Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Non Hayati


Peta Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia


Sejak zaman dahulu, bangsa Eropa menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan untuk menguasai dan menguras sumber daya alamnya. Selain sumber daya alam hayati ada pula sumber daya alam non hayati yang dapat kita temui di lingkungan sekitar. Mari kita pelajari lebih mendalam tentang fungsi dan peran sumber daya non hayati bagi kehidupan manusia.

  1. Bahan Tambang


  2. Bahan Tambang


    Dapatkah kamu merasakan manfaat dari hasil tambang yang ada? Ya, banyak manfaat dari hasil barang tambang yang bisa dirasakan contohnya aspal setelah dibuat jalan. Minyak bumi sebagai bahan bakar untuk industri, rumah tangga dan transportasi. Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam tersebut.

    Penggolongan bahan-bahan galian ini didasarkan pada :

    • Nilai strategis/ekonomis bahan galian terhadap negara;
    • Terdapatnya sesuatu bahan galian dalam alam (genese);
    • Penggunaan bahan galian bagi industri;
    • Pengaruhnya terhadap kehidupan rakyat banyak;
    • Pemberian kesempatan pengembangan pengusaha;
    • Penyebaran pembangunan di daerah.


    Usaha pertambangan dan bahan galian di Indonesia mempunyai peranan sebagai berikut :

    • Menambah pendapatan negara.
    • Memperluas lapangan kerja.
    • Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
    • Memajukan industri dalam negeri.
    • Sebagai pemasok kebutuhan SDA barang tambang dan galian dalam negeri.
    • Minyak bumi dan gas alam sebagai bahan bakar atau sumber energi.
    • Pasir atau batu sebagai bahan bangunan.
    • Emas, intan, dan perak sebagai perhiasan.
    • Bahan industri dalam negeri.


    Bahan galian potensial bernilai ekonomi tinggi di Indonesia, menurut pemanfaatannya dikelompokkan atas tiga golongan: bahan galian logam / bijih (ore), bahan galian energi, dan bahan galian industri.

    1. Bahan Galian Logam / Bijih (Ore)


    2. Jenis Bahan Galian Logam


      Tahukah kamu bahan galian apa yang termasuk dalam bahan galian logam? Bahan galian logam/bijih (ore); merupakan bahan galian yang bila diolah dengan teknologi tertentu akan dapat diambil dan dimanfaatkan logamnya. Barang tambang logam di antaranya adalah tembaga, bauksit, besi, timah, emas, perak, nikel, dan mangan.

      Berikut adalah hasil dari bahan galian logam yang dapat dimanfaatkan manusia :

      1. Tembaga adalah logam lunak. Jika dicampur dengan logam timah atau seng menjadi perunggu.
      2. Bauksit adalah bahan baku pembuatan aluminium. Aluminium adalah logam yang ringan, kuat dan tahan karat.
      3. Besi adalah bahan logam yang paling banyak digunakan dalam industri.
      4. Timah adalah logam lunak, ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna hitam.
      5. Emas adalah logam mulia yang bernilai tinggi dan mahal harganya.
      6. Perak adalah logam yang berwarna putih tidak mengkilat.
      7. Nikel adalah logam mengkilat tahan karat.
      8. Mangan adalah logam yang bersifat mengeraskan.


    3. Bahan Galian Energi

    4. Batu Bara

      Minyak Bumi


      Barang tambang sumber energi meliputi minyak bumi, gas alam, dan batubara. Minyak bumi berasal dari jasad renik yang telah mati jutaan tahun yang lalu, tertimbun lumpur dan terkubur di bawah tanah atau di dasar laut. Endapan minyak bumi yang ditambang masih berupa lumpur atau minyak mentah. Minyak mentah diangkut ke kilang minyak diolah menjadi produk bahan bakar dan minyak pelumas. Produk bahan bakar di antaranya berupa bensol (avtur), bensin, minyak tanah, dan solar. Residu pengolahan berupa paselin, lilin, dan aspal.
      Badan Usaha Milik Negara yang mengelola minyak bumi adalah PT. Pertamina.

    5. Bahan Galian Industri

    6. Asbes

      Aspal

      Zeolit

      Dolomite

      Batu Gamping


      Bahan galian industri merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk industri, seperti asbes, aspal, bentonit, batu gamping, dolomit, diatomae, gipsum, halit, talk, kaolin, zeolit, tras.


  3. Tanah


  4. Tanah


    Tanah merupakan hasil dari pelapukan batuan-batuan dan sisa-sisa bahan organik yang hancur karena proses alamiah. Tanah memiliki fungsi dan peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Tanah dimanfaatkan oleh manusia sebagai lokasi tempat tinggal dan tempat menjalankan berbagai aktivitas kehidupan manusia. Rumah, gedung, dan hotel tentunya dibangun di atas permukaan tanah. Hal tersebut membuat tanah memiliki nilai ekonomis karena dapat diperjual belikan atau disewakan.

    Tanah yang berasal dari material gunung api mengandung berbagai unsur hara yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Jumlah dan jenis unsur hara yang ada di dalam tanah harus selalu seimbang. Kesuburan tanah juga dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam memanfaatkan tanah. Tanah yang diperlakukan sembarangan oleh manusia akan menjadi tidak subur, misalnya tidak pernah dipupuk dan selalu ditanami sepanjang tahun tanpa diistirahatkan. Tanah juga memiliki fungsi ekologis yaitu tempat untuk menyimpan cadangan air. Bencana kekeringan dan banjir adalah salah satu akibat apabila fungsi ekologis tanah rusak.

  5. Air

  6. Dapatkah kamu bayangan apabila kita mengalami kekeringan. Di mana kita sulit mendapatkan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari? Air merupakan salah satu kebutuhan utama mahluk hidup dan bumi.

    Air tanah dan air permukaan adalah jenis yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari yaitu untuk minum, mandi, mencuci dan sebagainya. Air juga berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia dan sumber ion yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tanpa air manusia tidak akan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, air di permukaan bumi juga menjadi tempat tinggal berbagai macam makhluk hidup lain. Berbagai jenis makhluk hidup tersebut sering dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

    Contoh Pemanfaatan air untuk kehidupan di antaranya untuk :

    Cadangan Air Bersih

    Air Irigasi

    Pariwisata

    Perikanan


    Sumber Air Industri

    Pembangkit Tenaga Listrik

    Transportasi Air


  7. Udara


  8. Udara (Angin) Meniup Tanaman


    Setiap makhluk yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan udara baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Lapisan udara di permukaan bumi disebut atmosfer yang dibagi menjadi beberapa macam yaitu nitrogen sebesar 78%, oksigen 21% dan 1% berupa uap air, karbon dioksida dan gas-gas lain. Oksigen adalah udara yang sehari-hari kita hirup dan dibutuhkan oleh tubuh manusia dari berbagai jenis udara yang terdapat di atmosfer. Nitrogen juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

    Selain itu, udara yang bergerak atau biasa kita sebut dengan angin juga memiliki peranan yang besar bagi kehidupan manusia. Pada zaman dahulu, kapal-kapal digerakkan oleh tenaga angin. Bangsa-bangsa barat yang datang ke Indonesia pada masa lampau menggunakan kapal-kapal yang digerakkan oleh tenaga angin.

    Tahukah kalian jika angin juga dapat digunakan sebagai sumber energi? Caranya ialah dengan mengubah energi gerak angin menjadi energi listrik. Udara juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai sarana rekreasi dan olahraga, seperti terjun payung, gantole, terbang layang, main layang-layang, dan sebagainya.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]