Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
e-dukasi.net
Edukasi
 ~ 


 
 

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati

Makanan, pakaian, dan tempat tinggal yang kamu gunakan adalah hasil dari pemanfaatan sumber daya alam untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Semua mahluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini merupakan sumber daya alam hayati. Sumber daya alam hayati juga mempunyai nilai-nilai biologi, ekonomi, dan budaya yang saling berkaitan. Fungsi dan peran sumber daya alam dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam nabati yang berasal dari tumbuhan dan sumber daya alam hewani yang berasal dari hewan.

  1. Sumber Daya Alam Nabati

  2. Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat beragam dan memiliki jumlah yang banyak. Organisme ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan glukosa melalui proses fotosistesis. Tumbuhan memiliki arti penting dalam memenuhi kebutuhan manusia. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan, bahkan kepunahan. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia di antaranya adalah sebagai berikut: bahan pangan, sandang, bahan kayu olahan dan juga obat-obatan.

    1. Bahan Pangan


    2. Berbagai contoh bahan pangan yang dikonsumsi manusia


      Tentu kalian tahu bahan makanan pokok orang Indonesia? Ya benar, padi, sagu dan jagung termasuk dalam tanaman budi daya pangan sebagai sumber karbohidrat. Selain itu sumber daya alam nabati berupa bahan pangan dimanfaatkan sebagai berikut :

      Sumber Karbohidrat

      Sumber Lemak

      Sumber Protein

      Sumber Vitamin

      bkpd.jabarprov.go.id acara-event.com manfaatnyasehat.com manfaatnyasehat.com

      Sumber: bkpd.jabarprov.go.id, acara-event.com, manfaatnyasehat.com


      Tanaman sebagai sumber karbohidrat seperti padi, jagung, ubi dan kentang. Tanaman sebagai sumber lemak antara lain kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit, sumber protein di antaranya kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan yang lainya, sedangkan sebagai sumber vitamin yaitu buah dan sayur-sayuran.

    3. Bahan Sandang


    4. Pakaian-pakaian


      Selain tanaman sebagai sumber bahan pangan, tanaman juga dimanfaatkan sebagai bahan sandang atau sebagai alat kebutuhan rumah tangga, misalnya keset. Tahukah kamu pakaian yang berasal dari bahan tumbuhan biasanya memiliki nilai harga yang tinggi karena produksinya yang terbatas dan perlakuan bahannya yang khusus. Saat ini dikembangkan inovasi selain kapas sebagai bahan dasar katun, serat rami sebagai bahan dasar rayon dan serat sisal sebagai bahan dasar linen. Kini dikembangkan serat nanas dan pisang serta tanaman yang memiliki kandungan selulosa (serat tumbuhan) yang tinggi. Bahan dasar kain dari tumbuhan ini diperoleh dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari biji, batang pohon, daun dan buah. Berikut ini contoh tanaman yang dimanfaatkan sebagai sumber bahan sandang atau bahan pakaian.

      Kapas

      Serat Rami

      Serat Sisal

      Serat Nanas

      Serat Pisang

      amazine.co bebeja.com m.indonesian.alibaba.com www.nusantara1.sch.id agro.kemenperin.go.id

      Sumber: amazine.co, bebeja.com, m.indonesian.alibaba.com, www.nusantara1.sch.id, agro.kemenperin.go.id


    5. Bahan Kayu Olahan


    6. Kayu Olahan


      Sumber daya alam nabati sebagai komoditi kayu olahan diperoleh dari hutan. Wilayah Indonesia kaya akan hutan tropis. Hasil hutan yang paling banyak dimanfaatkan adalah kayu, rotan, damar dan pinus. Dapatkah kamu sebutkan perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu olahan?

      Berikut ini contoh manfaat kayu olahan. Masing-masing jenis kayu mempunyai manfaat seperti rotan sangat bermanfaat untuk membuat barang-barang kerajinan seperti kursi, tas, dan perabot rumah tangga lainnya. Rotan banyak dihasilkan di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Damar adalah bahan untuk membuat cat dan pelitur. Damar banyak dihasilkan di Kalimantan, Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Pinus digunakan untuk membuat kertas dan batang korek api. Hutan pinus banyak terdapat di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

    7. Bahan Obat-obatan


    8. Berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat-obatan


      Tanaman sebagai sumber daya alam nabati bagi manusia selain dapat digunakan sebagai sandang, pangan, dan bahan baku juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan apotek hidup, seperti kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak termasuk bunga Rosella. Tanaman obat merupakan bahan baku industri jamu dan farmasi.

      Pernahkah kamu minum teh rosella? Bunga rosella merupakan sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi/gizi dan baik kesehatan manusia. Fungsi dan kandungan nutrisi Rosella baik untuk mengatasi keluhan kesehatan yang diderita oleh seseorang dan bermanfaat sebagai antiseptik.


