada dua jenis gerhana yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan. Bagaimana gerhana itu terjadi? Dan apakah perbedaan antara gerhana matahari dan gerhana bulan? Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas ikutilah animasi berikut ini :


    Animasi gerhana matahari dan gerhana bulan


  7. Pasang Surut Air Laut

  8. Pasangnya air laut dipengaruhi oleh gaya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi. Tetapi pasang air laut terutama disebabkan oleh gaya gravitasi bulan karena jarak antara bumi dengan bulan lebih dekat dibanding jarak bumi dengan matahari. Jika antara gravitasi bulan dan gravitasi matahari bekerja dalam arah yang sama akan terjadi pasang yang sangat besar.

    Dalam satu bulan terdapat dua pasang purnama, dan dua pasang perbani, Di mana pasang purnama ditandai dengan pasang terbesar dan pasang perbani ditandai dengan pasang terkecil. Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas ikutilah animasi berikut ini :






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]