Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 


 
 

Pendahuluan

Pernahkah Anda memperhatikan kalkulator, kamera CCTV atau alat–alat lainnya yang bekerja berdasarkan efek fotolistrik?

Sebelum masuk ke materi efek fotolistrik, Anda perlu mengetahui tentang energi foton yang dikemukakan oleh Max Planck.

  1. Radiasi yang dipancarkan benda hitam tidaklah kontinyu, melainkan dalam paket-paket energi yang disebut kuantum (foton). Besarnya paket energi tiap foton akan bersesuaian dengan panjang gelombang cahaya yang dipancarkannya, yang dapat dirumuskan sebagai berikut.


  2. Keterangan :
    E = energi foton (J);
    h = tetapan Planck (6,63 x 10-34 Js);
    f = frekuensi cahaya (Hz);
    λ = panjang gelombang cahaya (m);
    c = kecepatan cahaya di udara (3 x 108 m/s);

  3. Molekul-molekul memancarkan energi dalam satuan diskret dari energi cahaya berdasarkan teori kuantum. Planck mampu menyatukan hukum radiasi Wien dan Rayleigh-Jeans yang sesuai untuk semua spektrum panjang gelombang yang dipancarkan oleh benda. Teori kuantum Planck inilah yang menjadi dasar lahirnya fisika modern, yang membuka pemahaman baru manusia akan sifat-sifat partikel dari cahaya. Sebelumnya fisika klasik memandang cahaya hanya memiliki gejala sebagai gelombang. Sebelum Anda menuju ke penerapannya, terlebih dahulu Anda perlu tahu apa itu efek fotolistrik. Ketika cahaya foton ditembakkan ke suatu permukaan logam, foton-fotonnya akan menumbuk elektron-elektron pada permukaan logam tersebut sehingga elektron itu dapat lepas. Peristiwa lepasnya elektron dari permukaan logam itu dalam fisika disebut sebagai efek fotolistrik.



Hamburan elektron


Setelah mengetahui sedikit tentang efek fotolistrik, Anda akan menuju ke penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, agar lebih tertarik dan semangat dalam mempelajari materi ini.

Penerapan Efek fotolistrik dalam kehidupan sehari-hari

  1. Kalkulator

  2. Kalkulator menggunakan energi cahaya untuk menghasilkan listrik. Sel foto listrik mengubah energi cahaya menjadi energi listrik yang menjadi sumber energi kalkulator ini.


    Kalkulator


  3. Dubbing Film

  4. Suara dubbing film direkam dalam bentuk sinyal optic di sepanjang pinggiran keping film. Pada saat film diputar, sinyal ini dibaca kembali melalui proses efek fotolistrik dan sinyal listriknya diperkuat dengan menggunakan ampliefier tabung sehingga menghasilkan film bersuara.


    Dubbing


  5. Kamera CCD (Change Coupled Device) & Pemindai kode batang (barcode)

  6. Kamera digital dengan resolusi hingga 12 megapiksel dan Pemindai kode batang (barcode) yang memanfaatkan efek fotolistrik internal dalam mengubah citra yang dikehendaki menjadi data-data elektronik yang selanjutnya dapat diproses oleh computer. Kamera mengubah data data dari lensa dengan proses efek fotolistrik sehingga dapat ditampilkan di monitor atau di layar ponsel kita.


    Kamera CCD


  7. Mesin Fotocopy

  8. Cara kerja mesin fotocopy : lampu ekspose menghasilkan cahaya terang untuk menyinari dokumen dan akan dipantulkan lewat lensa dengan sensor CCD, setelah itu lensa akan mengarahkan ke bagian silinder foto sensitive yang akan menjadikan electron-elektron muncul, toner yang bermuatan negative akan ditarik ion-ion positif yang berada pada silinder. Selanjutnya kertas akan dilewatkan melalui dua buah rol panas yang saling bertekanan yang akan melelehkan toner dan menempel erat pada kertas. Dan seterusnya drum akan berputar.


    Mesin Fotocopy






 
 

  [ SD |  SMP |  SMA |  SMK ]


UMUM |  LAIN-LAIN ]