      Bunga dan Teh Rosella


  3. Sumber Daya Alam Hewani

  4. Sumber daya alam hewani digunakan sebagai sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk makan sehari-hari, misalnya ikan dan hewan ternak lainnya. Selain itu kamu juga akan menemukan manfaat sumber daya alam hewani yang dimanfaatkan sebagai benda-benda seni hasil kerajianan tangan manusia yang kreatif seperti hewan yang berbulu indah diawetkan menjadi hiasan rumah. Pemanfaatan hewan lainnya sebagai sarana bersosialisasi dan mengembangkan budaya seperti karapan sapi yang ada di Madura.

    1. Perikanan


    2. Berbagai Jenis Hasil Perikanan


      Perikanan merupakan sumber daya alam hayati yang sangat potensial di Indonesia. Wilayah Indonesia sendiri 2/3 nya ialah perairan. Sumber daya perikanan merupakan sumber makanan bagi kehidupan manusia. Ikan sangat digemari oleh manusia karena mengandung gizi yang tinggi. Jepang salah satu negara maju di Asia adalah negara yang sangat tinggi tingkat konsumsi ikannya terutama ikan laut. Hasil dari perikanan selain dikonsumsi sendiri juga digunakan dapat diekspor ke negara lain.
      Selain itu sumber daya perikanan sering juga dimanfaatkan manusia untuk mencari sarana hiburan yaitu dengan memancing ikan. Hasil dari laut juga dapat dimanfaatkan sebagai aneka kerajinan yang terbuat dari kerang.

      • Perikanan Darat


      • Hasil Perikanan Darat


      Tahukah kamu Indonesia memiliki danau penghasil ikan air tawar terbesar di dunia? Jika penasaran datang saja ke Wajo, Sulawesi Selatan. Di sana ada Danau Tempe yang menjadi penghasil ikan air tawar paling besar di dunia. Danau Tempe, dibalik namanya yang cukup unik itu, ternyata Danau Tempe merupakan danau penghasil ikan tawar paling besar di dunia. Sulawesi terkenal dengan perikanannnya baik perikanan darat maupun perikanan laut. Lalu spesies ikan konsumsi tawar apa yang paling populer? Jawabnya pasti Ikan Gurame. ikan ini adalah air tawar asli Indonesia. Gurame merupakan ikan konsumsi dengan harga relatif mahal dibanding ikan air tawar lainnya namun tetap digandrungi karena rasanya gurih dan tidak memiliki duri halus seperti ikan mas sehingga lebih mudah disantap. Tidak hanya Ikan Gurame saja, lele, nila juga termasuk perikanan air tawar. Sedangkan udang, dan bandeng termasuk hasil dari tambak.

    3. Peternakan


    4. Beberapa Jenis Peternakan


      Bagaimana dengan peranan sektor peternakan? Peranan sektor perternakan dapat dilihat dari fungsi produk peternakan sebagai penyedia protein hewani yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudayakan. Pemanfaatannya dapat sebagai pembantu pekerjaan berat manusia, seperti kerbau dan sapi dapat digunakan untuk membantu membajak sawah, kuda dapat digunakan untuk mengangkut hasil pertanian, unggas dan sapi dapat digunakan sebagai sumber bahan pangan. Perternakan dibagi menjadi beberapa jenis.

      • Peternakan Potong dan Kerja

      • Peternakan Sapi dan Domba


        Jenis peternakan ini dimanfaatkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membajak sawah, mengangkat barang-barang, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya juga diambil dagingnya. Hewan yang termasuk jenis ini antara lain sapi, kambing, kuda dan domba.

      • Peternakan Perah


      • Peternakan Sapi Perah untuk Diambil Susunya


        Kamu tentu sering mengkonsumsi susu dalam kehidupan sehari-hari. Susu merupakan salah satu produk utama dalam peternakan ini. Sapi, kambing dan kuda merupakan jenis hewan yang diambil susunya. Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia.

      • Peternakan Unggas


      • Salah Satu Perternakan Unggas (Ayam)


        Kamu tentu pernah makan ayam goreng, telur dalam kehidupan sehari-hari? Perternakan unggas ialah jenis hewan yang memiliki bulu dan sayap untuk diambil daging dan telurnya. Beberapa hewan yang termasuk di dalamnya seperti ayam, bebek, merpati dan kalkun.


    5. Aneka Satwa

    6. Peternakan Lebah

      Cacing Tanah


      Selain hewan-hewan yang dimanfaatkan daging, susu dan telurnya. Jenis aneka satwa ini digunakan sebagai hewan penghasil bahan berprotein tinggi. Contoh aneka satwa di antaranya lebah madu, ulat sutra, cacing tanah, burung walet.






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]